Sukses

Ingin Jantung Sehat? Ikuti Gaya Hidup Ini!

Gangguan kesehatan pada jantung juga bisa menyerang kaum muda. Yuk, lakukan gaya hidup sehat berikut ini agar jantung Anda senantiasa sehat.

Penyakit jantung menjadi salah satu momok bagi masyarakat karena dianggap berbahaya dan mengancam nyawa. Anggapan ini tentu bukan tanpa dasar. Pasalnya, sudah banyak orang yang meninggal di usia muda akibat penyakit jantung.

Salah satu yang disebut-sebut sebagai penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Karena itu, kini sudah banyak masyarakat yang ingin melakukan gaya hidup sehat untuk jantung.

Di usia yang masih tergolong muda, ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari penyakit ini. Cara menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1 dari 6 halaman

1. Gizi Lengkap Seimbang

Konsumsi makanan bergizi lengkap adalah salah satu cara agar jantung sehat. Makanan haruslah bergizi lengkap, seimbang, dan jangan hanya asal membuat kenyang. Jangan juga menganggap makanan bergizi haruslah mahal.

Anda hanya butuh memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, jumlah asupannya juga harus seimbang, artinya tidak berlebihan atau kekurangan.

Sumber karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, roti, gandum, ubi, kentang, singkong, dsb. Sumber protein dari ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe. Lemak baik didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dsb. Sementara serat, vitamin, dan mineral bisa didapat dari sayur dan buah.

Artikel Lainnya: Pilihan Minuman untuk Jaga Kesehatan Jantung Anda

2. Konsumsi Sumber Omega-3

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah penumpukan kolesterol jahat di dinding pembuluh darah. Hal tersebut akan menyumbat aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

Konsumsilah makanan yang mengandung tinggi omega-3 karena berperan sebagai kolesterol baik. Anda bisa mengonsumsi ikan kembung, tuna, salmon, atau biji-bijian. Cara mudah ini termasuk penerapan gaya hidup sehat untuk jantung.

2 dari 6 halaman

3. Hindari Makanan Tinggi Garam, dan Minyak

Makanan yang mengandung garam dan minyak adalah ‘musuh’ dari jantung karena menjadi penyebab sebagian besar penyakit jantung. Oleh karena itu, menghindari jenis makanan ini adalah gaya hidup sehat untuk jantung Anda.

Kandungan garam yang tinggi pada makanan dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi sehingga berpengaruh pada kinerja jantung Anda. Selain itu, makanan tinggi lemak dapat menghambat peredaran darah yang kemudian mengganggu kesehatan jantung.

Batasilah makanan cepat saji karena banyak mengandung garam dan minyak. Selain itu, hindari juga makan makanan tinggi MSG/micin, gorengan, dan jeroan (otak, kikil, paru, dsb).

Sumber lemak baik bisa Anda dapatkan dari konsumsi kacang-kacangan, seperti almon dan walnut yang mengandung lemak tak jenuh. Kacang juga dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Batasi Asupan Kalori

Gaya hidup sehat untuk jantung sehat salah satunya dengan membatasi asupan kalori. Asupan ini umumnya didapat dari sumber karbohidrat yang paling umum, yaitu nasi. 

Namun, jangan lupakan sumber lain. Gorengan, makanan manis, kue, minuman ringan, hingga boba mengandung tinggi gula yang menjadi sumber kalori juga.

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Tidur Cukup untuk Kesehatan Jantung?

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalori seperti di atas, waspadalah. Penyakit diabetes mungkin sedang mengintai Anda. Diabetes atau penyakit gula menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

5. Rutin Cek Kesehatan

Penyakit-penyakit yang menjadi faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi, diabetes, atau kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Oleh sebab itu, pemeriksaan kesehatan juga dapat menjadi gaya hidup sehat untuk jantung.

Perlu Anda ketahui, penyakit tersebut sudah bisa menyerang Anda yang berusia 40 tahun, bahkan sejak usia 30 tahun. Maka dari itu, lakukan cek kesehatan rutin minimal 1 tahun sekali.

Cek kesehatan rutin yang umum dilakukan, di antaranya mengukur berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol.

6. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal bukanlah karena masalah penampilan fisik, tetapi juga menjadi cara menjaga kesehatan jantung Anda. Mengetahui berat badan ideal adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). 

Bagi Anda yang merasa memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas, sebaiknya lakukan upaya untuk mengembalikan ke berat badan ideal. Hal ini untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung.

4 dari 6 halaman

7. Rutin Aktivitas Fisik

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, setiap orang melakukan olahraga atau aktivitas fisik selama 150 menit dalam seminggu. Agar mudah diingat, lakukanlah olahraga rutin minimal 30 menit setiap harinya.

Berolahraga secara rutin termasuk sebagai gaya hidup sehat untuk jantung. Dengan rajin melakukan aktivitas fisik, aliran darah Anda akan lancar sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

Artikel Lainnya: Durasi Olahraga yang Tepat, Bikin Jantung Makin Sehat

Tidak perlu sampai pergi ke pusat kebugaran, Anda dapat melakukan aktivitas fisik hanya dengan berjalan santai, bersepeda, atau joging.

8. Cukup Istirahat

Tanpa Anda sadari, ketika Anda kekurangan tidur, tubuh akan merasa stres dan mengeluarkan hormon stres. Tak sampai di situ, kurang tidur dapat berisiko merusak jantung dan berisiko besar mengakibatkan serangan jantung. 

Istirahat yang cukup dapat menjadi cara agar jantung sehat. Jadi, tidurlah sekitar 6–8 jam dalam sehari agar tubuh dapat memulihkan diri. Dengan begitu, Anda dapat bugar dan menjalankan hari dengan bertenaga.

5 dari 6 halaman

9. Kelola Stres

Ketika Anda stres, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini menyebabkan kenaikan tekanan darah, nadi, asam lambung, produksi gula darah, dan kolesterol di tubuh.

Stres dalam hidup pasti ada, tetapi bagaimana mengelola menjadi hal yang penting. Mengelola stres termasuk gaya hidup sehat untuk jantung. Caranya, jangan terlalu khawatir akan sesuatu, ikhlas, dan meyakini masalah pasti ada jalan keluarnya.

10. Hindari Rokok

Hampir semua orang sudah menyadari bahaya rokok yang memicu penyakit jantung. Rokok mempercepat penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga menjadi sempit. Hal ini akan mengganggu aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

Cara agar jantung Anda tetap sehat adalah dengan menghindari rokok. Bagi Anda yang merokok, berhentilah. Bagi Anda yang tidak merokok, jangan sekali-kali mencobanya. Hindari juga menjadi perokok pasif dengan berkumpul bersama orang yang merokok.

Pada dasarnya, cara menjaga kesehatan jantung sama dengan gaya hidup sehat pada umumnya. Hal ini pun tidak sulit untuk dilakukan, tinggal bagaimana niat Anda. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan jantung, bisa bertanya kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar