Sukses

Apakah Sup Ayam Benar-benar Bisa Sembuhkan Pilek?

Sup ayam sudah sejak lama dipercaya untuk mengatasi pilek dan flu. Mari ketahui manfaat dan resep sup ayam yang ampuh untuk mengatasi flu di sini.

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk meredakan flu adalah sup ayam. Hidangan ini merupakan makanan sederhana yang umumnya berisi kuah kaldu ayam, potongan atau suwiran daging ayam, serta sayuran, seperti wortel, buncis, jagung, dan seledri.

Mengonsumsi semangkuk sup ayam saat flu terasa sangat nikmat. Tidak sedikit juga orang yang merasa kondisi kesehatannya membaik setelah makan sup ayam.

Benarkah sup ayam punya khasiat untuk menyembuhkan atau meredakan sakit flu?

 

1 dari 4 halaman

Nutrisi Sup Ayam Bermanfaat untuk Flu

Sup ayam terbuat dari berbagai macam bahan-bahan makanan dan rempah. Itulah sebabnya sup ayam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sup ayam yang disajikan hangat sangatlah menyegarkan bagi siapa pun yang mengonsumsinya, baik bagi yang sehat atau sedang terkena flu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sup ayam dapat membantu mencegah seseorang dari flu atau influenza dengan memperbaiki silia-silia (rambut kecil) di saluran pernapasan.

Silia-silia berperan untuk mencegah berbagai agen penyebab infeksi, seperti virus atau bakteri, masuk ke saluran pernapasan manusia.

Artikel Lainnya: Sering Tertukar, Ini Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Biasa

Selain daging ayam dan tulangnya, beberapa bahan penting lain dari sup ayam adalah bawang merah, bawang putih, serta sayuran yang kaya akan nutrisi.

Semua kandungan tersebut mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan berbagai gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Perlu diketahui, sup ayam mengandung glukosamin, yaitu jaringan kolagen dari tulang ayam yang telah dimasak.

Glukosamin berperan membantu menyehatkan saluran pencernaan. Glukosamin juga merupakan salah satu lapisan dari saluran pencernaan manusia.

Memiliki saluran pencernaan yang sehat sangatlah penting untuk penyerapan nutrisi yang maksimal, terlebih jika Anda sedang sakit.

Ayam juga mengandung zat yang bernama karnosin, yakni salah satu jenis asam amino. Asam amino ini diketahui dapat membantu mengatasi kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat.

Karnosin juga dapat menurunkan inflamasi atau peradangan di saluran pernapasan atas dengan menghentikan migrasi dari sel darah putih.

Artikel Lainnya: Manfaat Kiwi untuk Mengatasi Flu, Benarkah Efektif?

2 dari 4 halaman

Aroma Sup Ayam Hangat pun Berkhasiat?

Sup ayam ternyata mengandung begitu banyak komponen aktif yang dapat membantu mengatasi masalah flu. Lalu, apakah aroma hangat sup ayam juga dapat meringankan gejala flu?

Menurut sebuah studi terpisah yang diterbitkan oleh jurnal medis Chest, aroma dari rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan meredakan gejala infeksi pada orang-orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Sup ayam panas dapat menstimulasi sistem transportasi mukosiliar menjadi lebih efektif ketimbang menggunakan air hangat saja.

Sistem transportasi ini memindahkan “benda-benda” di sepanjang saluran pernapasan bagian atas dan bawah, sehingga menjaga agar saluran napas selalu bersih dan sehat.

Artikel Lainnya: Benarkah Pepaya Ampuh untuk Mengatasi Flu?

Dikatakan oleh penulis studi, Dr. Kiumars Saketkhoo, dokter spesialis paru pusat kesehatan PIH Health, di Amerika Serikat, sistem transportasi mukosiliar sangat penting untuk menyingkirkan setiap infeksi, termasuk pilek.

Apa pun yang dapat membersihkan saluran udara lebih cepat, dapat menurunkan risiko infeksi atau mengatasi infeksi yang sudah ada.

Mengonsumsi minuman hangat juga dapat membantu menghangatkan bagian bawah nasofaring dan meredakan gejala pilek.

Studi ini mengindikasikan bahwa ada sesuatu di dalam kandungan sup ayam yang membuatnya jadi berkhasiat. Meski demikian, tidak ditemukan adanya kesimpulan yang pasti tentang keampuhan sup ayam untuk flu.

Artikel Lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

3 dari 4 halaman

Resep Sup Ayam yang Ampuh untuk Flu

Setelah mengetahui manfaat sup ayam untuk flu, berikut resep sup ayam yang bisa Anda coba di rumah:

  • ½ ekor ayam, Anda bisa menggunakan ayam kampung.
  • 1 hingga 1,5 liter air bersih.
  • 1 sendok makan mentega atau minyak goreng.
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan atau dicincang kecil.
  • 1 siung bawang merah, dihaluskan atau dicincang kecil
  • 1 ruas jari jahe, dihaluskan atau dicincang kecil.
  • 1 buah wortel sedang, dipotong kasar atau dadu.
  • 1 buah tomat ukuran besar dipotong kasar.
  • 2 buah kentang, dipotong dadu.
  • ½ sendok teh merica bubuk.
  • 1 sendok makan garam.
  • 1 batang seledri dicincang halus.

Cara membuat:

  1.  Bersihkan ayam, potong menjadi beberapa bagian, dan tiriskan.
  2. Masukkan ayam ke dalam 1,5 liter air. Didihkan dan diamkan sebentar selama 3-4 menit
  3. Angkat ayam dan buang air rebusan pertama
  4. Didihkan kembali ayam air dan air di atas api kecil.
  5. Masukkan wortel dan kentang yang telah dicuci bersih
  6. Sembari menunggu ayam, wortel, dan kentang matang, Anda bisa menumis bawang putih, bawang merah, dan jahe di atas minyak atau mentega panas.
  7. Setelah tumisan bawang dan jahe layu, masukkan ke dalam panci berisi ayam.
  8. Taburkan merica dan garam, koreksi rasa.
  9. Apabila kentang, wortel, dan ayam sudah empuk, masukkan potongan tomat dan diamkan 1-2 menit.
  10. Anda bisa menambahkan taburan seledri di atasnya, lalu sup ayam siap disajikan.

Itu tadi penjelasan seputar khasiat sup ayam untuk flu. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

BBC Good Food. Diakses 2021. Will chicken soup really cure your cold?

2 Komentar