Sukses

Apakah Sup Ayam Benar-benar Bisa Sembuhkan Pilek?

Banyak orang yang percaya bahwa dengan mengonsumsi sup ayam hangat dapat menyembuhkan pilek. Anda salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu makanan yang paling dirindukan ketika sedang sakit adalah sup ayam. Pikiran pun melayang, mengingat saat masa kecil dulu, Anda sering dibuatkan sup ayam oleh ibu ketika sedang pilek. Katanya, “Supaya kamu lekas sembuh, Nak.” Hingga kini, sup ayam dipercaya menjadi andalan untuk dikonsumsi ketika seseorang sedang sakit, termasuk pilek.

Sup ayam merupakan makanan yang sederhana: berisi kuah kaldu ayam, potongan atau suwiran daging ayam, serta potongan sayuran seperti wortel, buncis, jagung, dan seledri. Namun, ketika sedang sakit, semangkuk sup ayam terasa sangat nikmat, dan tak sedikit orang yang mengatakan bahwa setelah makan sup ayam kondisinya membaik. Benarkah khasiat sup ayam seampuh itu?

Memiliki efek antiinflamasi

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal medis Chest, ada indikasi bahwa sup ayam mengandung efek antiinflamasi, yang bisa jadi dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Para peneliti secara spesifik mempelajari pergerakan neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi, ketika dikombinasikan dengan sup ayam. Mereka menemukan bahwa pergerakan neutrofil berkurang dengan konsumsi sup ayam, yang mengindikasikan bahwa ada kemungkinan terjadinya mekanisme antiinflamasi—paling tidak secara teoritis—dalam meredakan gejala pilek.

Menurut penulis studi, Dr. Stephen Rennard, profesor kedokteran bagian paru-paru dan obat perawatan kritis di Pusat Medis Universitas Nebraska, Amerika Serikat (AS), seperti dilansir di laman CNN, ada beberapa zat pada sup ayam yang dapat memengaruhi sel-sel di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan efek obat. Namun, studi tidak mempelajari apakah hal tersebut baik atau buruk bagi tubuh.

Karena studi dilakukan di laboratorium, bukan pada manusia, Dr. Rennard memperingatkan bahwa harus terus diteliti apakah zat yang dapat bermanfaat pada tubuh itu dapat diserap tubuh seperti yang terlihat di laboratorium. Sup ayam mungkin dapat membawa manfaat bagi tubuh, namun menurut Dr. Rennard perlu ada banyak studi lanjutan.

1 dari 3 halaman

Aroma sup ayam hangat pun berkhasiat?

Menurut sebuah studi terpisah yang juga diterbitkan di jurnal medis Chest, aroma dari rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan meredakan gejala infeksi pada orang-orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Dalam studi tersebut, partikel kecil tiruan bakteri atau virus dimasukkan ke dalam hidung 15 partisipan. Para peneliti lalu mengukur aktivitas partikel tersebut saat sebelum dan sesudah dimasukkan ke air dingin, air panas, dan sup ayam. Hasilnya, sup ayam panas lebih efektif dibandingkan dengan air panas dalam menstimulasi sistem transportasi mukosiliar, yang berperan memindahkan “benda-benda” di sepanjang saluran pernapasan bagian atas dan bawah, yang menjaga agar saluran napas selalu bersih dan sehat dengan mengalirkan keluar partikel debu, bakteri, virus, alergen, toksin, dan partikel lain yang terperangkap pada lapisan mukus ke arah nasofaring (hulu kerongkongan yang berhubungan dengan hidung).

Dikatakan oleh penulis studi, Dr. Kiumars Saketkhoo, dokter spesialis paru pusat kesehatan PIH Health, AS, sistem transportasi mukosiliar sangat penting untuk menyingkirkan setiap infeksi, termasuk pilek. Apa pun yang dapat membersihkan saluran udara lebih cepat dapat menurunkan risiko infeksi atau mengatasi infeksi yang sudah ada.

Minum minuman hangat juga dapat membantu menghangatkan bagian bawah nasofaring, yang juga dapat meredakan gejala pilek. Studi ini mengindikasikan bahwa ada sesuatu pada sup ayam yang membuatnya berkhasiat. Meski demikian, tidak ditemukan adanya kesimpulan yang pasti tentang keampuhan sup ayam.

2 dari 3 halaman

Semangkuk nutrisi

Di luar dari hasil penelitian, para ahli setuju bahwa sup ayam layak dikonsumsi saat Anda pilek, khususnya ketika makan makanan adat dirasa sulit.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res., daging ayam pada semangkuk sup ayam hangat mengandung vitamin B6 yang baik untuk pembentukan sel darah merah dan reaksi kimia dalam tubuh. Sementara itu, kaldu ayamnya juga kaya gelatin dan kolagen, yang bermanfaat baik untuk daya tahan tubuh. Kandungan asam amino pada sup ayam juga membantu meredakan peradangan, serta wortel pada sup ayam mengandung vitamin A, nutrisi yang penting bagi imunitas tubuh. Jika disajikan hangat, uapnya dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Ada satu hal lagi yang dapat menambah keampuhan sup ayam, yaitu lingkungan. Menurut Dr. Kiumars lagi, ketika sedang pilek lalu Anda dibuatkan sup ayam oleh orang tercinta, seperti ibu atau pasangan, bentuk rasa cinta tersebut juga dapat memengaruhi proses penyembuhan. Apakah sikap tersebut menyembuhkan pilek? Tidak. Apakah akan membantu Anda yang sedang pilek merasa lebih baik? Ya.

Cara terbaik menyembuhkan pilek adalah mengonsumsi makanan dengan gizi baik, termasuk perbanyak makan atau minum cairan hangat, dan sup ayam memenuhi kriteria tersebut. Hindari terlalu memforsir diri untuk melakukan aktivitas saat sakit. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

[RVS]

2 Komentar