Sukses

Titik-titik Akupunktur yang Aman di Wajah

Ingin merasakan manfaat akunpunktur di wajah? Pastikan titik-titik penusukannya aman dan tepat!

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, akupunktur sudah menjadi salah satu jenis terapi yang umum digunakan di dalam dunia kesehatan. Akupunktur sering digunakan sebagai terapi untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul pada tubuh. Selain itu, akupunktur dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk mengatasi stres. Proses akupunktur sendiri dilakukan dengan cara menusukkan jarum yang tipis ke dalam tubuh melalui kulit pada titik-titik akupunktur yang sudah ditentukan.

Sebelum digunakan dalam ilmu kedokteran modern, prosedur akupunktur sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman Cina kuno, setidaknya 2.500 tahun yang lalu. Menurut ilmu pengobatan tradisional Cina, akupunktur dapat menjaga keseimbangan aliran energi di dalam tubuh, yang memiliki istilah “chi” atau “qi”.

Menjaga aliran energi dalam tubuh

Aliran energi tersebut dipercaya mengalir di dalam tubuh melalui jalur-jalur yang disebut dengan meridian. Dengan menusukkan jarum pada titik sepanjang meridian tersebut, maka prosedur akupunktur dipercaya dapat melancarkan dan menjaga keseimbangan aliran energi di dalam tubuh. Sementara di dalam dunia kedokteran Barat, titik akupunktur dipercaya sebagai tempat untuk menstimulasi saraf, otot, dan jaringan ikat. Proses stimulasi tersebut dipercaya dapat merangsang antinyeri alami dalam tubuh.

Walaupun sudah ada banyak yang mengakui manfaat dari akupunktur, namun terapi ini masih terus diteliti secara ilmiah. Pada tahun 2003, Badan Kesehatan Dunia (WHO), merilis laporan bahwa akupunktur efektif membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, di antaranya:

  • Tekanan darah tinggi dan/atau tekanan darah rendah
  • Mual dan muntah pasca kemoterapi
  • Ulkus lambung
  • Nyeri saat menstruasi
  • Rinitis alergi
  • Nyeri pada wajah
  • Rematik (rheumatoid arthritis)
  • Rasa sakit yang muncul pada siku bagian luar (tennis elbow)
  • Nyeri pada gigi
  • Nyeri yang timbul sewaktu-waktu di daerah saraf perasa; nyeri urat saraf (neuralgia)
  • Gangguan yang menyebabkan sakit otot, gangguan tidur, dan kelelahan karena meningkatnya bahan kimia otak yang mengirimkan sinyal saraf neurotransmitter (fibromialgia)
  • Infeksi saluran kemih
1 dari 3 halaman

Bagaimana prosedur akupunktur dilakukan?

Biasanya, pada saat prosedur akupunktur dilakukan, pasien akan diminta untuk berbaring atau duduk dan melepas sebagian pakaian sesuai posisi titik akupunktur berada. Jarum yang biasa digunakan berukuran tipis dan memiliki panjang beberapa sentimeter, dan harus dipastikan dalam keadaan steril serta baru sekali pakai.

Setelah semua hal-hal di atas dipastikan, maka selanjutnya operator akupunktur akan menusukkan jarum akupunktur pada titik-titik yang sudah ditentukan sesuai kondisi kesehatan Anda. Jarum bisa ditusukkan di bawah kulit atau lebih dalam hingga mencapai jaringan otot. Jarum yang sudah ditusukkan akan dibiarkan selama beberapa menit hingga 30 menit. Perasaan geli atau nyeri mungkin timbul saat jarum ditusukkan. Pada beberapa kondisi, jarum akupunktur mungkin diputar-putar oleh operator. Selain itu, jarum akupunktur juga bisa dihubungkan dengan aliran listrik ringan, atau yang dikenal dengan electro-acupuncture.

Pada wajah, akupunktur dapat memberikan beberapa manfaat, terutama yang berkaitan dengan estetika: membantu membuat kulit lebih halus dan meremajakan kulit, serta menyehatkan kulit secara menyeluruh. Selain itu, akupunktur wajah bisa menjadi pilihan prosedur yang lebih aman dibanding prosedur operasi atau Botox.

2 dari 3 halaman

Mengenali titik-titik akupunktur pada wajah

Pada saat melakukan akupunktur, dianjurkan agar penusukan jarum tidak hanya fokus di wajah karena dapat menyebabkan terjadinya penumpukan energi di wajah. Lebih baik bila akupunktur dilakukan di seluruh badan, karena efeknya adalah pengaliran energi yang merata, termasuk ke wajah.

Pada wajah biasanya dapat menggunakan jarum akupunktur sebanyak 40-70 jarum. Titik-titik akupunktur di wajah, terdiri dari:

  • Titik SI 18 berada di sisi depan lubang telinga dan titik SI 19 berada di area pipi. Kedua titik ini merupakan bagian dari meridian usus halus.
  • Titik L19 berada di bawah lubang hidung dan titik L 20 berada tepat di sisi luar cuping hidung. Kedua titik ini merupakan bagian dari meridian usus besar.
  • Titik S1-S4 memanjang berada dari posisi tepat di bawah mata hingga sisi luar dari sudut bibir. Titik S5-S6 berada di sisi dagu luar. Titik S7 di area pipi cenderung dekat ke lubang telinga. S8 berada di dahi sebelah luar. Semua titik tersebut merupakan bagian dari meridian perut.
  • Titik TE 23 berada di sisi luar alis mata. Titik TE 22 dan titik TE 21 berada di dekat sisi depan lubang telinga. Ketiga titik tersebut berhubungan dengan fungsi cairan tubuh, termasuk cairan nodus limfe.
  • Titik GB 1 berada di dekat sudut luar mata. Titik GB 2-GB 3 berada di sisi depan dari lubang telinga. GB 13-GB 15 berada di dahi bagian bawah hingga atas di sisi luar. Semua titik tersebut merupakan bagian dari meridian kantung empedu.
  • Titik BL 1 berada di dekat sudut dalam mata. Titik BL 2 berada di dekat sisi dalam alis mata. BL 3-BL 6 berada di dahi bagian tengah hingga atas. Titik-titik tersebut merupakan bagian dari meridian kandung kemih.
  • Titik CV 24 berada tepat di bawah bibir. Titik ini berhubungan dengan meridian konsepsi.
  • Titik GV 22-GV 24 berada di bagian dahi. Titik GV 25 berada di atas ujung hidung. GV 26-GV 27 berada di antara hidung dan bibir. Semua titik tersebut berhubungan dengan meridian governing vessel. Meridian governing vessel tidak bisa dipisahkan dari meridian konsepsi, saling melengkapi layaknya yin-yang dalam filosofi Cina.

Demikianlah titik-titik akupunktur pada wajah yang dapat diaplikasikan. Perlu diingat bahwa tindakan akupunktur harus dilakukan sesuai anjuran dokter. Sebelum menjalankan prosedur akupunktur, pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas masalah kesehatan yang Anda alami melalui pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar