Sukses

Titik-Titik Akupunktur yang Aman di Wajah

Ada banyak manfaat akupunktur bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, pastikan titik-titik penusukannya aman dan tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

Saat ini, akupunktur sudah menjadi salah satu jenis terapi yang umum digunakan di dalam dunia kesehatan. Selain di badan dan kaki, akupunktur juga bisa dilakukan pada wajah. Titik-titik akupunktur di wajah pun beragam dan memiliki manfaatnya masing-masing.

Pada wajah, akupunktur dapat memberikan beberapa manfaat, seperti meredakan sakit kepala, hidung tersumbat, hingga demam. Dari beberapa penelitian, akupunktur di wajah juga dapat mengatasi stres, berbagai keluhan nyeri pada tubuh, dan kelelahan.

Dalam prosedurnya, pasien diminta berbaring atau duduk secara rileks. Setelah dokter menentukan titik akupunkturnya, jarum berukuran tipis dan panjang akan mulai ditusukkan ke bawah kulit atau lebih dalam hingga jaringan otot. 

Tentu saja jarum yang digunakan steril. Selain itu, jarum akupunktur juga bisa dihubungkan dengan aliran listrik ringan, atau yang dikenal dengan electroacupuncture. Pada wajah biasanya dapat menggunakan jarum akupunktur sebanyak 40-70 jarum. Titik-titik akupunktur di wajah terdiri dari:

1 dari 4 halaman

1. Titik LI 20

Titik ini terletak tepat di samping cuping hidung Anda. Titik akupunktur wajah ini dapat bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat, gatal, dan juga membersihkan saluran hidung Anda.

Titik LI 20 bekerja terutama meningkatkan sirkulasi pembuluh darah pada bagian hidung. 

Artikel Lainnya: Ini Bedanya Akupunktur dan Akupresur

2. Titik GV 26

Titik akupunktur wajah ini terletak tepat di tengah-tengah bibir dan hidung. Dengan melakukan akupunktur pada titik ini, Anda dapat menenangkan pikiran dan menjadi lebih fokus.

Anda dapat menggunakan ujung jari telunjuk, lalu tekan bagian titik GV 26 yang dimaksud selama satu menit untuk mendapatkan manfaatnya.

2 dari 4 halaman

3. Titik Yintang

Yintang atau biasa juga disebut sebagai mata ketiga. Titik akupunktur wajah ini terletak di antara kedua alis Anda. Dengan menekan titik ini, manfaat yang bisa didapatkan berupa memperbaiki kualitas tidur, mengatasi migrain, dan juga mengurangi rasa cemas. 

Titik yintang dinilai mampu menstimulasi pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh. Tekanlah titik ini selama 60 detik, tambahkan juga gerakan berputar sesekali.

4. Titik Taiyang

Titik taiyang berada pada di tengah-tengah bagian pelipis Anda. Titik ini berguna untuk mengatasi migrain, pusing, dan juga gangguan mata.

Jika Anda sering pusing atau migrain, lakukanlah penekanan pada titik taiyang secara teratur agar dapat merasakan manfaatnya.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Akupunktur untuk Kulit Wajah

3 dari 4 halaman

5. Titik SJ 21

Titik SJ 21 terletak di depan telinga Anda, dekat tragus atau bagian menonjol di telinga yang paling dekat dengan wajah. 

Titik akupunktur ini dapat menstimulasi saraf-saraf wajah khususnya bagian telinga, sehingga bermanfaat untuk mengatasi telinga berdengung, rasa penuh di telinga, bahkan sampai sakit gigi.

6. Titik SJ 17

Titik ini terletak di belakang daun telinga, di dekat bagian cuping. Menurut praktisi akupunktur, titik SJ 17 ini dapat bermanfaat mengatasi kelumpuhan pada wajah, rahang yang kaku, dan juga mengatasi sakit gigi. 

Itulah titik-titik akupunktur pada wajah yang dapat diaplikasikan. Titik-titik tersebut menstimulasi peredaran darah dan juga sistem limfatik. Menstimulasi titik tersebut juga mengirimkan nutrisi dan oksigen ke kulit sehingga bermanfaat meningkatkan elastisitas dan meminimalkan garis halus pada wajah.

Pada saat melakukan akupunktur, dianjurkan agar penusukan jarum tidak hanya fokus di wajah karena dapat menyebabkan terjadinya penumpukan energi di wajah. Lebih baik bila akupunktur dilakukan di seluruh badan, karena efeknya adalah pengaliran energi yang merata, termasuk ke wajah.

Perlu diingat juga bahwa tindakan akupunktur harus dilakukan sesuai anjuran dokter. Sebelum menjalankan prosedur akupunktur, pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas masalah kesehatan yang Anda alami melalui pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, dapat berkonsultasi melalui fitur Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar