Sukses

Benarkah Mengumpat Bermanfaat bagi Kesehatan?

Jika dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang benar, mengumpat dapat membawa manfaat kesehatan, lho!

Sejak kecil, Anda diberitahu untuk tidak mengumpat atau berkata kasar karena dianggap agresif, tidak sopan, kasar, vulgar, dan terkesan negatif.

Padahal, ketika sedang kesal, Anda tentu membutuhkan suatu pelampiasan dari tekanan, salah satu caranya adalah dengan mengumpat. Nah, tahukah Anda bahwa secara ilmiah, mengumpat tidak selalu berarti negatif?

Ya, manfaat mengumpat ternyata cukup banyak bagi kesehatan, lho. Yuk, simak bagaimana bisa kebiasaan buruk ini berubah menjadi sesuatu yang menenangkan, ketika momennya memang benar.

1 dari 5 halaman

1. Mengurangi Rasa Sakit

Salah satu manfaat mengumpat adalah mengurangi rasa sakit. Kebiasaan ini dapat mengaktifkan respons fight-or-flight, yang memicu pelepasan hormon adrenalin di dalam tubuh. Hormon ini mampu menumpulkan rasa nyeri.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Keele, Inggris, menemukan bahwa orang yang mengumpat beberapa kali dalam sehari mampu menahan kedua tangannya di dalam air es lebih lama dibandingkan dengan yang tidak. 

Artikel Lainnya: Begini Cara Emosi Pengaruhi Sistem Imun Anda

Namun, hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang mengumpat berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak mengumpat menjadikan seseorang terbiasa berkata kasar sehingga tidak terasa apa-apa ketika melakukannya.

2. Pelampiasan yang Tidak Melibatkan Kekerasan

Manfaat mengumpat berikutnya adalah membantu orang melampiaskan amarah tanpa melibatkan kekerasan. Jadi, mengumpat menjadi suatu pelepasan yang lebih sehat untuk mengeluarkan emosi negatif.

Sesekali berkata kasar dapat memudahkan seseorang melampiaskan amarah terhadap orang lain maupun situasi, tanpa membutuhkan suatu kekerasan atau melakukan hal-hal berbahaya.

2 dari 5 halaman

3. Mekanisme Koping yang Aman

Mengumpat dapat menjadi mekanisme koping (cara yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dan beradaptasi dengan perubahan). Manfaat mengumpat yang satu ini dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Artikel Lainnya: Cara Jitu untuk Mengendalikan Emosi Berlebih

Dengan mengumpat, kepercayaan diri bisa meningkat ketika Anda merasa terancam maupun diserang. Hal ini akan membentuk kekuatan di dalam diri, dan kepercayaan diri di tengah ketegangan dan stres yang sedang dialami.

4. Memberi Rasa Kontrol atau Kekuatan

Mengumpat dan berkata kasar bisa memberi kontrol atau kekuatan akan suatu situasi yang buruk atau negatif. Ironisnya, hal ini sering kali terjadi ketika Anda menghadapi suatu kondisi yang tidak menyenangkan.

3 dari 5 halaman

5. Memperkuat Ikatan Sosial

Memperkuat ikatan sosial menjadi salah satu manfaat mengumpat. Kebiasaan ini bisa memberi rasa berkepemilikan dalam suatu komunitas. Inilah alasan mengumpat saat bersama dengan teman-teman akan membuat suasana hati lebih lega, terutama ketika diamini oleh teman.

Apabila dilakukan dengan benar, pada situasi dan kondisi yang tepat, kebiasaan yang dilakukan bersama teman ini bisa mengindikasikan bahwa Anda adalah seseorang yang terbuka, dapat dipercaya, dan menyenangkan untuk menjadi seorang teman.

Artikel Lainnya: Bingung, Perlukah Anak Tahu Emosi Negatif yang Dialami Orang Tua?

6. Memberi Dampak Positif terhadap Kesehatan Fisik Maupun Mental

Manfaat mengumpat baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda bila tidak menjadi suatu kebiasaan yang vulgar.

Pada orang-orang yang baru sembuh dari kanker, atau orang-orang yang menderita penyakit kronis dalam waktu lama, mengumpat dapat membantu dalam hal memproses emosi yang mereka rasakan.

Selain itu, manfaat mengumpat bagi kesehatan fisik dan mental lainnya, yakni memperlancar peredaran darah, meningkatkan kadar hormon endorfin dan serotonin, serta memberikan rasa tenang dan memiliki kontrol.

4 dari 5 halaman

7. Pelepasan Ekspresi Diri dan Kreativitas

Terkadang, mengumpat bisa menyalakan kreativitas di dalam diri. Individu yang memiliki bakat kreatif menemukan bahwa mengumpat bisa memunculkan kata-kata kreatif yang diperlukan dalam suatu proyek yang telah ditinggalkan sejenak.

Nah, itulah beberapa manfaat mengumpat bagi kesehatan. Siapa sangka, berkata kasar sesekali ternyata dapat membuat diri merasa lebih baik sejenak. Kuncinya adalah jangan terlalu sering, tidak disertai dengan rasa marah berlebihan serta emosi negatif lainnya yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Sebaliknya, dampak menahan emosi akan merugikan kesehatan mental sekaligus fisik Anda. Karena itu, untuk menyalurkan kekesalan, kelola dengan baik emosi Anda dengan cara-cara positif, salah satunya dengan mengekspresikan kemarahan saat merasakannya.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar