Sukses

Benarkah Mengumpat Bermanfaat bagi Kesehatan?

Jika dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang benar, mengumpat dapat membawa manfaat kesehatan, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Dalam kehidupan bermasyarakat, mengumpat atau mengeluarkan sumpah serapah dianggap sebagai suatu perilaku yang agresif, kasar dan negatif. Perilaku ini juga dinilai tak pantas untuk dilakukan. Padahal, jika Anda sedang merasa kesal hingga ke ubun-ubun, Anda tentu membutuhkan suatu pelampiasan dari tekanan, misalnya dengan mengumpat. Tahukah Anda, bahwa menurut sejumlah penelitian, mengumpat dinilai dapat membawa efek melegakan?

Berikut ini adalah alasan mengapa sebetulnya mengumpat dapat bermanfaat baik bagi Anda.

  • Mengumpat bisa meningkatkan ambang batas rasa sakit

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Keele, Inggris, tahun 2009, peneliti meminta para mahasiswa untuk memasukkan tangannya ke dalam air dingin. Mereka menemukan fakta bahwa para partisipan mengulang umpatan yang diucapkan secara keras saat tangan mereka berada di dalam air dingin. Tertulis juga di laporan bahwa dengan mengumpat, para partisipan merasa rasa sakit yang dialaminya berkurang ketika mereka mengatakan kata-kata netral.

Dikatakan oleh Emma Byrne, PhD, seorang peneliti dan penulis buku Swearing Is Good For You yang dikutip di laman Health, penelitian mengenai rasa sakit karena air dingin pada tangan mereka tersebut, bisa terasa berbeda ketika mengumpat. “Ketika mereka mengumpat, rasa sakitnya jadi tidak seburuk yang mereka kira,” katanya.

Ada satu teori yang mengatakan bahwa mengumpat dapat memicu respon mekanisme fight or flight, yaitu menghadapi atau melarikan diri dari apa pun yang dianggap sebagai ancaman. Kondisi ini dapat meningkatkan detak jantung dan memompa lebih banyak adrenalin—dua respon fisiologis yang membuat Anda lebih toleran terhadap rasa sakit. Jadi, jika lain kali kaki Anda tersandung kaki kursi atau kaki meja, silakan saja mengumpat ke kursi dan meja.

  • Mengumpat pada waktu yang tepat dapat mengurangi stres

Tengah berjuang menuntaskan deadline yang bertumpuk-tumpuk? Menghadapi klien yang banyak mau? Atau sedang mengalami masalah berat? Hal-hal tersebut dapat membuat Anda stres. Dikatakan lagi oleh Emma, ada penelitian yang dilakukan di ruang kokpit pesawat dan ruang operasi. Dalam penelitian tersebut, pilot dan dokter bedah diizinkan untuk mengumpat saat bekerja. Hasilnya, mereka lebih bisa pulih dari hal-hal yang membuat mereka stres (pada kasus ini seperti kondisi take off yang sulit, atau prosedur operasi yang rumit), dibandingkan dengan pilot dan dokter bedah yang dilarang untuk mengumpat.

  • Mengumpat dapat membantu mengatasi masalah kesehatan

Untuk orang-orang yang baru sembuh dari kanker, atau orang-orang yang menderita penyakit kronis dalam waktu lama, mengumpat dapat membantu dalam hal memproses emosi yang mereka rasakan. Kata Emma, sehubungan dengan pasien kanker – khususnya pasien pria penyintas kanker testis – menunjukkan emosi lewat umpatan adalah salah satu cara untuk mengomunikasikan kesedihan dan rasa kehilangan yang mereka rasakan. Para penderita bisa melakukan hal itu tanpa malu akan rasa kehilangan maskulinitas mereka, baik disalurkan dengan menangis, berteriak, atau mengakui ketakutan yang mereka alami.  

  • Mengumpat saat berolahraga dapat membuat Anda secara fisik lebih kuat

Bagi para anggota pusat kebugaran, pastinya Anda sudah familiar dengan latihan genggaman yang dapat meningkatkan kekuatan jari, tangan, dan lengan bawah. Nah, dikatakan oleh Emma, menurut sebuah penelitian, latihan tersebut akan lebih efektif jika Anda mengumpat saat meremas tangan.

Dalam kasus ini, mengumpat diyakini dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan selama beberapa saat. Jika setelah ini Anda berencana nge-gym untuk melatih kekuatan, seperti misalnya angkat beban, cobalah untuk mengumpat. Buktikan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan Anda saat mengangkat beban.

  • Mengumpat juga dapat memberikan ketenangan

Banyak ahli yang mengatakan bahwa ketika Anda melepaskan umpatan dari mulut, ada manfaat kesehatan yang Anda dapat. Menurut Neel Burton, psikiater asal Inggris dan penulis buku Heaven and Hell: The Psychology of the Emotions, manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengumpat adalah peningkatan sirkulasi, endorfin, memberikan ketenangan, serta kontrol dan kesejahteraan diri.

Jika dilakukan secara benar, pada waktu yang tepat, dan dengan alasan yang bisa diterima, mengumpat dapat memberikan Anda manfaat seperti yang sudah dijabarkan di atas. Pastikan juga Anda berada di sekitar orang-orang yang lebih toleran dalam mendengar kata-kata atau ekspresi umpatan, dan jangan lupa untuk tetap mengontrol diri. Namun, jangan sampai mengumpat malah menjadi “hobi” baru yang Anda lakukan setiap saat.  Alih-alih mendapatkan manfaat dari mengumpat,  teman-teman atau orang-orang di sekitar Anda justru tersinggung akibat kata-kata yang Anda keluarkan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar