Sukses

Badan Lemas Saat Hamil, Harus Makan Apa?

Badan lemas sering terjadi selama hamil, terutama pada trimester pertama. Bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas atau terasa lelah merupakan gejala yang sering terjadi selama hamil, terutama pada trimester pertama. Namun, pada beberapa kasus, rasa lelah ini bisa terjadi sepanjang kehamilan. Rasa lelah akan berangsur berkurang pada trimester kedua kehamilan. Namun, keluhan ini dapat muncul kembali saat trimester ketiga.

Perubahan hormon yang terjadi pada trimester pertama kehamilan merupakan penyebab utama dari badan lemas yang terjadi pada ibu hamil. Selain itu, tekanan darah dan gula darah yang cenderung menurun, serta peningkatan hormon progesteron saat hamil mengakibatkan tubuh lemas dan sering mengantuk.

Selain perubahan fisik, perubahan psikologis juga kerap terjadi pada ibu hamil. Rasa cemas dan stres tentu bisa berkontribusi terhadap perasaan lelah. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan sebagai ibu hamil untuk mengurangi keluhan badan lemas?

Salah satu kuncinya terletak pada pola makan Anda. Makanan yang Anda konsumsi akan sangat memengaruhi tubuh. Karena itu, Anda dapat mengikuti beberapa kiat berikut ini untuk mengatasi perasaan lelah dan lemas yang muncul saat hamil.

  • Oatmeal

Oatmeal yang terdiri dari gandum dapat membantu tubuh melawan rasa lemas yang mengganggu. Bagaimana cara makanan ini dapat melakukannya? Oatmeal merupakan suatu sumber karbohidrat kompleks dan memiliki serat yang tinggi.

Karena itu, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan ini. Dengan demikian, penyerapan gula akan terjadi perlahan, sehingga kadar gula darah tetap terjaga.

Berbeda dengan karbohidrat simpel seperti nasi putih atau roti biasa yang penyerapannya berlangsung lebih cepat. Alhasil kadar gula darah dalam tubuh akan lebih cepat menurun setelah mengonsumsi karbohidrat simpel. Perlu diketahui pula, oatmeal mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu mengurangi stres.

  • Ikan salmon

Siapa yang tidak menyukai ikan salmon? Selain memiliki rasa yang gurih dan nikmat, ikan salmon juga memiliki banyak manfaat. Salmon kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak esensial omega-3.

Salah satu alasan badan lemas atau lelah saat hamil yaitu karena stres dan kecemasan. Menurut penelitian, kandungan tersebut dapat meningkatkan suasana hati (mood) Anda. Namun, bila ingin mengonsumsi salmon, Anda perlu memasaknya terlebih dahulu. Jangan mengonsumsi ikan salmon mentah saat hamil.

  • Telur

Banyak orang menghindari konsumsi telur, terutama bagian kuningnya karena mengandung kolesterol. Benar, kuning telur memang mengandung kolesterol. Namun, tubuh manusia tetap membutuhkan kolesterol untuk dapat berfungsi dengan baik.

Konsumsi telur termasuk kuningnya justru baik untuk ibu hamil. Sebab, satu butir telur mengandung sekitar tujuh gram protein, lima gram lemak , vitamin A, vitamin C, vitamin B-12, B-6, dan vitamin D. Semua kandungan itu berperan dalam meningkatkan kebugaran dan energi.

Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, masih ada makanan lain yang dapat meningkatkan energi tubuh, seperti buah stroberi, bluberi, ceri. Semua  buah itu mengandung zat antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melawan radikal bebas dan hormon stres yang menyebabkan tubuh semakin lemas.

Di samping fokus pada pola makan sehat, Anda juga perlu olahraga dan tidur cukup selama hamil. Semua itu perlu dilakukan untuk menghindari badan lemas saat hamil.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar