Sukses

Tanda-tanda Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara nyatanya tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga pria. Yuk, kita kenali apa saja tanda kanker payudara pada pria!

Tak hanya wanita, kanker payudara juga dapat menyerang pria. Meski risikonya tidak sebanyak wanita, tetap saja pria harus waspada. Sebenarnya, apa penyebab dan bagaimana gejala kanker payudara pada pria?

Payudara pria memang tidak seperti wanita. Namun, jaringan payudara yang ada di dalamnya sama dengan wanita, dengan jumlah yang lebih sedikit. Karena itu, pria tetap bisa mengalami kanker payudara dengan jenis yang sama dengan wanita. 

Meski begitu, risiko seorang pria terkena kanker payudara tidak sebanyak wanita, yaitu hanya sebanyak 1%. Selain itu, sebagian besar kanker payudara pada pria terjadi di usia 60–70-an. Sangat jarang dialami pria di bawah usia 35 tahun.

Kebanyakan penderita baru mengetahui kondisi penyakitnya saat sudah memasuki stadium lanjut atau stadium akhir. Hal ini disebabkan banyak yang tidak menyadari bahwa pria juga dapat terkena kanker payudara. Padahal, makin dini kanker payudara dideteksi maka pengobatannya juga akan lebih mudah.

Kondisi pertumbuhan abnormal di payudara ini juga lebih sering dialami pria dengan usia yang lanjut, sekitar 60–70 tahun. Penyebab dari kanker payudara pada pria hingga kini masih belum diketahui. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi tersebut pada pria.

Misalnya, memiliki keturunan mutasi genetik BRCA2, riwayat kanker payudara pada keluarga dekat wanita, riwayat radiasi pada dada, adanya ginekomastia, menderita kelainan genetik, dan juga mengidap sirosis hati.

Artikel Lainnya: Ayah Beyoncé Sakit Kanker Payudara

1 dari 4 halaman

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Seperti yang sudah disebutkan, banyak kasus kanker payudara pada pria baru diketahui pada tahap yang sudah parah. 

Hal ini disebabkan oleh banyaknya yang tidak mengetahui ciri-ciri kanker payudara pada laki-laki.

Beberapa pria juga mendiamkan dan tidak segera menemui dokter ketika terdapat gejala, seperti adanya benjolan pada payudara.

Tanda dan gejala kanker payudara pada pria mirip dengan wanita, antara lain:

  1. Benjolan pada payudara yang tidak nyeri. Akan tetapi, nyeri payudara dapat terjadi pada beberapa kasus.
  1. Perubahan pada kulit payudara, seperti kemerahan, bersisik, berlesung, atau tertarik ke dalam.
  1. Perubahan pada puting payudara, seperti kemerahan, bersisik, atau tertarik ke dalam.
  1. Terdapat cairan dari puting payudara baik, perdarahan atau air susu.
  1. Pembesaran kelenjar getah bening, khususnya pada kelenjar getah bening ketiak.
  1. Nyeri tulang, khususnya jika tumor sudah menyebar ke tulang.

Artikel Lainnya: Merokok Jadi Penyebab Kanker Payudara pada Pria?

2 dari 4 halaman

Kondisi yang Meningkatkan Risiko

Risiko terjadinya kanker payudara pada pria meningkat seiring bertambahnya usia. Kebanyakan kasus kanker payudara dialami oleh pria yang berusia di antara 60-70 tahun, sedangkan kejadian kanker payudara pada pria berusia di bawah 35 tahun jarang terjadi.

Adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara pada seorang pria adalah:

  • Riwayat terpapar radiasi pada bagian dada
  • Pembesaran pada payudara (ginekomastia) akibat terapi hormon atau penyakit infeksi
  • Mengalami penyakit hati, seperti sirosis
  • Peradangan atau cedera pada testis
  • Riwayat kanker payudara pada kerabat dekat wanita Mengalami kelainan bawaan seperti sindrom Klinefelter atau tidak menurunnya testis ke dalam buah zakar

Artikel Lainnya: Obati Kanker Payudara dengan Jahe, Efektifkah?

3 dari 4 halaman

Pemeriksaan dan Pengobatan Kanker Payudara pada Pria

Pemeriksaan untuk mendiagnosis kanker payudara pada pria sama dengan wanita. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendeteksi apakah ada kelainan jaringan payudara, seperti benjolan.

Selain itu, dokter juga akan mencoba untuk mencari ciri-ciri kanker payudara pada laki-laki. 

Selanjutnya, pemeriksaan penunjang yang meliputi USG, mammogram, dan biopsi dapat dilakukan untuk mengonfirmasi dugaan kanker payudara.

Pengobatan kanker payudara pria pun sama dengan wanita, yang meliputi:

  • Pembedahan
  • Radiasi
  • Kemoterapi
  • Terapi hormon

Pemilihan pengobatan bergantung dari tahap atau keparahan kanker tersebut.

Hampir 90% dari kanker payudara pria memiliki reseptor hormon sehingga terapi hormon untuk kanker payudara pada pria lebih baik responsnya dibanding wanita.

Meskipun tergolong kanker yang jarang, Anda tetap perlu mengenali tanda-tanda kanker payudara pada pria. Deteksi dini dan penanganan segera akan memberikan angka kesembuhan yang lebih besar.

Anda masih punya pertanyaan seputar kanker payudara, baik pada pria maupun wanita? Langsung saja tanyakan pada dokter via aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar