Sukses

Inilah Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kulit Anda

Olahraga membantu memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Karena itu, olahraga secara rutin dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Manfaat olahraga untuk tubuh tentu tak perlu diragukan lagi. Olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dan paru, membentuk massa otot, menjaga kekuatan tulang, dan menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga juga memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan kulit?

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, bahkan awet muda. Salah satu alasannya adalah karena aktivitas fisik terbukti efektif dalam memperlambat penuaan sel, memperlancar peredaran darah, serta memperbaiki produksi hormon di dalam tubuh.

Lalu, apa sajakah manfaat olahraga untuk kulit? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Kulit Lebih Bercahaya

Olahraga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh, termasuk di kulit. Aktivitas fisik terutama yang sifatnya aerobik seperti senam, lari, atau bersepeda akan mendorong perputaran peredaran darah.

Artikel Lainnya: Sering Olahraga Siang Hari, Waspada 5 Masalah Kulit Ini

Dengan demikian, seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Inilah yang manfaat olahraga untuk kulit adalah dapat membuatnya terlihat merona bercahaya, bahkan hingga beberapa jam setelah berolahraga.

2. Mencegah Jerawat

Darah maupun oksigen yang mengalir dengan efektif ke kulit dapat membantu mengeluarkan kotoran serta “racun” yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit Anda. Anda tahu, kan, bahwa kotoran tersebut bisa memicu timbulnya jerawat?

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat olahraga untuk kesehatan kulit, Anda perlu melakukannya secara rutin. Tak hanya itu, jangan lupa untuk selalu mandi dan membersihkan wajah dengan saksama setelah berolahraga. Ini penting agar semua kotoran yang keluar bersama keringat benar-benar terangkat dari kulit Anda.

2 dari 4 halaman

3. Menghalau Stres

Stres merupakan salah satu hal yang memengaruhi kondisi kulit. Saat stres, kulit menjadi relatif lebih mudah mengalami berbagai masalah, seperti peradangan, kulit kering, dan jerawat. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan mencetuskan produksi hormon seperti endorfin.

Hormon ini dapat mencegah stres dan menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh. Karena itu, manfaat olahraga untuk kesehatan kulit adalah dapat membantu untuk mencegah stres.

Artikel Lainnya: Olahraga Ini Bisa Kencangkan Payudara Kendur

4. Bebas dari Peradangan

Salah satu manfaat olahraga untuk kulit adalah dapat menurunkan risiko berbagai organ untuk mengalami peradangan.

Peradangan ditandai dengan kulit kemerahan, jerawat, kulit relatif kering, dan mudah timbul keriput serta tanda penuaan dini. Dengan berolahraga, kulit akan lebih bebas dari peradangan.

3 dari 4 halaman

5. Awet Muda

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara rutin mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen. Ini karena manfaat olahraga untuk kulit adalah dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi metabolisme sel-sel kulit. 

Tak hanya itu, olahraga khususnya yang bersifat aerobik (seperti lari, bersepeda, dan berenang) serta yang bersifat ketahanan (seperti maraton) akan memberikan manfaat berupa mencegah penuaan dini.

6. Kulit Lebih Cerah

Manfaat olahraga untuk kesehatan kulit lainnya adalah dapat membantu tampilan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya, khususnya olahraga yang sifatnya weight lifting atau latihan otot. Otot yang lebih padat juga akan memperbaiki tampilan kulit, menyamarkan selulit, dan menyokong bentuk kulit dari dalam.

Jika Anda ingin kulit yang cerah, berkilau, dan sehat, lakukanlah olahraga secara teratur karena manfaat olahraga untuk kulit dan kecantikan sudah jelas terbukti.

Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi dan cairan setiap hari, serta melakukan perawatan kulit yang memadai. Jika memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar Anda bisa mengetahui jenis olahraga yang paling sesuai.

Untuk konsultasi dengan dokter yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY]

1 Komentar