HomeInfo SehatMata5 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mata
Mata

5 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mata

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selama ini, pengaturan pola makan Anda mungkin lebih banyak tertuju untuk mempertahankan berat badan. Bagaimana dengan kesehatan mata Anda?

5 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mata

Tidak dapat dimungkiri, jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan sangat menentukan status kesehatan tubuh kita. Termasuk di antaranya adalah kesehatan mata.

Seberapa peduli Anda pada kesehatan mata? Ayo jaga kesehatan mata Anda dengan asupan nutrisi berikut:

  1. Antioksidan

Antioksidan di dalam tubuh bertugas mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Itu sebabnya, antioksidan dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker atau membantu mencegah penuaan dini.   Antioksidan juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Makanan dengan kandungan vitamin A dan C yang kaya beta karoten membantu menguatkan sel-sel mata dan mencegah dari risiko gangguan mata yang disebabkan oleh pertambahan usia (penuaan) seperti rabun senja atau mata kering.  Antioksidan juga membantu melindungi mata dari paparan bakteri maupun kuman penyakit.

Di samping antioksidan, mata Anda juga memerlukan asupan mineral lain seperti selenium dan zinc untuk mengoptimalkan proses penyerapan antioksidan yang diperlukan.

Sumber antioksidan untuk mata dapat diperoleh dari buah dan sayur berwarna cerah, seperti wortel, labu, ubi jalar, anggur, jeruk, dan lainnya. Konsentrasi antioksidan juga akan lebih melimpah Anda dapatkan dalam bentuk bahan makanan segar.

  1.  Vitamin A

Kandungan vitamin A cukup tinggi pada hati sapi, telur, serta sayuran seperti wortel ataupun bayam. Selain berguna untuk proses antioksidasi, vitamin A penting membantu menunjang fungsi retina yang bertugas dalam proses beradaptasi pada cahaya terang dan gelap.

Tidak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak dan gangguan degenerasi macular yang terkait dengan pertambahan usia.

  1. Vitamin C

Vitamin ini dikenal memiliki sederet manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan di sini bekerja mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat penuaan (degenerative macular).

Temukan vitamin C untuk kesehatan mata dari sumber makanan seperti stroberi, jeruk, paprika, dan brokoli.

  1. Vitamin E

Seperti vitamin A dan C, vitamin E bermanfaat untuk kesehatan mata karena membantu memperlambat perkembangan katarak. Vitamin E bisa didapat dari kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Meskipun tidak sebanyak pada sayuran hijau, vitamin E juga bisa didapatkan di telur, susu,  hati ampela, dan minyak zaitun.

  1. Selenium dan zinc

Selenium dan zinc untuk kesehatan mata tidak dapat dipisahkan. Pasalnya, dengan kedua mineral Inilah proses oksidasi terjadi. Kedua zat mineral ini memegang peran kunci untuk penyerapan zat antioksidan dalam makanan.

Selenium dapat dijumpai pada makaroni dan keju. Sementara zinc bisa ditemui di keju, yogurt, daging merah, dan beberapa jenis sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.

Setelah mengatahui sumber nutrisi terbaik untuk kesehatan mata, kini saatnya untuk mulai beraksi. Ingat, mata yang merupakan jendela jiwa juga tak boleh Anda abaikan kesehatannya.

(RH)

Kesehatan MataNutrisiMata

Konsultasi Dokter Terkait