Sukses

Benarkah Penderita Sakit Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

Orang yang memiliki penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi pisang. Fakta atau mitos belaka?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penderita penyakit ginjal, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar diperhatikan. Jika mengonsumsi makanan sembarangan dan minim kandungan gizi, maka hal ini bisa membahayakan kesehatan. Lalu benarkah bahwa orang yang memiliki penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi pisang?

Pisang kaya potasium

Seperti dikutip dari Renaldiseases.org, tidak ada makanan yang benar-benar dilarang untuk mereka yang menderita penyakit ginjal. Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Beberapa pasien diperbolehkan makan pisang, sementara yang lain tidak.

Seperti diketahui, pisang adalah buah yang kaya akan potasium, mineral penting bagi kesehatan tubuh. Ginjal adalah organ utama yang berfungsi mengatur kadar potasium dalam darah. Memiliki tingkat potasium tinggi atau terlalu rendah sama-sama menyimpan bahaya bagi tubuh.

Untuk diketahui, jantung berdenyut pada irama normal disebabkan oleh potasium. Selain itu, potasium juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan, elektrolit, dan kadar pH tubuh.

Agar potasium dapat memberikan manfaat baik tubuh, kadar potasium dalam darah harus dijaga antara 3,5 dan 5,5 mEq/L. Sementara itu, efek yang ditimbulkan saat kadar potasium dalam darah terlalu rendah adalah otot terasa lemah, kram, dan kelelahan.

Beberapa pasien dengan kerusakan ginjal memiliki kadar potasium yang tinggi dalam darah. Tingkat potasium dalam darah akan meningkat seiring dengan banyaknya pisang yang dikonsumsi. Jika kadar potasium dalam darah tinggi, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang.

1 dari 2 halaman

Manfaat pisang bagi penderita penyakit ginjal

Meski menyimpan dampak berbahaya, pisang mengandung sodium yang baik untuk penderita penyakit ginjal. Sodium dapat mengurangi risiko berkembangnya pembengkakan pada ginjal. Sodium juga memiliki efek yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan kerusakan pembuluh darah.

Selain itu, pisang dapat membantu menghasilkan hormon yang menguntungkan yaitu serotonin. Hormon ini membantu merangsang sistem saraf. Beberapa penderita penyakit ginjal bisa terserang kelelahan, dan pisang dipercaya dapat membantu meringankan gejala ini dengan membuat penderitanya merasa senang.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga potasium pada tingkat yang aman:

  • Bicarakan dengan ahli diet tentang kondisi ginjal dan makanan apa yang harus dikonsumsi.
  • Batasi makanan yang tinggi potasium.
  • Batasi susu dan semua produk olahannya.
  • Bacalah label pada makanan kemasan untuk mengetahui apakah terdapat kandung potasium yang berlebihan.
  • Perhatikan ukuran porsi makan Anda sehari-hari.

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan ginjal Anda. Jadi, berikan untuk ginjal Anda berbagai macam makanan sehat. Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin.

Jadi, apakah pisang buruk bagi penderita penyakit ginjal? Jawabannya adalah belum pasti. Boleh atau tidak makan pisang, tergantung kondisi kesehatan Anda. Sebelum mengonsumsi pisang, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Jangan sampai kekeliruan dalam mengonsumsi makanan membahayakan kesehatan Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar