Sukses

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Jiwa

Selain berguna bagi kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan kegiatan positif yang sangat baik untuk menjaga kondisi fisik secara keseluruhan. Di balik itu, tahukah Anda bahwa aktivitas ini juga bisa mendatangkan segudang manfaat untuk kesehatan jiwa?

Beberapa dekade terakhir, para pakar di bidang kesehatan meneliti berbagai manfaat olahraga bagi tubuh manusia. Serangkaian penelitian yang ada menunjukkan bahwa aktivitas ini tidak hanya membawa manfaat bagi kesehatan fisik, namun juga bagi kesehatan jiwa.

Apa saja manfaat olahraga untuk kesehatan jiwa?

1. Mengurangi stres

Baru saja menjalani hari yang melelahkan di kantor? Cobalah berjalan jauh atau mengunjungi pusat kebugaran untuk berolahraga.

Salah satu manfaat dari olahraga adalah menurunkan tingkat stres. Ini karena berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon norepinefrin, yaitu zat kimiawi yang berperan dalam respons otak terhadap stres.

2. Meningkatkan mood

Selain mengurangi stres, olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati. Karena aktivitas positif ini dapat menunjang pelepasan hormon endorfin pada tubuh, yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan euforia.

Penelitian yang ada menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu mengatasi gejala depresi secara klinis. Oleh sebab itu, orang-orang yang depresi atau mengalami gangguan cemas dianjurkan untuk berolahraga secara rutin dan teratur.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Kebugaran fisik dapat meningkatkan rasa percaya diri serta membuat seseorang memiliki persepsi yang lebih positif terhadap dirinya sendiri. Terlepas dari berat badan, bentuk tubuh, jenis kelamin, atau usia, olahraga dapat membuat seseorang tampil prima dan merasa lebih percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain.

4. Menunjang kemampuan otak

Berbagai penelitian dengan subjek hewan maupun manusia menunjukkan bahwa olahraga kardiovaskular dapat meningkatkan kecepatan produksi sel otak, dan meningkatkan performa otak secara keseluruhan.

Selain itu, berolahraga secara rutin juga diketahui dapat meningkatkan daya ingat maupun kemampuan belajar.

5. Memperbaiki pola tidur

Olahraga tingkat sedang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengalami insomnia atau kesulitan memejamkan mata di malam hari.

Berolahraga sekitar lima atau enam jam sebelum waktu tidur dapat meningkatkan suhu di dalam tubuh. Ketika suhu tubuh mulai turun beberapa jam kemudian, hal ini dapat mempermudah seseorang untuk tertidur.

Mengetahui bahwa olahraga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa, maka lakukanlah aktivitas sehat ini paling tidak selama tiga puluh menit per hari, sebanyak lima kali dalam seminggu. Agar manfaatnya benar-benar terasa, pastikan jenis olahraga yang dilakukan sesuai dengan minat dan kondisi tubuh Anda. Selamat berolahraga!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar