Sukses

5 Vitamin Ini Efektif Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa vitamin dipercaya dapat meningkat metabolisme tubuh. Cek pemaparan di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang yang metabolisme tubuhnya berjalan baik dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga metabolisme berjalan baik adalah salah satu usaha yang wajib dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin.

Berikut ini adalah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 adalah salah satu vitamin terbaik untuk meningkatkan metabolisme. Vitamin ini memiliki peran vital untuk mencerna karbohidrat dan berperan sebagai koenzim (senyawa organik yang diperlukan enzim) dalam bentuk thiamin dipohosphate.

Menurut ahli biokimia, senyawa thiamin dipohosphate dapat membantu memecah karbohidrat menjadi glukosa. Anda bisa menemukan vitamin B1 pada ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, sereal, daging dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki dua bentuk koenzim, yaitu flavin adenine dinucleotide (FAD) dan flavin mononucleotide (FMN).  FAD dan FMN mempunyai peran dalam menghasilkan energi di dalam  tubuh. Dengan demikian, vitamin B2 dapat mendorong reaksi metabolik yang terjadi di tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari Vitamin B2 dengan mengonsumsi yoghurt, kedelai, susu, jamur, bayam, tempe, susu kambing, kacang almond dan telur.

3. Vitamin B7

Vitamin B7 memiliki peran penting dalam glukoneogenesis (proses pembentukan glukosa) karena ia mentransfer karbon dioksida dalam berbagai reaksi yang merupakan bagian dari pembuatan molekul glukosa baru.

Perlu dicatat bahwa telur mentah memiliki jenis protein yang bisa mencegah penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi telur setelah memasaknya dengan benar. Sumber vitamin B7 bisa Anda dapatkan dari kedelai, daging dan kuning telur

4. Vitamin C

Vitamin C memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, dan hal ini diperlukan untuk menjaga proses metabolism agar dapat berjalan baik. Anda bisa mendapatkan vitamin C terbaik dari jeruk atau anggur.

5. Vitamin B12

Bila Anda mengonsumsi vitamin B12, tubuh Anda akan memecahnya menjadi berbagai senyawa. Salah satunya senyawa itu adalah 5-Deoxyadenosylcobalamin yang dipercaya dapat mempercepat reaksi biokimia untuk memetabolisme energi yang diperoleh dari protein dan lemak.

Sumber vitamin B12 dapat Anda temukan pada kerang, hati, gurita, kepiting, lobster, daging sapi, daging domba dan keju.

Nah, itulah beberapa vitamin penting yang dibutuhkan tubuh agar proses metabolisme berjalan optimal. Cobalah masukan beberapa makanan yang sudah dijelaskan di atas dalam menu harian Anda. Selain itu, jangan lupa rutin berolahraga untuk mempercepat proses metabolisme dalam tubuh Anda. Yuk, konsumsi makanan mengandung vitamin agar tubuh senantiasa sehat!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar