Sukses

Jangan Abaikan, Ini Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Tangan sering kesemutan? Anda sebaiknya waspada, karena kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang sering dikeluhkan mengalami kesemutan. Sayangnya, kesemutan kerap diabaikan karena dianggap hal yang biasa dan dapat sembuh dengan sendirinya.  Padahal, tangan sering kesemutan bisa jadi suatu gejala dari penyakit tertentu. Apa sebenarnya penyebab tangan kesemutan ini?

1 dari 3 halaman

Kondisi Kesehatan Penyebab Tangan Kesemutan

Dalam dunia medis, tangan yang sering kesemutan disebut dengan parestesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tersebut.

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tangan kesemutan, antara lain:

1. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Oleh karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan sering kesemutan.

Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin B12 agar bisa mengatasi tangan kesemutan yang Anda keluhkan.

2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyebab tangan kesemutan berikutnya adalah carpal tunnel syndrome (CTS) alias sindrom terowongan karpal. Ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, akibat terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama.

Penyakit ini bisa menyebabkan jari tangan mengalami kesemutan, nyeri, maupun mati rasa atau kebas. CTS dapat terjadi di tangan kanan, kiri, maupun keduanya.

Artikel Lainnya: Kesemutan Saat Menyetir, Penyebab dan Solusinya

3. Diabetes

Tangan kesemutan yang terlalu sering dapat menjadi tanda penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Selain tangan sering kesemutan, penderita juga biasanya akan mengalami gejala lain seperti kram dan kebas.

4. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid alias hipotiroidisme merupakan kondisi yang membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah cukup. Kondisi ini bisa menyebabkan tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, serta rambut rontok.

5. Stroke

Kesemutan bisa jadi tanda awal dari penyakit serius, salah satunya stroke. Namun pada stroke, gejala tangan kesemutan ini tidak timbul sendiri. Ada beberapa gejala penyerta lain, seperti kelemahan pada satu sisi badan, sulit bicara, nyeri kepala, bingung, atau kurang keseimbangan.

6. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi saraf secara cepat atau lambat yang dapat menimbulkan keluhan kesemutan.

Penyakit autoimun lain yang dapat memiliki gejala kesemutan adalah SLE atau lupus.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan Kesemutan Saat Hamil

7. Tumor

Tumor yang tumbuh di tangan dapat menekan saraf dan pembuluh darah sekitarnya, yang kemudian menyebabkan tangan sering kesemutan. Salah satu tumor yang sering muncul di tangan adalah tumor ganglion. Ini merupakan jenis tumor jinak yang berisi cairan dan dapat terbentuk pada tendon maupun sendi tangan.

8. Epikondilitis

Epikondilitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan lengan dan siku. Penyakit ini dipicu akibat gerakan berulang, seperti mengayuh raket tenis atau golf, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tendon.

Selain kesemutan, gejala lainnya yang dirasakan adalah nyeri, perasaan seperti terbakar pada siku, tangan menjadi lemah, dan pembengkakan.

9. Pencandu Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebih juga dapat menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Ini karena alkohol tidak hanya dapat merusak hati, tapi juga memengaruhi saraf dan organ lain di tubuh Anda.

10. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Gangguan dan kerusakan pada saraf (neuropati) dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan. Beberapa obat seperti antibiotik, obat kemoterapi, HIV, dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan timbulnya gejala tangan kesemutan.

Gejala penyerta lain berupa rasa tidak normal pada tangan, mati rasa, dan juga kelemahan tangan.

Artikel Lainnya: 3 Penyebab Kesemutan Saat Olahraga

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Pemicu Tangan Sering Kesemutan

Tangan kesemutan juga dapat dipicu oleh kebiasaan buruk sehari-hari. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut:

  • Kurangnya Asupan Makanan Bernutrisi

Kurangnya asupan vitamin B12 dan folat dapat memicu timbulnya kesemutan. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda rajin mengonsumsi ikan, daging, telur, susu, sayuran hijau, dan juga buah-buahan.

  • Sering Melakukan Gerakan Berulang

Tanpa kita sadari melakukan gerakan berulang akibat pekerjaan dapat membuat tangan menjadi kesemutan, seperti mengetik, memotong, menulis, dll. Selain itu, olahraga seperti tenis pun bisa menyebabkan kesemutan. Pastikan Anda melakukan peregangan dan mengistirahatkan tangan untuk menghindari hal ini.

  • Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur tengkurap membuat tangan Anda sering kali tertindih. Jika dilakukan dalam waktu lama, posisi ini dapat membuat tangan Anda jadi kesemutan.

  • Mengonsumsi Alkohol secara Berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit di tubuh Anda. Alkohol bisa membuat fungsi saraf terganggu dengan merusak penyerapan vitamin di tubuh.

Tangan yang sering kesemutan dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi di atas. Jadi mulai sekarang, Anda sebaiknya tidak menganggap sepele keluhan ini. Segera cari cara mengobati tangan kesemutan, dan terapkan gaya hidup sehat secara konsisten.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai tangan sering kesemutan, silakan berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, ya!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar