Sukses

Cantik, Sehat dan Segar dengan Berendam Air Hangat

Tubuh sehat, segar, sekaligus menjadikan kulit cantik adalah berbagai manfaat yang bisa langsung Anda rasakan ketika berendam air hangat.

Klikdokter.com, Jakarta Tiap orang ingin memiliki kulit sehat dan tubuh yang bugar, terutama kaum hawa. Para wanita tak segan menghabiskan sejumlah besar uang untuk berbagai produk perawatan demi mendapat kulit cantik dan tampak selalu segar.

Padahal, sebetulnya ada hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya adalah dengan berendam air hangat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1.  Melancarkan aliran darah

Saat berendam air hangat, jantung akan berdetak sedikit lebih cepat sehingga aliran darah ke seluruh tubuh pun lebih lancar. Peredaran darah yang lancar ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menstabilkan tubuh agar tidak mudah masuk angin. Selain itu, aliran darah tersebut juga akan menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih sehat.

2.   Membersihkan kulit

Air hangat dapat membuka pori-pori kulit sehingga debu dan kotoran dapat lebih mudah terangkat. Dengan demikian, kulit pun akan lebih bersih dan segar.

3.   Mengurangi nyeri

Bila Anda sering mengalami sakit kepala, sakit otot dan sendi, berendam air hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Terbebas dari rasa nyeri tentunya dapat membuat Anda lebih nyaman beraktivitas.

4.   Meningkatkan kualitas tidur

Air hangat dapat membuat pembuluh darah terbuka (vasodilatasi) dan memicu tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan nyaman dan senang. Itulah sebabnya berendam air hangat, terutama di sore hari sebelum beristirahat, dapat menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian saat bangun tubuh Anda akan terasa lebih segar kembali.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin B6, yang dapat membantu mengatasi stres, capek, pegal, dan membuat saraf lebih relaks. Tidur Anda pun jadi lebih berkualitas.

Tergoda ingin langsung segera berendam air hangat? Tunggu dulu. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, jangan berendam lebih dari 20 menit karena akan berisiko membuat Anda dehidrasi dan menjadikan kulit kering. Untuk mencegahnya, aplikasikan pelembap pada kulit setelah berendam. Kedua, bila Anda memiliki penyakit jantung atau sedang hamil, konsultasikan dulu hal ini kepada dokter Anda.

Hal sederhana seperti berendam air hangat ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Selain manfaat-manfaat di atas, berendam air hangat juga dapat membantu menurunkan gula darah dan mencegah datangnya flu.

Jadi, jika Anda merasa capek sepulang kerja, berendamlah segera dengan air hangat demi tubuh lebih sehat, segar, serta menjadikan kulit cantik. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial favorit supaya Anda lebih relaks.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar