Sukses

Mengapa Tumor Otak Lebih Sering Terjadi pada Pria?

Penelitian menyebutkan, pria lebih berisiko mengalami tumor otak dibandingkan wanita. Mengapa demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Tumor otak adalah suatu massa yang timbul di dalam atau dekat jaringan otak akibat pertumbuhan abnormal dari sel otak. Seperti tumor di bagian tubuh lainnya, tumor otak ada yang jinak, tapi ada pula yang ganas.

Berdasarkan proses perkembangan dan penyebarannya, tumor otak dibagi menjadi dua: tumor otak primer dan sekunder. Tumor otak primer tumbuh berawal dari jaringan otak sendiri, sedangkan tumor otak sekunder berasal dari penyebaran tumor di bagian tubuh lain.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tumor otak, seperti paparan radiasi, paparan zat kimia industri, sistem imunitas yang melemah, riwayat keluarga, usia, termasuk jenis kelamin. Terkait jenis kelamin, tumor otak diketahui lebih banyak dialami oleh pria dibanding wanita. Mengapa bisa demikian?

Sebuah hasil penelitian di Washington University School Of Medicine, Amerika Serikat, menjelaskan mengapa tumor otak lebih sering terjadi pada pria. Dalam penelitian tersebut, ditemukan adanya protein retinoblastoma (pRb atau Rb) yang kurang aktif pada sel otak pria dibandingkan pada sel otak wanita. Rb diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya kanker.

Penelitian tersebut sekaligus menyingkirkan hormon seks sebagai faktor yang memengaruhi tumor otak. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak signifikannya perubahan jumlah kasus tumor otak pada saat masa pubertas ataupun masa menopause pada wanita.

Meski ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa pria lebih rentan terserang tumor otak, namun tetap saja pria dan wanita sama-sama berisiko. Ingat, banyak faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan tumbuhnya tumor. Oleh karena itu, selain menghindari faktor-faktor pemicu tumor otak yang sudah disebutkan di atas, yang paling bijak adalah berusaha untuk menjalankan pola hidup sehat secara konsisten.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar