Sukses

Benarkah Minum Soda Bikin Gemuk?

Penggemar berat minuman soda wajib waspada. Minuman jenis ini berpotensi bikin Anda gemuk.

Klikdokter.com, Jakarta Anda gemar minum soda? Hati-hati, soda tidak hanya buruk bagi kesehatan pencernaan, tetapi juga berat badan Anda. Terlalu banyak soda dapat membuat tubuh makin gemuk. Kok bisa?

Kaya kalori, tapi miskin gizi

Dalam satu kaleng soda terkandung gula sebanyak 7–9 sendok makan. Bayangkan, betapa banyak yang Anda masukkan ke tubuh dalam sekali teguk. Ditambah lagi, asupan gula berlebih ini tidak diimbangi dengan nilai nutrisi lainnya. Dengan kata lain, minuman soda adalah jenis minuman yang kaya akan gula, tetapi miskin nilai gizi.

Bila berbicara tentang timbangan dan berat badan, tentu tidak lepas dari soal kalori. Mari telusuri lebih dalam. Dalam minuman soda kemasan 1,5 liter terkandung 700 kalori. Bandingkan dengan kebutuhan kalori harian yang nilainya 2,000 kalori.

Artinya, sepertiga kebutuhan harian kalori seseorang tertutup oleh minuman soda ini. Nilai kalori yang terkandung dalam minuman soda tersebut setara dengan satu porsi makan siang Anda. Sayangnya, lagi-lagi minuman ini tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan tidak mengenyangkan.

Hubungannya dengan obesitas

Teori kalori dan gula tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian ilmiah oleh Malik VS dkk. Jurnal yang dimuat di American Jornal of Clinical Nutrition ini membuktikan bahwa asupan minuman soda berhubungan dengan peningkatan berat badan seseorang.

Setiap kaleng minuman soda yang dikonsumsi mampu meningkatkan risiko obesitas hingga 60%. Studi lain menyebutkan asupan yang sama mampu menambah timbangan Anda 0,5 kg dalam 4 tahun. Itu baru hitung-hitungan satu kaleng soda. Pertanyaannya, berapa banyak minuman soda yang sudah dikonsumsi dalam sebulan terakhir?

Mengingat minum soda berpotensi bikin gemuk dan mengancam kesehatan, ada baiknya Anda berpikir ulang sebelum meneguknya. Pilih jenis minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus tanpa pemanis tambahan. Selain lebih bersahabat dengan timbangan, minuman ini juga baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar