Sukses

Tidak Makan Daging, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Sebagian orang tidak makan daging, karena diduga tindakan tersebut dapat membawa banyak manfaat kesehatan. Apakah medis setuju?

Daging memiliki sejumlah gizi penting, seperti protein, lemak, mineral, dan vitamin. Tubuh membutuhkan semua gizi tersebut dalam jumlah seimbang supaya tetap sehat.

Meski demikian, ada beberapa orang yang memilih menjadi vegetarian dan tidak makan daging sama sekali. Apakah Anda salah satu yang seperti ini?

Faktanya, orang yang tidak makan daging menjadi lebih sedikit mengonsumsi lemak jenuh serta kolesterol. Dengan tidak mengonsumsi protein hewani, tubuh juga cenderung mengalami penurunan kadar lemak jahat (LDL), tekanan darah, dan angka indeks massa tubuh.

Apakah hanya sebatas itu? Tidak juga. Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan apabila tidak makan daging:

1 dari 6 halaman

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian dilakukan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC), Oxford, dan melibatkan 65.999 orang.

Penelitian tersebut mendapati, orang yang tidak makan daging (vegetarian) memiliki risiko penyakit jantung 19 persen lebih rendah.

Artikel Lainnya: 13 Makanan Pengganti Daging untuk Sumber Protein Anda

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Salah satu manfaat tidak makan daging, yaitu dapat menurunkan risiko penyakit kanker, khususnya kanker kolon.

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang tidak makan daging memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara.

2 dari 6 halaman

3. Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat tidak makan daging ternyata dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga separuhnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Asosiasi Diabetes Amerika juga menemukan, orang yang mengikuti pola makan vegetarian memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami sindrom metabolik.

4. Menurunkan Risiko Hipertensi

Tidak makan daging berhubungan dengan penurunan tekanan darah, sehingga risiko hipertensi dapat berkurang.

Sebuah studi bahkan membandingkan antara tekanan darah vegan dengan atlet yang mengonsumsi daging. Ternyata didapatkan bahwa tekanan darah lebih rendah pada kelompok vegan.

3 dari 6 halaman

5. Mencegah Kematian Dini

Sebanyak 26 persen penyebab kematian adalah banyaknya asupan daging merah, baik yang sudah diproses ataupun belum.

Dengan tidak makan daging, berarti Anda turut memperkecil risiko kematian dini.

6. Mencegah Obesitas

Sebuah studi selama 5 tahun yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan, orang yang tidak makan daging memiliki BMI rata-rata lebih rendah daripada pemakan daging.

Mereka yang vegetarian juga memiliki tingkat obesitas yang jauh lebih rendah daripada pemakan daging.

Artikel Lainnya: Apakah Diet Flexitarian itu, Diet Terbaik untuk Bumi?

4 dari 6 halaman

7. Menurunkan Risiko Insomnia

Makan banyak sayuran yang mengandung tinggi isoflavon dapat meningkatkan kualitas tidur. Isoflavon adalah senyawa tanaman yang sebagian besar ditemukan pada kacang kedelai.

Bahkan, sebuah studi di Jurnal Nutrisi pada Desember 2015 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya isoflavon mengalami penurunan gejala depresi. Menambahkan buah dan sayuran juga dapat meningkatkan mood, lho!

8. Menurunkan Risiko Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah faktor utama risiko penyakit jantung dan stroke. Lemak jenuh utamanya ditemukan pada daging unggas, keju, dan produk hewani lainnya.

Studi secara konsisten menemukan bahwa orang yang tidak mengonsumsi daging sama sekali memiliki penurunan kadar kolesterol darah hingga 35 persen.

5 dari 6 halaman

9. Menurunkan Peradangan Akibat Penyakit Autoimun

Konsumsi daging, keju, dan makanan olahan dapat meningkatkan peradangan pada tubuh.

Peradangan jangka pendek dapat dikatakan normal. Namun, peradangan jangka panjang dikaitkan dengan serangan jantung, stroke, diabetes. dan beberapa penyakit autoimun.

10. Mengurangi Tanda Penuaan

Menghindari daging dan menggantinya dengan sayur atau buah-buahan ternyata baik untuk kesehatan kulit.

Makan lebih banyak sayuran, buah dan kacang terbukti dapat memberikan Anda lebih banyak antioksidan sehingga menetralkan radikal bebas yang menyebabkan tanda penuaan.

Manfaat tidak makan daging ternyata sangat beragam. Namun, bukan berarti tidak makan daging dapat menjamin kesehatan Anda sepenuhnya.

Anda tetap harus menjaga kesehatan dari sisi lain, seperti berolahraga minimal 30 menit sehari. Anda juga perlu istirahat cukup dengan tidur 8 jam sehari, kelola stres dengan baik, menghindari rokok maupun alkohol, serta menjaga pola makan yang seimbang dan bergizi.

Apakah Anda ingin mulai tidak makan daging, namun butuh saran lebih lanjut dari dokter? Anda bisa menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar