Sukses

Ingin Lebih Bahagia? Ini Cara yang Bisa Anda Coba

Hidup yang bahagia juga berdampak positif bagi kesehatan Anda. Bagaimana cara agar bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia? Ini tipsnya.

Bahagia memiliki definisi yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang bahagia saat mampu berbelanja barang yang diidamkan. Sebagian yang lain sudah merasa puas ketika bisa mengonsumsi makanan favoritnya. Mana yang menjadi sumber bahagia bagi diri Anda?

Apa pun itu, bahagia sudah pasti datang dari diri sendiri. Ini merupakan pemahaman yang harus ditekankan agar tidak terjebak konsep bahagia yang salah dan menghambakan diri pada faktor eksternal untuk menjadi bahagia. 

Sebagai contoh, rasa bahagia tidak didasarkan atas cara orang memperlakukan Anda. Atau, rasa bahagia tidak muncul dari seberapa cerah cuaca di luar sana. Tanpa situasi eksternal tertentu, Anda tetap bisa bahagia karena perasaan itu muncul dari diri Anda sendiri.

Anda masih merasa kesulitan untuk merasa bahagia? Siapa tahu masalahnya ada pada kebiasaan sehari-hari yang tidak tepat. Ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa diandalkan sebagai cara hidup bahagia. Jangan lupa lakukan cara agar hidup bahagia ini dalam keseharian Anda:

1 dari 5 halaman

1. Tersenyum

Ketika diterpa permasalahan yang berat, cobalah untuk tersenyum. Studi menyebutkan bahwa tersenyum membuat respons unik yang seketika mengubah mood Anda.

Tersenyum dikaitkan dengan pelepasan hormon bahagia (dopamin) di otak. Otomatis, seseorang akan merasa bahagia ketika tersenyum.

2. Berolahraga

Berolahraga juga dapat melepaskan hormon dopamin di otak. Dengan begitu, kegiatan fisik yang menyehatkan ini juga efektif sebagai cara untuk hidup bahagia.

Selain itu, ada dampak tidak langsung yang dimunculkan olahraga terhadap kadar kebahagiaan Anda. Olahraga memunculkan rasa percaya diri dan sense of well-being, sehingga Anda merasa sehat dan memiliki penampilan yang prima.

Artikel lainnya: Jangan Lupa Bahagia, Ini 10 Manfaatnya bagi Kesehatan

2 dari 5 halaman

3. Tidur yang Cukup

Memiliki jam istirahat yang cukup tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh, melainkan juga performa otak. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sebanyak 7-8 jam tidur dalam setiap harinya.

Seseorang yang memiliki waktu tidur cukup berkaitan dengan fokus dan konsentrasi yang lebih baik, serta status emosi yang lebih positif.

4. Memelihara Hewan

Studi mengungkap, memiliki hewan peliharaan dapat memunculkan rasa bahagia dari dalam diri. Hal ini berpotensi membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta mengurangi tekanan darah.

Jangan lupa, memelihara hewan tidak bisa dilakukan secara sembarangan hanya demi mencari rasa bahagia dalam diri. Anda tetap harus melakukannya dengan penuh tanggung jawab dan komitmen.

5. Menghirup sesuatu yang harum

Ingin lebih bahagia? Cobalah untuk menghirup aroma-aroma yang Anda sukai. Ini juga merupakan cara instan untuk memunculkan rasa bahagia.

Beberapa aroma yang dikaitkan dengan rasa bahagia adalah aroma peppermint, lavender, atau aroma roti yang baru masak.

Artikel lainnya: Makanan Sehat bisa Buat Hidup jadi Lebih Bahagia, Benarkah?

Aroma peppermint diketahui dapat mengurangi kecemasan dan kelelahan. Sementara itu, aroma lavender dapat meningkatkan rasa percaya diri. Adapun, aroma roti diketahui memunculkan perasaan hangat dalam diri.

Tak ada salahnya menggunakan pengharum ruangan dengan aroma-aroma tersebut, untuk menjaga mood sepanjang hari.

3 dari 5 halaman

6. Bersentuhan

Menurut studi, sentuhan sangat penting bagi perkembangan otak, emosional, dan sosial. Selain itu, pelukan juga efektif untuk memunculkan perasaan bahagia dalam tubuh.

Maka, ketika Anda mengalami persoalan hidup yang cukup berat, Anda bisa meminta ayah, ibu, atau pasangan untuk memeluk Anda. Rasakan dan dalami benar-benar sensasi yang muncul ketika berpelukan.

7. Bergabunglah dengan Komunitas

Bertemu dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dapat menjadi cara hidup bahagia berikutnya. Minat yang dimaksud bisa berupa hobi, olahraga, kesamaan pengalaman, dll.

Studi menunjukkan, sekelompok orang yang bahagia dapat saling ‘menularkan’ rasa bahagia tersebut satu sama lain.

8. Kenakan pakaian yang paling Anda suka

Clothes psychologist yang juga penulis buku Mind What You Wear, Karen Pine, mengungkapkan apa yang dikenakan setiap hari dapat memengaruhi suasana hati.

Maka, tidak ada salahnya untuk mendorong rasa bahagia dalam diri dengan menggunakan pakaian favorit. Cara ini akan menjadi bantuan sumber bahagia sederhana, terutama ketika Anda sedang memiliki konflik.

Artikel lainnya: Orang Humoris Sudah Pasti Bahagia, Benarkah?

4 dari 5 halaman

9. Bersyukur

Bersyukur termasuk cara hidup bahagia yang ampuh sekalipun sangat sederhana. Bersyukur akan menggerakkan otak untuk merasa cukup dan senang atas apa yang sudah Anda miliki.

Jangan lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah Anda miliki dan jalani setiap harinya. Bersyukur tidak melulu dilakukan dengan cara membandingkan diri dengan orang yang lebih kurang beruntung daripada diri Anda.

10. Menjadi Mindful

Seberapa sering Anda melakukan berbagai hal dalam satu waktu? Sayangnya, ini tidak termasuk cara agar bahagia, karena Anda tidak mindful!

Mindful berarti hadir benar-benar secara sepenuhnya dalam melakukan suatu hal dalam satu waktu. Sebagai contoh, jadilah mindful ketika sedang membersamai anak.

Gunakan seluruh indera untuk bercengkrama bersama anak. Lupakan sejenak hal-hal lain, dan jangan barengi kegiatan itu sambil mengecek handphone atau menonton televisi.

Rasakan apa yang terjadi. Kegiatan bermain bersama anak akan menjadi lebih membahagiakan dan bermakna untuk diri Anda.

Tidak sulit kan menerapkan sepuluh cara hidup bahagia yang ada di atas? Sambil menjalaninya, miliki juga gaya hidup yang sehat. Ingat, emosi positif dan kualitas kesehatan yang baik saling berkaitan. 

Cari tahu tips lain untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar