Sukses

Ingin Lebih Bahagia? Ini Cara yang Bisa Anda Coba

Bahagia tidaklah sulit. Beberapa cara ini terbukti efektif membuat Anda lebih bahagia dari sebelumnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bahagia merupakan hak setiap manusia. Namun tidak sedikit yang mengeluh kesulitan untuk merasakan hal tersebut, akibat satu dan lain hal. Anda salah satunya?

Tenang, tidak perlu khawatir. Bagi Anda yang merasa sulit untuk merasakan bahagia, mungkin Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini:

1. Memelihara hewan

Penelitian mengungkapkan, memiliki hewan peliharaan dapat memunculkan rasa bahagia dari dalam diri. Hal ini pada akhirnya mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta mengurangi tekanan darah.

2. Menghirup sesuatu yang harum

Ingin merasa lebih bahagia? Cobalah untuk menghirup aroma peppermint, lavender, atau aroma roti yang baru masak.

Aroma peppermint diketahui dapat mengurangi kecemasan dan kelelahan; aroma lavender dapat meningkatkan rasa percaya diri; sedangkan aroma roti membuat orang lebih ramah terhadap orang asing.

3. Bersentuhan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tiffany Field, sentuhan sangat penting bagi perkembangan otak, emosional, dan sosial seseorang. Selain itu, menurut Profesor Sonja Lyubormirsky, yang juga penulis buku The How of Happiness, saat seseorang mendapatkan lima pelukan setiap hari selama sebulan, mereka akan jauh lebih bahagia dibanding orang-orang yang tidak mendapatkan pelukan sama sekali.

4. Bergabunglah dengan komunitas

Bertemu dengan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dapat membantu Anda merasa lebih bahagia. Studi menunjukkan, sekelompok orang yang bahagia dapat saling ‘menularkan’ rasa bahagia tersebut satu sama lain.

5. Kenakan pakaian yang paling Anda suka

Seorang clothes psychologist yang juga penulis buku Mind What You Wear, Karen Pine, mengungkapkan bahwa apa yang Anda kenakan setiap hari dapat memengaruhi suasana hati.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba, agar Anda merasa lebih bahagia. Ingatlah bahwa emosi positif dan kualitas kesehatan yang baik adalah hal-hal yang saling berkaitan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar