Seks

Minuman Sehat Pembangkit Libido Pria

dr. Devia Irine Putri, 31 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Libido atau gairah seksual pria dapat dibangkitkan dengan minuman. Apa saja minuman yang bisa meningkatkan gairah seksual pria? Ini daftarnya.

Minuman Sehat Pembangkit Libido Pria

Kemesraan sepasang suami dan istri tentunya tidak lepas dari keintiman keduanya. Selain kesehatan organ reproduksi, gairah seksual atau libido pada pria juga memegang peran penting dalam keintiman pasangan. 

Ada banyak faktor yang memengaruhi libido pada pria, mulai dari stres, kelelahan, hingga akibat penyakit tertentu seperti disfungsi ereksi, diabetes, gangguan tiroid, hipertensi, dan sebagainya.

Salah satu cara meningkatkan libido pria dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman sehat dari bahan alami. Namun, jika penurunan libido Anda disebabkan oleh kondisi medis tertentu, tentunya dibutuhkan penanganan obat tertentu dari dokter. 

Berikut ini beberapa minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual pria yang bisa dicoba di rumah:

1. Jus Delima

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Impotence Research menyatakan, jus delima memberikan dampak positif bagi penderita disfungsi ereksi karena meningkatkan kadar testosteron (hormon pria).

Jus dari buah yang juga dikenal dengan nama pomegranate ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Jadi, dapat melancarkan peredaran darah, termasuk ke daerah vital sehingga membantu meningkatkan libido pria maupun wanita.

Artikel lainnya: Konsumsi Makanan Ini agar Ereksi Tahan Lama

2. Jus Alpukat

Alpukat kaya akan gizi yang berperan dalam kesuburan, baik untuk pria maupun wanita. Selain itu, buah ini dikenal sebagai buah afrodisiak atau buah yang dapat meningkatkan gairah seksual. 

Kandungan lemak baik seperti asam folat di dalam alpukat dapat membantu meningkatkan mood. Buah ini umumnya dijadikan jus yang juga bisa jadi sumber energi.

3. Jus Pisang

Selain rasanya enak, pisang dikenal mengandung tinggi kalium. Mineral ini membantu dalam produksi testosteron, sehingga dapat meningkatkan libido pria. 

Lalu, kandungan asam amino triptofan di dalam pisang dapat membantu meningkatkan mood dan perasaan relaks.

Tidak heran jika jus buah pisang bisa menjadi minuman penambah gairah seksual pada pria.

4. Jus Semangka

Jus semangka mengandung zat likopen yang berfungsi untuk merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan ini memiliki cara kerja yang hampir serupa dengan viagra. 

Karena itu, jus semangka menjadi minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual pada pria.

Untuk mendapat manfaat dari likopen, cara paling praktis dan nikmat adalah dengan minum jus semangka, mengingat buah ini sangat kaya kandungan air dan rasanya menyegarkan.

Artikel lainnya: Pengaruh Stres pada Libido Pria

5. Kopi

Kopi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah Anda dari rasa kantuk. Minuman ini juga dapat menambah gairah seksual pria dan wanita.

Kandungan kafein di dalam kopi termasuk bahan stimulan yang menurut penelitian (pada hewan) dapat meningkatkan libido.

6. Anggur Merah

Dari sekian banyak manfaat anggur merah (red wine), salah satu yang paling terkenal adalah mampu meningkatkan gairah seksual. 

Berdasarkan penelitian, anggur merah mengandung senyawa yang dapat menstimulasi zona di otak Anda hingga bisa menaikkan libido.

Lebih lanjut, menurut penelitian dari Kingston University, London, anggur merah dapat meningkatkan kadar testosteron di dalam darah. Minuman ini pun bisa memberi perasaan tenang bila dikonsumsi satu gelas. 

Ingat, jangan minum anggur merah berlebihan karena malah akan mengganggu fungsi ereksi.

7. Susu Cokelat

Salah satu minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual pada pria adalah susu cokelat. 

Menurut sebuah penelitian, konsumsi cokelat membuat tubuh melepas kandungan serotonin dan feniletilamin (hormon bahagia). Jadi, bisa mengurangi stres, meningkatkan mood, dan mendorong gairah seks. 

Bagaimana cara mudah bikin susu cokelat yang lezat dan sehat? Masukkanlah cokelat batang atau bubuk kakao (zat yang terkandung di dalam cokelat) ke dalam susu panas.

Artikel lainnya: Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria

8. STMJ (Susu, Telur, Madu, Jahe)

Minuman hangat khas Indonesia ini biasa dijual di warung angkringan di Jawa dan sekitarnya. Selain dikenal berkhasiat menjaga stamina, kandungan telur (terutama kuningnya), madu, dan jahe juga dapat meningkatkan libido pria.

Madu yang mengandung vitamin B, serta kuning telur yang tinggi protein dan kolesterol membantu produksi testosteron. 

Sebuah penelitian terhadap suplemen penambah libido pria berbahan dasar telur menunjukkan peningkatan signifikan pada libido pria. 

Di samping itu, jahe diketahui dapat meningkatkan panas pada tubuh sehingga mampu mendorong gairah seks pria.

Selain dengan konsumsi minuman di atas, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat. 

Beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan gairah seksual, antara lain istirahat cukup, mempertahankan berat badan ideal, olahraga secara rutin, serta kelola stres dengan baik,

Nah, itulah beberapa minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual pada pria.

Jika gairah seksual Anda terus menurun meski sudah melakukan perubahan gaya hidup, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk mengetahui penyebab pastinya. 

Gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai masalah seks.

[RS]

libidoSeks

Konsultasi Dokter Terkait