Sukses

Rahasia Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Ternyata, ada caranya agar Anda tetap dapat makan enak tanpa takut gemuk.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang ingin punya tubuh sehat dengan berat badan ideal dan semua orang juga ingin makan enak. Namun, pandangan bahwa makan enak itu tidak sehat dan menggemukkan sering kali mengusik pikiran serta mengganggu kenikmatan makan.

Faktanya, ada cara agar Anda tetap dapat makan enak tanpa khawatir kegemukan. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan:

· Awali dan akhiri dengan minum air

Minumlah segelas air putih sebelum mulai makan dan mengakhiri makan. Hal ini akan membuat lambung teregang dan memberikan sinyal kenyang pada otak sehingga Anda dapat berhenti makan.

· Makan perlahan

Makan dan kunyah makanan perlahan. Mengunyah makanan memberikan banyak manfaat, yaitu membuat makanan lebih mudah dicerna dan mencegah tumbuhnya bakteri. Kunyahlah makanan setidaknya 30 kali sebelum Anda menelannya.

· Makan sebelum lapar

Makanlah pada waktu yang telah ditentukan dan sebelum Anda benar-benar merasa lapar. Tujuannya adalah agar Anda dapat menguasai nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

· Camilan sehat

Di antara dua jadwal makan utama, Anda dapat mengonsumsi camilan untuk menunda rasa lapar. Pilihlah camilan sehat sebagai sumber energi tambahan bagi tubuh Anda. Seperti potongan buah segar, yogurt, dan biskuit gandum.

· Time out

Saat makanan dihidangkan di hadapan Anda, terapkan aturan time out. Bila makanan sudah habis, beristirahatlah sebentar, minum air, dan tidak buru-buru menambahkan makanan lagi ke piring Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi.

· Makan tanpa rasa bersalah

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah nikmati makanan Anda tanpa rasa bersalah. Emosi negatif, seperti perasaan bersalah berlebihan, stres psikis karena memikirkan postur tubuh, akan memicu tubuh mengeluarkan hormon stres, yaitu kortisol.

Hormon kortisol akan semakin meningkatkan nafsu makan, terutama terhadap makanan manis. Nikmatilah tiap suapan yang Anda santap. Saat Anda makan perlahan tanpa emosi negatif, lambung yang meregang akan mengirimkan sinyal ‘kenyang’ ke otak sehingga mencegah Anda makan berlebihan. 

Makan sehat belum tentu tidak enak dan makan enak belum tentu tidak sehat. Dengan mengetahui trik-trik tersebut, Anda tetap bisa menikmati makanan tanpa dihantui ketakutan akan menjadi gemuk.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar