HomeGaya hidupDiet dan NutrisiIni Waktu Terbaik untuk Minum Air Lemon
Diet dan Nutrisi

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Lemon

dr. Rio Aditya, 22 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kabarnya ada waktu-waktu terbaik untuk minum air lemon. Benarkah demikian? Simak di sini.

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Lemon

Air lemon sangat baik dikonsumsi setiap hari karena kaya akan nutrisi. Pada studi tahun 2019, dilaporkan lemon mengandung antioksidan dan flavonoid tinggi yang dapat berfungsi memperbaiki kesehatan jantung, serta meningkatkan toleransi glukosa, sensitivitas insulin, dan metabolisme lemak.

Lemon juga mengandung kadar vitamin C tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Tidak hanya meningkatkan sistem imun, vitamin C juga penting untuk penyembuhan luka dan membantu tubuh menyerap kandungan besi dari makanan.

Banyak informasi beredar mengenai waktu terbaik minum lemon. Ada yang mengatakan lebih baik pagi hari dengan perut kosong, siang ataupun malam hari, dan masih banyak lagi. Jadi, kapan waktu terbaik minum air lemon?

Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Lemon?

Secara medis, tidak didapatkan bukti yang kuat mengenai apakah ada waktu yang terbaik untuk minum air lemon. Manfaat air lemon dapat dinikmati kapan saja tanpa waktu khusus. 

Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar saran sebaiknya minum air lemon di pagi hari saat perut kosong. Sebenarnya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah.

Dibanding minum air lemon di pagi hari, minum air putih saat bangun tidur di pagi hari sudah terbukti manfaatnya.

Dengan minum air, kita rehidrasi kembali tubuh setelah tidur tanpa minum air ataupun makan, sehingga mencegah dehidrasi.

Air lemon yang diminum saat kita bangun di pagi hari akan memberikan dampak positif lebih, yaitu tubuh mendapatkan sumber vitamin C yang baik di pagi hari.

Dengan demikian, kita mendapatkan zat-zat penting seperti antioksidan untuk melindungi kesehatan tubuh sepanjang hari.

Adakah Waktu atau Kondisi yang Dilarang?

Orang yang tidak disarankan minum air lemon ialah yang memiliki sensitivitas lambung berlebih, contohnya penderita GERD atau dispepsia akut.

Dalam kondisi tersebut, sebaiknya menghindari minuman atau makanan yang bersifat asam agar tidak mencetuskan nyeri dan gangguan lebih lanjut pada lambung.

Jika Anda tidak menderita penyakit tersebut namun ragu untuk minum lemon, tidak salah untuk mengisi perut terlebih dahulu baru setelahnya mengonsumsi air lemon.

Artikel Lainnya: Lemon Ternyata Berguna untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Selanjutnya, agar mendapatkan manfaat penuh dari air lemon, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Cuci lemon dengan air bersih.
  • Potong lemon menjadi 2 bagian.
  • Anda dapat memeras lemon dan campur airnya ke dalam 1 gelas air hangat atau dingin.
  • Tips lainnya, iris lemon dan campur ke dalam 1 wadah besar.

Kesimpulannya, waktu yang tepat untuk minum air lemon adalah kapan saja, tidak hanya di pagi hari.

Air lemon juga sangat baik dikonsumsi setelah makan. Karena, air lemon dapat merangsang produksi air liur, mencegah mulut kering, dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga dapat mencegah bau mulut.

Yuk, minum segelas air lemon setiap hari! Anda akan merasakan sederet manfaat sehat yang tidak terduga sebelumnya. Selamat mencoba!

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar konsumsi air lemon sesuai kondisi Anda, gunakan LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Gaya Hidup SehatNutrisivitamin CAir lemonHari Gizi dan Makanan

Konsultasi Dokter Terkait