Sukses

Kenali Gejala Scarlet Fever yang Sering Menyerang Anak

Scarlet fever atau demam scarlet merupakan penyakit yang mudah ditularkan dari satu orang ke orang yang lain.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin jarang mendengar tentang scarlet fever atau demam scarlet. Namun, Anda tidak boleh mengabaikannya. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptokokus ini sering menyerang anak-anak yang berumur 5-15 tahun.

Demam scarlet juga sangat mudah menular dari satu anak ke anak yang lain. Penularan terjadi melalui droplet (cairan bersin atau dahak yang keluar dari anak yang telah terinfeksi). Jika ada salah satu anggota keluarga yang menyentuh barang yang terkena droplet, maka ia bisa langsung tertular.

Karena itu, Anda perlu hati-hati dan selalu melindungi anak dari orang lain yang memiliki gejala demam scarlet seperti berikut ini:

  1. Demam lebih dari 38,5 derajat celsius disertai sakit kepala.
  2. Nyeri saat menelan makanan.
  3. Pembesaran kelenjar getah bening di leher.
  4. Ruam merah yang menyebar ke seluruh anggota tubuh. Ruam lebih banyak pada daerah lipatan, seperti lipatan siku dan lutut. Ruam merah akan menghilang saat dilakukan penekanan pada kulit.
  5. Wajah memerah yang disebabkan karena ruam merah yang menyebar ke seluruh permukaan tubuh, tidak terkecuali di wajah.
  6. Lidah tampak seperti buah stroberi, karena ruam merah juga mengenai daerah lidah. Ruam dan kemerahan di wajah dan lidah biasanya berlangsung sekitar seminggu. Setelah tanda dan gejala ini mereda, kulit yang mengalami ruam akan mengelupas.

Jika demam scarlet tidak diobati, bakteri bisa menyebar ke organ-organ lain dalam tubuh seperti tonsil, paru-paru, kulit, ginjal, dan jantung. Pencegahan terbaik untuk demam scarlet sama dengan tindakan pencegahan standar terhadap infeksi.

Ada empat langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit ini:

  • Pertama, cuci tangan sebelum mengonsumsi makanan atau setelah menyentuh barang dan fasilitas umum.
  • Kedua, jangan berbagi peralatan makan dengan orang lain yang tidak dikenal yang dicurigai memiliki penyakit ini.
  • Ketiga, menjauhi teman lain yang dicurigai menderita demam scarlet.
  • Keempat, tutup mulut dan hidung saat ada orang lain yang bersin atau batuk.

Karena scarlet fever atau demam scarlet mudah menular, Anda perlu memberitahu anak-anak tentang keempat langkah pencegahan di atas. Katakan kepadanya untuk selalu waspada terhadap orang lain atau teman sekelasnya. Anda juga perlu lebih teliti dalam menjaga kebersihan anak.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar