Kesehatan Umum

Tangan Gemetar? Mungkin Anda Mengalami Kondisi Ini

Gerardus Septian Kalis, 30 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tangan gemetar dapat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang bermasalah.

Tangan Gemetar? Mungkin Anda Mengalami Kondisi Ini

Tangan gemetar merupakan keluhan yang sering dianggap sepele. Padahal kondisi ini dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, baik yang ringan maupun berat. Gangguan gerakan pada tangan yang kerap disebut tremor ini, berdasarkan studi yang dilakukan American Family Physician, umum terjadi. Namun, Anda tetap perlu waspada.

Menurut Joseph Jankovic, MD., profesor bidang neurologi dari Baylor College of Medicine, tangan yang gemetar bisa menunjukkan adanya gejala sejumlah penyakit. Beberapa gangguan kesehatan tersebut di antaranya konsumsi kafein berlebih, hingga Parkinson.

Berikut 6 gangguan kesehatan yang menjadi penyebab tangan gemetar:

  • Tremor esensial

Penyebab yang paling umum dari tangan gemetar adalah tremor. Ini adalah gerakan yang tak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh. Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering terkena gangguan ini

Tremor biasanya terjadi karena bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan usia.

  • Kelelahan

Saat Anda terlalu lelah, baik akibat kurang tidur atau terlalu banyak pekerjaan, maka tangan gemetar tak bisa lagi dihindari. Tidak hanya tangan, kondisi ini juga dapat membuat bagian tubuh lainnya gemetaran.

  • Terlalu banyak kafein

Terlalu banyak konsumsi kopi atau teh dapat menyebabkan tangan gemetaran. Ini karena kopi atau teh mengandung kafein, yang dapat mencetuskan keluhan tremor pada bagian tubuh tertentu, terutama tangan.

  • Parkinson

Parkinson adalah penyakit neuro-degeneratif, dimana sel-sel otak berangsur-angsur mati. Keadaan ini menyebabkan otak kekurangan dopamin, yang pada akhirnya akan menghasilkan tremor dan kesulitan berbicara.

Parkinson cenderung muncul pada mereka yang memasuki usia 60 tahun atau lebih. Akan tetapi, pada beberapa kasus, parkinson juga bisa terjadi pada orang yang lebih muda.

  • Stres

Setiap mahluk hidup selalu bergetar. Hanya saja, getarannya sangat ringan dan tak terlihat seperti detak jantung, aliran darah, dan beberapa proses lain yang terjadi di dalam tubuh.

Namun pada kondisi tertentu, getaran ini bisa sangat terasa, terlebih lagi ketika Anda sedang stres. Tingkat getaran ini berbeda-beda, tergantung situasi yang sedang dialami seseorang.

  • Pengaruh obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan efek samping tangan gemetar. Obat yang dimaksud adalah amfetamin, statin, dan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Jika Anda kerap mengalami keluhan tangan gemetar, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin dini dideteksi dan diobati, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.

[NB/ RVS]

Parkinson Tangan Gemetartremor

Konsultasi Dokter Terkait