Sukses

Mengenali Tanda-tanda Orang yang Gagal Jantung

Gagal jantung adalah penyakit yang umum terjadi. Namun, sudahkah Anda mengenali gejalanya?

Klikdokter.com, Jakarta Gagal jantung berarti kegagalan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, misalnya tekanan darah tinggi, kencing manis, dan gangguan katup jantung.

Beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita gagal jantung antara lain:

  1. Sesak napas

Seseorang dengan gagal jantung akan mengeluhkan sesak napas. Hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan pada paru. Jantung tidak mampu meneruskan darah ke seluruh tubuh, sehingga darah akan tertumpuk pada paru, dan menyebabkan keluhan sesak napas. Berbeda dengan sesak napas pada infeksi paru, sesak napas pada gagal jantung umumnya tidak disertai tanda infeksi seperti demam.

  1. Tubuh bengkak

Pembengkakan tubuh pada daerah tertentu merupakan tanda gagal jantung. Darah akan cenderung diam pada lokasi tertentu, karena kegagalan pompa jantung. Misalnya pada kaki dan perut. Kaki penderita gagal jantung akan membesar. Pembesaran ini disebabkan oleh pengumpulan cairan pada kaki. Hal ini dapat dikurangi dengan penggunaan obat golongan diuretik untuk mengeluarkan cairan tubuh.

  1. Mudah lelah

Seseorang dengan gagal jantung tidak dapat melakukan berbagai aktivitas yang normalnya mudah dilakukan. Pada keadaan gagal jantung yang berat, seseorang akan mengalami kesulitan untuk berjalan beberapa meter. Jantungnya begitu lemah, sehingga tidak dapat menoleransi berbagai kegiatan sederhana.

  1. Tidur dalam posisi kepala lebih tinggi

Untuk mengurangi keluhan sesak napas, seseorang dengan gagal jantung akan tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Biasanya penderita gagal jantung akan menggunakan 2-3 bantal untuk mengganjal kepalanya.

  1. Batuk malam hari

Batuk malam hari juga merupakan gejala yang sering dikeluhkan seorang dengan gagal jantung. Penderita sering terbangun malam hari, karena batuk saat sudah tertidur.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes dan menunjukkan berbagai gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter. Gejala gagal jantung dapat dikontrol dengan penggunaan obat yang tepat. Tanpa penanganan yang tepat, gagal jantung dapat semakin parah dan meningkatkan risiko kematian.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar