Sukses

Yuk, Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Apel!

Apel banyak disukai dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Lalu, benarkah konsumsi apel dapat menurunkan kolesterol?

Klikdokter.com, Jakarta Apel adalah salah satu jenis buah yang mudah ditemui dalam keseharian. Berdasarkan penelitian, apel dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan bisa menjadi salah satu upaya pencegahan penyakit jantung.

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan hingga 23% kadar LDL (kolesterol jahat) dan peningkatan 4% kadar HDL (kolesterol baik) di dalam darah.

Pada penelitian menggunakan hewan, ditemukan bahwa kandungan pectin dan polyphenols di dalam apel dapat meningkatkan metabolisme lemak dan mengurangi proses peradangan.

Selain itu konsumsi apel dipercaya dapat berfungsi untuk menurunkan berat berat badan. Hal ini terkait dengan kandungan pectin di dalam apel yang dapat menimbulkan rasa kenyang. Pada akhirnya jika berat badan terkontrol, tentu dapat risiko peningkatan kadar kolesterol dan penyakit jantung akan menurun.

Kandungan polyphenol pada apel merupakan suatu antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi dari LDL (lemak jahat). Proses inilah yang membantu menurunkan risiko pembentukan kolesterol serta penyempitan pembuluh darah.

Konsumsi apel sehari sekali dipercaya dapat membantu mengontrol berat badan. Sedangkan, konsumsi 2 buah apel dalam sehari atau setiap makan besar, dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Saat mengonsumsi apel sebaiknya tidak menggunakan pemanis, seperti gula. karena justru akan menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda.

Nah, beberapa hal di atas adalah manfaat apel dalam menurunkan kadar kolesterol di tubuh Anda. Oleh karena itu, apel bisa menjadi salah satu pilihan mudah bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar