Sukses

Kiat Makan Sehat Saat Natal

Jangan lupa untuk tetap makan sehat meskipun sedang merayakan Natal.

Klikdokter.com, Jakarta Steak, daging kalkun, ayam panggang, dan kue jahe, semuanya merupakan makanan khas Natal yang selalu ditunggu-tunggu. Anda mungkin sudah membayangkannya berhari-hari. Pola makan sehat Anda bisa jadi sudah mulai diwarnai dengan beragam makanan enak menjelang Natal.

Tapi ingat, jangan sampai hal tersebut membuat Anda kalap. Pastikan makanan yang Anda pilih tetap sehat di hari Natal ini. Lalu bagaimana caranya agar tak lapar mata dan dapat mengontrol diri, di tengah hidangan lezat yang melimpah ruah?

Berikut ini adalah kiat makan sehat saat Natal untuk Anda dan keluarga:

Makan pagi

Ada pepatah yang mengatakan, makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran, makan malam seperti rakyat jelata. Meski ada benarnya, namun bukan berarti Anda bebas makan berlebihan di hari Natal. Tetaplah pilih makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Anda biasa makan pagi nasi uduk atau lontong sayur sebelum pergi ke gereja? Cobalah makan menu lain, misalnya bubur oats dengan buah pisang dan stroberi. Untuk rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan madu atau kayu manis.

Bubur oats mengandung kadar indeks glikemik (indeks glikemik adalah seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah) yang rendah dan serat yang tinggi sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. 

Makan siang

Apa menu makan siang Anda saat Natal? Steak dan daging kalkun mungkin memang menggoda. Tapi sebelum mengambil makanan, cobalah penuhi piring makan Anda dengan menu yang sehat dulu.

Penuhi setengah piring makan Anda dengan salad atau sayuran. Pilih juga karbohidrat yang rendah indeks glikemiknya, seperti nasi merah. Untuk menu protein, ketimbang steak atau babi panggang yang tinggi lemak dan kalori, Anda bisa memilih dada ayam kukus atau ikan salmon panggang.

Makan malam

Apakah ritual Anda sekeluarga sebelum pergi ke gereja di malam Natal adalah makan bersama di rumah atau di restoran? Hati-hati, hindari makan berlebihan di malam hari jika tak ingin berat badan melonjak. Atau kadar kolesterol melonjak  drastis.

Selain itu, ketika menghadiri jamuan prasmanan, coba makan buah terlebih dahulu ketimbang langsung mengambil menu utama. Buah yang tinggi serat akan membuat Anda lebih kenyang dan makan lebih sedikit saat menu utama. Untuk menu utama, makanlah dalam porsi kecil.

Saat bersantap bersama dalam merayakan Natal, jangan hanya terfokus pada makanan sehat. Memilih minuman sehat juga tak kalah penting. Jika Anda lebih suka minum alkohol yang dapat menyebabkan penimbunan lemak di tubuh, atau minuman bergula tinggi saat hari raya, ubahlah mulai sekarang. Pilih air putih atau jus buah yang tentu saja lebih menyehatkan tubuh.

Menjaga pola makan sehat memang sulit pada awalnya, tetapi bila sudah terbiasa, Anda akan merasa lega telah melakukannya. Jadi ketika Anda merayakan Natal, tetap pilihlah makanan dan minuman yang sehat. Selamat merayakan Natal!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar