Sukses

Konsumsi Apel agar Tidak Cepat Tua

Penelitian menyebutkan bahwa apel dapat memperlambat beberapa aspek dari proses penuaan.

Klikdokter.com, Jakarta Pepatah mengatakan “an apple a day keeps the doctor away”, yang berarti mengonsumsi sebuah apel setiap harinya akan menjauhkan Anda dari penyakit dan dokter. Namun, apakah yang membuat buah ini begitu spesial? Apa saja manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi apel?

Kaya akan vitamin B5, B9, dan vitamin C, apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Banyaknya nutrisi dan antioksidan yang terdapat pada apel dapat menurunkan risiko timbulnya berbagai penyakit, seperti kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, apel juga dapat memperlambat beberapa aspek dari proses penuaan.

Berikut adalah beberapa manfaat konsumsi apel yang harus Anda ketahui:

  1. Apel menunjang kekuatan otak

Konsumsi apel dikaitkan dengan peningkatan produksi zat bernama asetilkolin dalam tubuh, yang menunjang komunikasi antar sel saraf. Oleh karena itu, asupan apel dapat meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

  1. Apel membantu mencegah peningkatan berat badan

Salah satu komponen yang terdapat pada kulit apel, yang kaya akan serat, adalah asam ursolat. Sebuah penelitian mengenai asam ursolat menunjukkan bahwa zat ini dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk mengalami obesitas.

Selain itu, karena tubuh manusia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat kompleks yang terdapat pada apel, asupan buah ini juga menimbulkan rasa kenyang untuk waktu yang cukup lama.

  1. Apel menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut

Kaya akan vitamin C dan berbagai antioksidan lainnya, konsumsi apel dihubungkan dengan regenerasi sel kulit yang lebih cepat. Hal ini dapat membuat wajah tampak lebih bersinar, serta memperkuat rambut dan kuku. Di samping itu, kandungan vitamin B5 dan B9 pada apel juga terbukti dapat mencegah jerawat dan iritasi kulit.

Dengan banyaknya manfaat apel untuk menunda proses penuaan, menyajikan buah ini dalam hidangan sehari-hari dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dapatkan tubuh yang awet muda dengan mengonsumsi apel sesuai takaran yang direkomendasikan oleh dokter.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar