Sukses

Menu Campuran Buah pada Masa Awal MPASI, Amankah?

Si Kecil hampir berusia 6 bulan, dan sudah tiba waktunya untuk MPASI. Tapi, bolehkah si Kecil diberi menu campuran buah?

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap Bunda memiliki rasa khawatir sebelum memberikan MPASI pertama kepada si Kecil. Kesayangan yang terbiasa meminum ASI, kini harus mencoba untuk menerima makanan padat.

Tak sedikit si Kecil yang mungkin menolak atau menciptakan drama dalam pemberian MPASI pertama. Untuk meminimalkan hal tersebut, para Bunda biasanya menyiasati dengan memilih buah terlebih dahulu pada masa awal MPASI.

Buah memang terkenal dengan rasanya yang lebih manis ketimbang sayuran atau bubur susu. Dengan rasa yang menyerupai ASI yang secara alami memang agak manis, diharapkan si Kecil dapat menerima makanan padat dengan lebih mudah.

Alasan para Bunda mencampur berbagai macam buah dalam satu pure dapat dimengerti. Ada yang melakukannya agar si Kecil dapat terbiasa dengan rasanya, atau agar si Kecil belajar untuk mencecap beberapa rasa buah sekaligus.

Meski demikian, hal tersebut sebenarnya tidak disarankan. Pada masa awal MPASI, akan lebih baik jika Bunda memberikan pure satu jenis buah dalam sekali penyajian.

Selain memungkinkan si Kecil untuk dapat mengenal rasa dari setiap buah dengan baik, hal ini juga dapat ‘menyelamatkan’ si Kecil jika ternyata ia memiliki alergi terhadap buah yang ia konsumsi.

Memang, kasus alergi terhadap buah sangat jarang. Namun bukan berarti tidak mungkin terjadi, kan? Dengan moto “Sedia payung sebelum hujan”, lebih baik bersiap-siap sebelum kejadian.

Para ahli menganjurkan untuk memberikan satu jenis makanan padat kepada si Kecil selama tiga hari berturut-turut. Misalnya, Bunda memberikan pure apel, berikanlah makanan padat tersebut selama tiga hari berturut-turut.

Selama tiga hari tersebut, perhatikan apakah terjadi reaksi alergi atau tidak. Jika tidak, berarti buah apel dianggap aman dan tidak menyebabkan alergi.

Bisa dibayangkan jika Bunda langsung memberikan beberapa jenis buah sekaligus. Apabila terjadi reaksi alergi, tentunya akan sangat sulit untuk melacak buah apa yang memicu alergi tersebut.

Oleh karena itu, pada masa awal MPASI, selalu ingat untuk memberikan satu jenis buah kepada si Kecil dalam sekali penyajian. Jika si Kecil sudah terbukti tidak memiliki alergi terhadap buah-buahan, barulah Bunda dapat memberikan beberapa buah sekaligus dalam sekali penyajian.

Semoga pemberian MPASI si Kecil berjalan lancar dan bebas drama!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar