Sukses

Cara Membedakan Gejala Flu dan Panas Dalam

Flu dan panas dalam merupakan dua kondisi yang berbeda. Bagaimana membedakannya?

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu panas dan hujan. Saat musim hujan datang seperti sekarang, ada cukup banyak penyakit yang mengintai Anda. Beberapa di antaranya yaitu batuk, flu, dan demam. Akan tetapi, beberapa orang kerap menyamakan gejala flu dengan panas dalam.

Padahal, flu dan panas dalam adalah dua kondisi yang berbeda. Flu muncul dengan beberapa keluhan seperti demam, batuk, dan pilek. Flu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat berupa daya tahan tubuh yang menurun. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan, perubahan cuaca yang ekstrem, atau virus.

Upaya pemulihan flu dapat berupa mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dan minum air dengan cukup (minimal delapan gelas sehari). Istirahat, olahraga, dan mandi pakai air hangat juga membantu meredakan gejala flu.

Sementara itu, panas dalam adalah adalah kumpulan keluhan seperti nyeri tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, badan pegal, sakit tenggorokan, batuk, dan lainnya. Keluhan tersebut sering terjadi pada orang yang terlalu banyak makan gorengan atau terlalu lelah.

Meski demikian, tidak adanya istilah dalam dunia medis terkait kondisi ini. Istilah panas dalam berkembang di kalangan masyarakat untuk menggambarkan kondisi tubuh yang kurang sehat akibat infeksi ringan, serta kurang minum dan istirahat.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda perlu menjalankan pola hidup sehat dengan makan dalam porsi kecil namun sering (terutama bila memiliki gangguan lambung), istirahat cukup, olahraga, tidak merokok, dan menghindari stres. Bila memiliki mag, Anda perlu mengurangi asupan kopi, serta makanan pedas dan asam.

Jadi dapat dikatakan bahwa flu bukan panas dalam. Faktanya, panas dalam bisa jadi merupakan salah satu gejala flu yang disebabkan oleh virus influenza. Agar terhindar dari dua keluhan tersebut di musim hujan, Anda perlu konsisten menerapkan pola hidup sehat seperti disarankan di atas.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar