HomeInfo SehatJantungBerbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang
Jantung

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

dr. Valda Garcia, 23 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mengonsumsi jantung pisang atau bunga pisang bisa sangat berkhasiat bagi tubuh. Yuk, simak manfaat jantung pisang yang baik untuk kesehatan.

Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

Pernahkah kamu mengonsumsi jantung pisang? Jantung pisang atau bunga pisang warna ungu ini umumnya diolah dalam bentuk gulai atau tumisan. 

Nyatanya, manfaat jantung pisang sangat baik untuk kesehatan. Bahan ini merupakan sumber vitamin, mineral, maupun serat yang baik.

Kandungan jantung pisang antara lain kalori (51 Kcal), protein (1,6 g), lemak (0,6 g), karbohidrat (9,9 g), serat (57 g), kalsium (56 mg), fosfor (73,3 mg), zat besi (56,4 mg), kalium (553,3 mg), magnesium (48,7 mg), dan vitamin E (1,07 mg).

Berikut ini sederet manfaat jantung pisang untuk kesehatan:

1. Menyembuhkan Infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah menyembuhkan infeksi. Khasiat ini dikarenakan adanya kandungan etanol di dalam jantung pisang. Etanol dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tak hanya infeksi, manfaat jantung pisang juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah perkembangan malaria. Ekstrak etanol yang diperoleh dari jantung pisang diteliti memiliki manfaat tersebut.

3. Menangani Diabetes

Khasiat jantung pisang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Sangat penting untuk menjaga pola makan dan menghindari makanan maupun minuman tinggi gula untuk dapat mengontrol kadar gula di dalam darah.

Artikel lainnya: Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

4. Mengatasi Anemia

Konsumsi jantung pisang dianggap berpotensi dalam meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh. 

Kandungan jantung pisang, yakni serat dan zat besi, dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengatasi gejala anemia. Namun, hal ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Sangat penting untuk makan makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi dengan baik dan terhindar dari anemia.

5. Meningkatkan Laktasi

Bagi para ibu yang sedang menyusui, jantung pisang sangat baik dikonsumsi. Khasiat jantung pisang juga dipercaya dapat menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jantung pisang bisa dikombinasikan dengan rempah-rempah.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat di dalam jantung pisang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika kamu mengalami sembelit atau sulit untuk BAB, konsumsi jantung pisang dapat membantu mengatasinya.

7. Melawan Radikal Bebas

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan berikutnya adalah membantu untuk melawan radikal bebas. Manfaat ini bisa didapatkan dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalam jantung pisang.

8. Mencegah Penuaan Dini

Selain memerangi radikal bebas, bunga pisang juga dinilai dapat membantu mengobati kanker dan mengurangi penuaan dini.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk meningkatkan manfaat dari sifat antioksidannya.

9. Mengurangi Perdarahan Haid Berat

Mengonsumsi jantung pisang dengan yoghurt dipercaya menjadi salah satu cara paling efisien untuk mengobati perdarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Kombinasi itu dapat meningkatkan progesteron di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan menstruasi.

Artikel lainnya: Benarkah Penderita Sakit Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

10. Sumber Vitamin dan Mineral yang Kaya

Kandungan jantung pisang terdiri dari beragam makronutrien dan mikronutrien yang tadi disebutkan di atas. Mengonsumsinya dalam batas wajar tentu dapat mendukung kesehatan kamu.

11. Meningkatkan Penyerapan Makanan

Bunga pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah, karena larut di dalam air dan membentuk gel.

Sementara, serat tidak larut membantu sebagian besar produk yang tidak tercerna karena tidak larut di dalam air. Keduanya meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan yang sehat.

Saat belanja ke pasar dan menemukan jantung pisang, jangan ragu untuk menjadikannya variasi dalam masakan kamu. Jika diolah dengan tepat, banyak manfaat jantung pisang bagi kesehatan.

Jantung atau bunga pisang bisa menjadi salah satu sumber nutrisi untuk #JagaSehatmu. Jangan lupa imbangi dengan makanan sehat lainnya dan olahraga, ya.

Ingin tahu info menarik seputar makanan sehat lebih lengkap? Download aplikasi KlikDokter! Di sini kamu juga bisa konsultasi dokter online gratis, lho. 

(FR/JKT)

pisangmakanan

Konsultasi Dokter Terkait