Sukses

Efek Keracunan Karbon Monoksida Seperti Jonghyun SHINee

Bagaimana Jonghyun SHINee bisa meninggal akibat keracunan zat karbon monoksida?

Klikdokter.com, Jakarta Kabar duka datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Industri hiburan K-Pop kehilangan salah satu musisi terbaiknya yang meninggal dunia karena keracunan zat karbon monoksida, yaitu Jonghyun yang merupakan lead singer dari boyband legendaris milik SM Entertainment bernama SHINee.

Kehilangan tentunya sangat dirasakan oleh seluruh fans setia Jonghyun, termasuk fans dari Indonesia, yaitu Villa Alia (22) dan Dwika Aprilia (20). Mereka mengatakan bahwa Jonghyun merupakan sosok penyanyi yang memiliki kualitas suara yang bagus dan sangat berpengaruh di grup musiknya.

Pemilik nama lengkap Kim Jong-hyun tersebut ditemukan tidak bernyawa di apartemennya yang terletak di daerah Seoul. Dari hasil penyelidikan polisi setempat, diduga kematian Jonghyun disebabkan oleh keracunan gas karbon monoksida dari hasil pembakaran briket batubara dalam penggorengan.

Bahaya gas karbon monoksida

Gas karbon monoksida umumnya bisa dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar mobil atau truk, mesin, lampu petromak, alat pemanggang, oven, hingga kompor. Sifat gas ini tidak berbau dan tidak berwarna, namun beracun.

Menghirup gas karbon monoksida dalam waktu lama dapat mengalami keracunan hingga kematian. Kondisi inilah yang dialami oleh Jonghyun.

Ketika karbon monoksida yang masuk ke dalam darah dapat menggeser ikatan oksigen dengan darah. Kondisi tersebut menyebabkan darah menjadi kekurangan oksigen. Pada akhirnya aliran oksigen yang berkurang dapat mengganggu fungsi berbagai organ tubuh dan menyebabkan keracunan.

Gejala yang dapat muncul saat keracunan gas karbon monoksida adalah sakit kepala, pusing, lemas, mual, nyeri dada, nyeri perut, kejang, hingga kematian.

Belajar dari kasus yang dialami oleh personel SHINee ini, sebaiknya Anda menghindari paparan gas yang mungkin dihasilkan proses pembakaran di sekitar lingkungan Anda, seperti menggunakan masker atau memastikan adanya ventilasi yang cukup saat berada di dalam ruangan

Bila pekerjaan Anda memang rentan terhadap paparan proses pembakaran, pastikan Anda menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang memenuhi standar. Hal ini dapat menghindari Anda dari keracunan gas monoksida yang mungkin terjadi, seperti yang dialami oleh Jonghyun SHINee.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar