Sukses

Ini Manfaat Sehat Pasang Pohon Natal Lebih Awal

Pasang pohon Natal lebih awal ternyata dapat membuat Anda lebih bahagia.

Klikdokter.com, Jakarta Anda merupakan salah satu yang merayakan Hari Raya Natal, dan selalu pasang pohon Natal lebih awal? Jika ya, Anda akan mendapatkan kabar baik dari kebiasaan tersebut. Menurut pakar psikologi, orang-orang yang memasang hiasan jauh-jauh hari sebelum Natal, ternyata lebih bahagia.

Aktivitas tersebut ternyata membuat perasaan menjadi lebih bahagia, karena dapat mengingatkan kembali tentang masa kecil Anda. Demikian menurut Steve McKeown, pakar psikologi dari Inggris.

“Alasan paling umum yaitu untuk nostalgia. Di dunia yang penuh dengan stres dan kecemasan, orang suka sekali dengan hal-hal yang membuat mereka bahagia. Dan dekorasi Natal bisa membangkitkan kenangan masa kecil yang menimbulkan perasaan bahagia,” ujar Steve McKeown yang juga pemilik Klinik McKeown, di Inggris.

Psikoterapis sekaligus penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, perayaan Natal membawa perasaan nostalgia. Hal ini bisa membantu menghubungkan orang dengan masa lalu mereka, dan ini memudahkan mereka memahami identitasnya.

“Bagi banyak orang yang memasang hiasan Natal lebih awal, ini adalah cara mereka untuk berhubungan kembali dengan masa kecilnya,” kata Amy.

Selain menjadi momentum untuk melepaskan segala rutinitas yang cenderung membosankan, perayaan Natal juga membuat seseorang untuk belajar mencintai kehidupan. Demikian, menurut Amy.

“Bagi orang-orang yang telah kehilangan orang yang dicintai, liburan dapat menjadi pengingat akan saat-saat bahagia yang pernah mereka alami dengan seseorang di masa lalu. Memasang dekorasi Natal lebih awal bisa membantu mereka merasa lebih terhubung dengan individu itu,” kata dia.

Sementara itu, menurut sebuah penelitian, memasang dekorasi Natal sejak awal November dapat menyebarkan atau menularkan perasaan gembira. Hal tersebut bisa membuat orang lain menjadi lebih ramah dan terbuka.

Dalam penelitian yang telah diterbitkan di Journal of Environmental Psychology itu, para peserta juga diminta untuk menilai rumah-rumah yang sudah diberi hiasan yang meriah. Rumah-rumah tersebut memiliki berbagai ukuran. Hasilnya, para peserta berkomentar, pemilik rumah-rumah yang diberi hiasan tampak bersahabat dan ramah.

Jadi, sudahkah Anda memasang pohon Natal di rumah? Supaya menjadi lebih menyenangkan, Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk bersama-sama memasang hiasan dan dekorasi Natal di rumah.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar