Sukses

Hal Sederhana yang Membuat Ibu Anda Bahagia

Pepatah mengatakan, "Surga ada di telapak kaki ibu." Karenanya, kebahagiaan ibu menjadi hal yang penting. Bagaimana cara membahagiakan ibu? Simak di sini.

Surga ada di telapak kaki ibu, perumpamaan itu sering kali Anda dengar dan yakini bahwa kebahagiaan seorang ibu adalah kunci kesuksesan anak-anaknya.

Saat Anda kecil, ibu pastinya akan melakukan apa saja untuk membuat anaknya senang. Kini, saatnya Anda melakukan hal yang sama kepadanya!

Membahagiakan ibu tidak selalu harus dengan harta yang berlimpah, kok. Cara-cara membahagiakan ibu yang sederhana ini juga dapat membuatnya merasa spesial:

1 dari 5 halaman

1. Rajin Kirim Pesan

Di tengah kesibukan, jangan lupa selalu memberikan perhatian kepada ibu. Meski berjauhan, kata-kata manis di SMS atau WhatsApp akan membuat ibu Anda bahagia dan merasa diperhatikan. 

Misalnya, ucapkan selamat pagi dan katakan Anda merindukan dirinya atau masakannya.

2. Anggap sebagai Sahabat

Menjadikan ibu sebagai tempat curhat akan membuatnya merasa seperti sahabat. Karena itu, tak perlu ragu untuk menceritakan perasaan dan masalah yang Anda hadapi kepadanya. 

Apalagi hanya seorang ibu yang mengerti anaknya luar dan dalam, serta dapat dipercaya melebihi siapa pun.

3. Ungkapkan Rasa Sayang

Tidak semua orang dapat mengucapkan kata-kata manis secara langsung kepada ibu mereka. Anda bisa sangat mudah mengucapkan “I love you” kepada pasangan.

Namun, hanya setahun sekali mengucapkannya kepada orang tua atau ibu. Cobalah lebih sering mengungkapkan rasa sayang Anda kepada ibu.

Artikel Lainnya: Mengapa Remaja Susah Curhat ke Orang Tua? Ini Kata Psikolog

2 dari 5 halaman

4. Bantu Pekerjaan Rumah

Seorang ibu pasti senang kalau anaknya berinisiatif membantu membersihkan atau mengurus rumah. 

Lakukan hal-hal sederhana seperti membereskan tempat tidur, merapikan kamar, dan mencuci piring sehabis makan. Mungkin terlihat sepele bagi Anda, tetapi tidak bagi ibu.

5. Kunjungi Ibu

Suatu saat akan tiba waktunya Anda pergi dari rumah untuk tinggal di dekat kantor ataupun menikah. Ibu pastinya akan merasa kesepian di rumah.

Selain melalui SMS dan telepon, sempatkan diri untuk berkunjung dan menceritakan tentang kehidupan kepada ibu. Tentunya ia akan merasa senang mendengar cerita-cerita Anda.

6. Ingat Tanggal-Tanggal Penting

Tidak ada yang membuat ibu lebih bahagia dan merasa spesial selain mengingat ulang tahunnya. 

Anda dapat mengirimkan kartu ucapan atau bunga untuk menunjukkan betapa ia sangat berarti dalam hidup Anda.

7. Pelukan Hangat

Kapan terakhir kali Anda memberikan pelukan kepada pasangan? Bagaimana dengan pelukan untuk ibu, apa juga sering memberikan pelukan hangat kepadanya?

Memberikan pelukan hangat bisa menjadi salah satu cara membahagiakan ibu, lho. Semakin bertambah usia Anda, biasanya semakin cuek bahkan malu bila berpelukan dengan orang tua.

Tak jarang, banyak orang dewasa berpikir bahwa pelukan tampak kekanakan. Padahal, memberikan ibu sebuah pelukan akan membuatnya bahagia karena bisa lebih dekat dengan Anda.

Bahkan, ibu bisa mengingat kenangan masa lalu saat Anda selalu berada di dekapannya. Jadi, jangan lupa, ya, memberikan pelukan hangat kepada ibu.

Artikel Lainnya: Kelelahan dengan Peran sebagai Orang Tua? Lakukan Ini!

3 dari 5 halaman

8. Rencanakan Kegiatan Menyenangkan

Setiap orang pasti menyukai kejutan, tak terkecuali seorang ibu. Di balik kesibukan Anda dan ibu, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Misalnya, rencanakan untuk berlibur, piknik, berkebun, atau olahraga bersama.

9. Hargai Nasihatnya Selama Itu adalah Hal yang Baik

Cara sederhana lainnya untuk membahagiakan ibu adalah menghargai saran atau nasihatnya. 

Sebagian orang merasa orang tua tak perlu ikut campur mengenai masalah yang dihadapi. Meski begitu, bukan berarti Anda tak membutuhkan orang tua.

Orang tua, khususnya ibu, akan merasa senang kalau anaknya terbuka dan mau bercerita mengenai masalahnya. Ibu akan senantiasa memberikan saran yang mungkin tak terpikirkan oleh Anda.

Apabila kurang setuju, sebaiknya katakan baik-baik. Hindari membentak atau bahkan memarahi ibu hanya karena saran yang diberikan tak sesuai.

Artikel Lainnya: Alasan Kenapa Menantu Wanita & Ibu Mertua Sering Tidak Akur

4 dari 5 halaman

10. Minta Maaf saat Melakukan Kesalahan

Setiap orang tak luput dari kesalahan, termasuk diri Anda. Memang kasih ibu sepanjang masa dan akan selalu memaafkan segala kesalahan anak-anaknya. 

Namun, kalau Anda melakukan kesalahan kepada ibu, tidak ada salahnya mulai sekarang belajar meminta maaf terlebih dahulu.

Misalnya, Anda sedang penuh beban pekerjaan dan tak sengaja berkata dengan intonasi tinggi kepada ibu. Mungkin bagi Anda itu tak sengaja, namun bisa jadi menyakitkan hati ibu.

11. Selalu Selipkan Doa untuk Orang Tua

Cara membahagiakan ibu memang tak selalu harus dengan memberikan hadiah. Ia pun tak pernah minta hadiah sebagai tanda jasanya. 

Sebagai anak, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah selalu menyelipkan namanya di setiap doa yang dipanjatkan. Doakan ibu agar selalu sehat dan bahagia.

Anda tidak perlu berkecil hati apabila melihat orang-orang di sekitar memberikan hadiah yang mahal untuk ibunya.

Tak jarang, bentuk perhatian kecil dan sederhanalah yang dapat membuat ibu merasa spesial dan bahagia.

Ketahui tips menarik untuk hidup sehat dan bahagia hanya di Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter lebih mudah lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar