Sukses

Hindari 7 Jenis Makanan Ini Saat Diare

Anda harus memperhatikan konsumsi makanan saat sedang diare. Asupan yang salah justru bisa memperburuk kondisi Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Diare merupakan salah satu gejala penyakit yang sering timbul akibat masalah pada sistem pencernaan. Menurut World Health Organization (WHO), diare adalah keadaan buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) dengan frekuensi sebanyak tiga kali atau lebih, dalam waktu satu hari atau 24 jam.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, antara lain yaitu virus (paling sering), bakteri, infeksi parasit, atau obat-obatan (kafein, alkohol). Intoleransi terhadap kandungan makanan, seperti laktosa pada susu, pemanis buatan sorbitol, atau manitol juga bisa memicu diare. Ada pula beberapa penyakit yang menimbulkan gejala diare yaitu penyakit non-infeksi seperti irritable bowel syndrome atau inflammatory bowel disease.

Agar tidak memperburuk diare, Anda perlu menghindari beberapa makanan di bawah ini:

  1. Makanan yang tercemar

Anda harus mengonsumsi makanan yang terjamin bersih, saat diare. Anda perlu memastikan kebersihannya, mulai dari proses pembuatan hingga penyajian. Anda juga wajib menghindari makanan mentah dan tidak melewati proses masak.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi saluran pencernaan Anda. Hal ini tentu akan memperburuk keadaan iritasi yang sebenarnya sudah terjadi saat diare.

  1. Makanan tinggi serat

Anda harus menghindari makanan yang mengandung serat tinggi. Makan jenis ini dapat merangsang usus menjadi lebih aktif dan dapat memperburuk gejala diare. Untuk membantu meredakan diare, Anda hanya dapat mengonsumsi makanan berserat seperti apel dan pisang.

  1. Makanan mengandung gula dan pemanis buatan

Gula yang melewati usus dapat mengganggu bakteri di dalam usus. Hal ini dapat memperburuk gejala diare yang sudah ada. Gula yang terkandung di dalam buah juga dapat memberikan efek serupa. Pemanis buatan pun dapat menimbulkan efek laksatif pada saluran pencernaan, yang dapat menimbulkan hasrat ingin buang air besar.

  1. Makanan digoreng

Makanan berminyak dan berlemak dapat memperburuk keluhan diare dan memperberat kerja usus. Bila mengalami diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

  1. Makanan yang memproduksi gas di usus

Hindari makanan yang dapat meningkatkan pembentukan gas di usus, seperti kol, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan. Semua makanan tersebut dapat menimbulkan efek kembung yang mengganggu pada perut saat diare.

  1. Makanan produk olahan susu

Makanan produk olahan susu seperti es krim, mentega, dan keju dapat memperparah diare. Usus akan bekerja lebih berat terhadap makanan-makanan tersebut, karena mengandung laktosa dan dapat memperburuk diare. Namun, konsumsi yoghurt yang mengandung probiotik justru dianjurkan saat diare.

Memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi saat mengalami diare, sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab bila mengabaikannya, Anda justru akan mengalami efek buruk yang dapat langsung memengaruhi saluran pencernaan Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar