Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumDaftar Minuman Penghilang Rasa Ngantuk yang Efektif Selain Kopi
Kesehatan Umum

Daftar Minuman Penghilang Rasa Ngantuk yang Efektif Selain Kopi

dr. Valda Garcia, 10 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak hanya kopi, deretan minuman ini juga dapat membantu kamu tetap terjaga. Berikut ini beberapa minuman penghilang rasa ngantuk yang bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Minuman Penghilang Rasa Ngantuk yang Efektif Selain Kopi

Kopi adalah minuman sehari-hari, khususnya bagi mereka yang bekerja sepanjang waktu. Si hitam nan pahit dan asam ini dapat mengembalikan semangat serta mengusir rasa kantuk. 

Kopi bisa mengusir kantuk berkat kandungan kafein di dalamnya. Kafein merupakan zat stimulan, yang bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan neurotransmiter. 

Sayangnya, kopi sering menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan asam lambung, GERD, hingga perubahan warna pada gigi. 

Lalu, adakah alternatif lain bagi mereka yang ingin tetap terjaga saat bekerja tetapi ingin menghindari kopi? Ada!

Berikut adalah beberapa minuman penghilang ngantuk selain kopi yang dapat menjadi pilihan kamu:

1. Minuman Cokelat

Ilustrasi Minuman Cokelat

Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. 

Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman penahan kantuk ini tetap mampu membuat kamu lebih terjaga dan segar kembali. 

2. Minuman Berkarbonasi atau Soft Drink

Minuman penghilang ngantuk lainnya adalah soft drink. Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein sebanyak 20 hingga 40 miligram. 

Akan tetapi, kamu perlu waspada karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula. 

Artikel lainnya: Jenis Minuman Ini Dapat Mengatasi Susah Tidur

3. Teh Pekat

Teh juga dapat menjadi alternatif minuman pencegah ngantuk dan sumber asupan kafein. Dalam secangkir teh, terdapat 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang serupa. 

Perlu diingat, hindari penggunaan gula berlebihan saat kamu menyeduh teh. Jika ingin menambah pemanis, lebih baik menggunakan madu daripada gula pada umumnya. 

4. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dapat kamu konsumsi agar tidak ngantuk. Jenis teh ini mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkir. 

Selain efek kafein yang membuat lebih semangat, teh hijau juga dapat meningkatkan mood sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dan senang. 

5. Minuman Berenergi

Ilustrasi Seseorang Menuang Minuman Berenergi ke Gelas

Dalam satu sediaan minuman berenergi, terdapat kafein sebanyak 50 hingga 160 miligram. Jumlah kafein yang cukup banyak ini membuat minuman berenergi sering dipilih oleh mereka yang harus kerja lembur. 

Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering. Pasalnya, terdapat beberapa kandungan di dalam minuman berenergi yang bisa berdampak buruk pada kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Artikel lainnya: Bangkitkan Semangat Anda dengan Pilihan Minuman Sehat Ini

6. Susu Cokelat

Susu cokelat juga termasuk sebagai minuman anti ngantuk, lho! Meski mengandung kafein yang relatif sedikit, susu cokelat tetap dapat membantu kamu merasa lebih segar dan terjaga.

7. Milk Tea

Milk tea alias teh susu bisa menjadi minuman penghilang ngantuk yang dapat kamu jadikan pilihan.

Karena mengandung teh, jenis minuman ini juga memiliki kafein di dalamnya. Oleh karena itu, milk tea dapat membuat tubuh kamu segar dan lebih terjaga.

8. Lemon Honey Tea

Suka yang segar sekaligus bikin melek? Kamu bisa mengonsumsi teh lemon madu atau lemon honey tea.

Jenis minuman ini dapat mengusir rasa kantuk berkat kandungan kafein pada teh yang menjadi campurannya. Kamu pun bisa merasakan manfaat kesegaran yang lebih, karena rasa lemon yang sedikit asam. 

9. Kombucha

Kombucha juga bisa menjadi minuman pencegah kantuk. Kombucha dapat bantu menyegarkan tubuh sekaligus mengusir kantuk berkat kandungan kafein, yang berpadu dengan L-theanin.

10. Minuman Asam

Minuman yang memiliki rasa asam, seperti air dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang kamu alami.

Namun, jika kamu memiliki riwayat asam lambung yang mudah meningkat, sebaiknya perhatikan waktu konsumsinya. 

Lebih disarankan untuk dikonsumsi setelah makan agar tidak memicu peningkatan produksi asam lambung.

Artikel lainnya: Usir Kantuk Tanpa Kopi 

Itu dia minuman penghilang ngantuk selain kopi yang bisa menjadi pilihan kamu. Tetaplah ingat untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya. 

Faktanya, kafein yang berasal dari manapun dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti gemetar, jantung berdebar, masalah tidur, migrain, dan sakit kepala. 

Kondisi tersebut khususnya terjadi jika kamu mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Guna menghindari efek buruk tersebut, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram dalam sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2 hingga 4 cangkir kopi atau teh.

Selain itu, jangan lupa terapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti konsumsi makanan bergizi serta minum air putih dalam jumlah cukup. Hal ini untuk menyeimbangkan efek dari minuman berkafein dalam tubuh. 

Bingung menentukan minuman penghilang ngantuk yang aman bagi kesehatan? Kamu bisa berkonsultasi tentang hal tersebut kepada dokter melalui fitur Tanya Dokter atau di aplikasi KlikDokter.

[RS]

kafeinmengantukkopi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter