Sukses

Ingin Ngemil Lebih Sehat? Perhatikan Waktunya

Kebiasaan ngemil bisa lebih sehat, tidak hanya tergantung dari pilihan makanannya, tetapi juga bagaimana memilih waktu yang tepat. Simak di sini.

Anda gemar ngemil untuk mengganjal perut di saat lapar? Biasanya, apa sih kudapan yang sering dipilih? Meskipun sudah memilih camilan sehat, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk ngemil.

Ya, ngemil atau snacking ternyata tidak selalu identik dengan berat badan yang bertambah. Ada waktu-waktu ngemil yang ternyata malah membawa dampak positif bagi tubuh.

Bukan hanya mengusir rasa lapar, ngemil yang dilakukan pada waktu yang tepat juga dapat mendatangkan manfaat sehat, lho!

Jadi, kapan waktu ngemil sehat yang dianjurkan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Empat Jam Setelah Makan

Anda dianjurkan untuk makan camilan 4 jam setelah makan berat. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil, sehingga Anda tidak kalap di waktu makan berikutnya.

Beberapa pilihan camilan yang bisa dikonsumsi, misalnya sandwich gandum dengan pisang dan mentega almon, granola dari campuran kacang dan buah kering, serta serealia gandum dan biji bunga matahari.

Artikel Lainnya: Tidak Ingin Berat Badan Bertambah? Patuhi Aturan Ngemil Ini!

2. Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga dengan durasi 1 jam atau lebih, Anda dianjurkan untuk makan camilan. Tindakan ini bertujuan agar energi dapat segera pulih.

Jika Anda berolahraga di pagi hari, camilan yang dapat dijadikan pilihan adalah smoothies dari yoghurt rendah lemak, buah-buahan, atau serealia yang dicampur dengan susu rendah lemak.

Jika Anda berolahraga di malam hari, beberapa camilan yang dapat dijadikan pilihan adalah sayuran atau nasi beras merah, ikan, kacang-kacangan, dan buah.

2 dari 3 halaman

3. Sebelum Jamuan Makan Malam

Makanlah camilan sebelum Anda pergi ke acara jamuan makan malam. Karena biasanya, acara tersebut menyajikan makanan yang banyak, enak, dan membuat Anda kalap.

Dengan ngemil sebelum pergi ke jamuan makan malam, Anda akan terhindar dari makan berlebihan, yang dapat mengakibatkan penumpukan kalori di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet

4. Sebelum Tidur Malam

Bukannya bikin gemuk, ngemil sebelum tidur malam dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Tapi, Anda harus benar-benar tepat dalam memilih makanan yang dijadikan camilan.

Misalnya, biji bunga matahari, oatmeal dengan flax seeds atau pisang, popcorn tanpa mentega, atau selembar roti gandum.

Setelah Anda tahu waktu terbaik untuk ngemil, jangan coba-coba untuk “mencuri-curi” kudapan di antara waktu sarapan dan makan siang.

Pasalnya, sebuah penelitian dari The Journal of the American Dietetic Association menyebutkan bahwa orang yang ngemil di waktu tersebut cenderung memiliki keinginan makan camilan beberapa jam kemudian.

Hal ini justru dapat menambah asupan kalori ke dalam tubuh, sehingga peningkatan berat badan tak bisa lagi dihindari.

Yuk, ketahui batas waktu ngemil di atas agar berat badan tetap stabil. Dapatkan informasi seputar pola makan sehat lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter di sini.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar