Sukses

Memetik Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal sereh sebagai rempah untuk memasak. Namun di balik itu, sereh juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Siapa yang tidak suka menikmati segelas teh hangat di musim hujan ini? Apalagi jika dimasukkan sereh ke dalamnya. Selain menambah kaya aroma, tentu juga akan meningkatkan manfaatnya.

Menurut Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, sereh menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari antibakteri, antidiare, hingga antijamur. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat sereh untuk kesehatan.

1 dari 5 halaman

1. Baik untuk Saluran Pencernaan

Kandungan di dalam sereh dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu kandungannya yang baik untuk proses pencernaan makanan adalah citral.

2. Antioksidan

Sereh yang diolah dalam bentuk teh seringkali dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Kandungan sereh dianggap dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam sereh bisa meningkatkan pengluaran urine dari dalam tubuh, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

2 dari 5 halaman

4. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kandungan di dalam sereh juga membantu memperlancar aliran darah sehingga menjaga fungsi hati, termasuk membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Itulah mengapa sereh dapat dimanfaatkan untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Artikel Lainnya: Air Sereh untuk Mengatasi Masalah Asam Lambung, Efektifkah?

5. Membakar Lemak

Ternyata, manfaat sereh dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pencernaan berlangsung lebih cepat dan membakar kalori lebih banyak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam sereh sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

3 dari 5 halaman

7. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam sereh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda.

8. Meredakan Flu

Kandungan sereh memiliki sifat sebagai antibakteri dan antifungal. Alhasil, manfaat sereh dapat membantu mencegah seseorang terkena flu. Konsumsi teh sereh juga dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

9. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan dalam sereh dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat perut terasa lebih nyaman.

4 dari 5 halaman

10. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Kandungan sereh membantu menjaga kadar gula dalam darah agar dapat terkontrol dengan baik. Namun, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan kadar gula dalam darah yang terlalu rendah.

Artikel Lainnya: Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, sebaiknya tetap memperhatikan kadar gula dalam darah agar tidak terlalu rendah.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menikmati sereh? Semuanya ternyata memiliki keuntungan masing-masing. Sereh bisa digunakan dalam bentuk inhaler. Sereh juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kosmetik karena aromanya yang khas dan menenangkan.

Anda dapat menemukan komponen sereh pada sabun, parfum, dan losion antinyamuk. Tak hanya itu, sereh kini juga digunakan sebagai campuran dalam produk pembersih lantai karena efek antimikroba dan antiamuba di dalamnya.

Menurut sebuah studi, sereh kering lebih banyak menyimpan antioksidan di dalamnya ketimbang sereh segar. Menyajikan sereh dengan air panas dibanding air dingin juga dapat melawan radikal bebas dengan lebih maksimal.

Jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cobalah untuk rutin memasukkan sereh ke dalam segelas air hangat lalu diminum. Tak hanya itu, apabila Anda sedang demam, minum teh sereh hangat setiap empat jam sekali juga dapat membuat demam lebih cepat turun.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sereh memang juaranya. Jika Anda senang berkebun, tak ada salahnya untuk mencoba menanam sereh di pekarangan rumah. Selamat menikmati manfaat sereh!

Masih punya pertanyaan seputar manfaat sereh? Tanya langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam di  aplikasi KlikDokter.

[FY]

2 Komentar