Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi14 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatanmu
Diet dan Nutrisi

14 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatanmu

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 09 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering digunakan sebagai bahan masakan, ternyata sereh menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Ini 14 manfaat sereh yang perlu kamu tahu.

14 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatanmu

Sereh biasa digunakan sebagai bahan masakan. Tumbuhan ini juga dimanfaatkan untuk menambah cita rasa dan aroma minuman hangat, seperti teh atau wedang secang.

Siapa sangka, meski kerap berperan sebagai pelengkap, serai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat sereh untuk kesehatan bisa bantu mengobati infeksi mulut dan gigi hingga membantu menurunkan berat badan. Di bawah ini 14 manfaat sereh yang perlu kamu tahu.

1. Mengobati Masalah Mulut dan Gigi

Serai mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. 

Menurut penelitian yang diterbitkan melalui Journal of Contemporary Dental Practice, senyawa antimikroba dalam minyak esensial serai sanggup melawan Streptococcus mutans.  Streptococcus mutans  adalah bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi mulut dan kerusakan gigi.

Artikel Lainnya: Benarkah Mengonsumsi Serai Bisa Meredakan Batuk?

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah kondisi yang dapat memicu beragam masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke

Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, senyawa utama dalam serai, yaitu citral dan geranial berperan sebagai agen antiperadangan. Keduanya diduga bisa membantu menghentikan peradangan tertentu di tubuh kamu.

3. Baik untuk Saluran Pencernaan

Apabila kamu mengalami masalah pencernaan, cobalah minum teh serai. Khasiat sereh dapat membantu mengatasi gangguan cerna, seperti sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Sebuah riset pada hewan yang dilakukan Journal of Young Pharmacists menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

4. Mengeluarkan Racun

Teh serai dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Selain berperan melawan radikal bebas, minum teh sereh dianggap dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

5. Bantu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat serai untuk kesehatan berperan sebagai zat diuretik. Artinya, serai bisa membuat kamu lebih sering buang air kecil. 

Khasiat ini berasal dari kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam sereh. Nah, peningkatan pengeluaran urine bisa menjaga tekanan darah tetap terkontrol. 

Sebuah riset menyebutkan bahwa teh serai bermanfaat menurunkan tekanan darah sistolik. Meski begitu, teh serai menyebabkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah diastolik dan penurunan detak jantung.

Karenanya, jika kamu memiliki masalah jantung, disarankan untuk menggunakan serai secukupnya.

6. Mengeluarkan Kelebihan Cairan dan Natrium 

Sebagai zat diuretik, serai bisa membantu membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. 

Diuretik sering diresepkan oleh dokter untuk mendukung pengobatan gagal jantung, gagal hati, atau edema (pembengkakan bagian tubuh).

7. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Sereh selama ini kerap digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan di dalam sereh diyakini bisa membantu memperlancar aliran darah, menjaga fungsi hati, dan membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

Menurut riset yang dimuat Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, ekstrak minyak serai berperan menurunkan kolesterol hewan. Namun, tetap diperlukan studi lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat daun sereh satu ini.

8. Bantu Turunkan Berat Badan

Teh serai digunakan sebagai detoks untuk mendukung proses metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Khasiat ini tidak lepas dari kemampuan sereh sebagai diuretik. 

Minum teh sereh tanpa gula dalam jumlah cukup disertai dengan pola diet sehat dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Agar manfaatnya optimal, hindari minuman ringan dan minuman manis selama menjalani diet, ya!

9. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam sereh sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Konsumsi rutin ekstrak sereh terbukti dapat memelihara kecantikkan kulit dan rambut secara alami.

10. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam sereh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kamu. Berbagai kandungan antioksidan di dalam sereh juga diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh.

11. Meredakan Hidung Tersumbat

Apakah kamu mengalami pilek disertai hidung tersumbat? Cobalah minum teh serai.

Konsumsi teh sereh dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat. 

Artikel Lainnya: Manfaat Serai untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

12. Meredakan Nyeri Haid

Teh serai dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat perut terasa lebih nyaman. Serai kerap pula digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram menstruasi dan kembung ketika haid. 

Meskipun belum ada penelitian yang mengkaji secara langsung manfaat serai dalam meredakan nyeri haid, diduga khasiat ini berasal dari kandungan senyawa antiperadangan sereh.

13. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Kandungan sereh dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap terkontrol. Namun, konsumsi serai berlebihan juga dapat menyebabkan kadar gula darah terlalu rendah. 

Oleh karena itu, bagi kamu penderita diabetes, sebaiknya gunakan serai secukupnya.

14. Mengurangi Risiko Kanker 

Senyawa citral dan beberapa komponen dalam serai diduga bisa berperan sebagai agen antikanker. Kandungan ini diduga bisa melawan beberapa jenis keganasan.

Cara kerjanya adalah dengan mematikan sel kanker secara langsung maupun meningkatkan sistem kekebalan sehingga meningkatkan kemampuan tubuh kamu dalam melawan kanker.

Untuk memperoleh sederet manfaat sereh untuk kesehatan di atas, kamu bisa menggunakan sereh dalam bentuk inhaler atau ekstrak teh. Gunakanlah sereh kering karena diyakini lebih banyak menyimpan antioksidan ketimbang sereh segar. 

Selain itu, sereh yang dicampur air panas juga dapat melawan radikal bebas lebih maksimal. Yuk, #JagaSehatmu dengan rutin minum air hangat bersama serai agar daya tahan tubuh lebih baik dalam menangkal berbagai penyakit.

Apabila kamu punya pertanyaan terkait manfaat herba lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter kami melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter. Ikuti informasi seputar manfaat obat-obatan herbal lainnya dengan download aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Sereh

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter