Sukses

Memetik Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Tak hanya ditemui pada makanan, sereh kini juga terdapat pada kosmetik. Apa saja manfaat tanaman ini bagi kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak suka menikmati segelas teh hangat di musim hujan ini? Apalagi jika dimasukkan sereh ke dalamnya. Selain menambah kaya aroma, tentu juga akan meningkatkan manfaatnya.

Menurut Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, sereh menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari antibakteri, antidiare, hingga antijamur. Selain itu, ada beberapa khasiat lainnya yang masih dalam penelitian, di antaranya antimalaria, antioksidan, penurun kadar gula darah, dan perangsang aktivitas saraf otak.

Di beberapa negara, sereh bahkan sudah menjadi bagian dari pengobatan. Seperti demam, rematik, nyeri sendi, gangguan pencernaan, dan gangguan saat haid.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menikmati sereh? Semuanya ternyata memiliki keuntungan masing-masing. Misalnya, sereh dalam bentuk inhaler diteliti ampuh dalam mengatasi bakteri penyebab batuk dan virus flu, sembelit, sakit kepala, pneumonia, dan sakit perut.

Sereh juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kosmetik karena aromanya yang khas dan menenangkan. Anda dapat menemukan komponen sereh pada sabun, parfum, dan losion antinyamuk. Tak hanya itu, sereh kini juga digunakan sebagai campuran dalam produk pembersih lantai karena efek antimikroba dan antiamuba di dalamnya.

Berdasarkan sebuah jurnal penelitian, pengolahan sereh yang dikeringkan mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding sereh yang segar. Cara penyajian sereh juga dapat membedakan kadar antioksidannya. Penyajian sereh dengan air panas lebih banyak menangkal radikal bebas dibanding penyajian dengan air dingin.

Bila ingin daya tahan tubuh terus kuat serta memiliki kulit yang bercahaya, mulailah untuk menambahkan sereh pada segelas teh hangat yang biasa Anda minum.

Bahkan, di dalam buku laris Heinerman’s Encyclopedia of Healing Herbs & Spices, John Heinerman menyarankan sereh bagi penderita demam. Minumlah segelas teh sereh hangat setiap 4 jam sekali agar demam cepat turun.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sereh memang juaranya. Jika Anda senang berkebun, tak ada salahnya untuk mencoba menanam sereh di pekarangan rumah. Selamat menikmati manfaat sereh!

[RS/ RVS]

1 Komentar