Kulit

Ini Kiat Mudah Bikin Rambut Sehat dan Tebal

Gerardus Septian Kalis, 28 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sama seperti keahlian, untuk mendapatkan rambut sehat dan tebal juga perlu konsistensi.

Ini Kiat Mudah Bikin Rambut Sehat dan Tebal

Rambut sehat, tebal, dan mudah ditata tentu menjadi idaman banyak orang. Sebagai aset yang mendukung penampilan, permasalahan rambut dalam bentuk apa pun kerap membuat orang tak percaya diri. Mulai dari persoalan rambut tipis hingga rambut berminyak.  

Sebenarnya, rahasia dari rambut sehat cukup simpel. Rambut sehat ditentukan dari makanan yang Anda konsumsi, minyak alami di kulit kepala, dan produk apa yang Anda gunakan pada rambut. Berikut ini beberapa kiat untuk mendapatkan rambut yang memesona.  

1. Jangan biarkan rambut Anda terlalu kering

Banyak orang menganggap rambut berminyak sebagai hal buruk. Namun, kulit kepala yang memproduksi kelenjar minyak pada dasarnya adalah sesuatu yang baik. “Sebum (kelenjar minyak) bagus untuk rambut karena membuat kulit kepala tetap lembut,” kata dr. Janet Prystowsky, dermatolog berpengalaman yang berbasis di New York.

Meski demikian, dr. Prystowsky menegaskan bahwa produksi sebum yang berlebih membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan sisik tebal, yang semuanya dapat membuat rambut rontok. Jika rambut Anda tidak terlalu berminyak, bilaslah secara sederhana, karena akan menjaga minyak alami tanpa mengeringkan kulit kepala.

2. Fokus pada makanan, bukan suplemen

Diet seimbang dengan jumlah sayuran, protein dan buah yang cukup adalah hal-hal yang Anda butuhkan untuk membuat rambut tetap sehat dan tebal.

Menurut dr. Prystowsky, vegetarian dan vegan harus proaktif terhadap asupan proteinnya untuk mengimbangi kurangnya asupan protein dari daging. Protein sangat penting untuk rambut agar lebih kuat.

3. Hindari terlalu sering menggunakan sampo

Keramas jangan dilakukan terlalu sering. Lakukan saja saat rambut dan kulit kepala Anda sangat berminyak.

Terlalu sering menggunakan sampo bisa membuat rambut kering dan menghilangkan minyak alami pada kulit. Sampoan yang ideal adalah setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

4. Aplikasikan jus jeruk pada rambut

Jus jeruk adalah salah satu hal terbaik yang dapat membuat rambut Anda tebal dan segar. Selain itu, jeruk juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

Cara mengaplikasikannya: iris jeruk lalu masukkan ke blender sampai halus. Oleskan jeruk yang sudah halus pada rambut Anda. Diamkan selama tiga puluh menit, kemudian baru dibilas. Lakukan aktivitas ini seminggu sekali untuk membuat rambut lebih tebal.

5. Manfaatkan minyak kelapa

Jangan lupakan minyak kelapa jika ingin mendapatkan rambut yang tebal. Protein yang terdapat pada minyak kelapa bertanggung jawab untuk membuat rambut lebih kuat, sama seperti protein dalam telur yang baik untuk merawat rambut tipis. Lakukan sedikit pijatan pada kulit kepala saat pemberian minyak.

Akan lebih baik jika kepala ditutup dengan handuk panas. Handuk panas memastikan minyak kelapa tetap panas saat menembus batang rambut. Biarkan selama tiga puluh menit, kemudian bilas dan cuci dengan sampo. Cara ini bisa diulang dalam beberapa kali.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut sehat dan tebal. Mudah dan tak perlu menguras dompet. Biarkan rambut Anda menjadi salah satu kunci pesona dan semangat hari-hari Anda!

[RS/ RVS]

Perawatan RambutRambut SehatRambut Tebal

Konsultasi Dokter Terkait