Sukses

Ini Cara Meningkatkan Testosteron Secara Alami

Testosteron adalah hormon penting bagi pria. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh secara alami.

Testosteron merupakan hormon seks utama pada pria, meski begitu pada wanita juga terdapat hormon testosteron dalam jumlah kecil. Hormon ini diproduksi oleh testis pria dan ovarium wanita. 

Kadar hormon testosteron dapat berfluktuasi seiring dengan bertambahnya usia. Kadar hormon testosteron yang optimal penting untuk menjaga kesehatan, menurunkan berbagai risiko penyakit, hingga fungsi seksual. Lalu, adakah cara meningkatkan kadar testosteron secara alami?

1 dari 2 halaman

Cara Meningkatkan Testosteron Secara Alami

Testosteron adalah hormon yang sangat penting bagi pria. Selain bertanggung jawab terhadap fungsi seksual, testosteron juga berperan penting untuk menjaga otot dan tulang agar tetap kuat. Tak hanya itu, hormon ini bahkan memiliki peran penting untuk membentuk kebiasaan tertentu yang dilakukan oleh laki-laki.

Agar kadar hormon testosteron tercukupi, lakukan beberapa cara meningkatkan testosteron secara alami berikut ini: 

  1. Olahraga

Selain efektif untuk mencegah berbagai penyakit, olahraga juga merupakan salah satu cara menambah hormon testosteron pria. Menurut penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Applied Physiology, disebutkan bahwa berolahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar hormon testosteron termasuk pada lansia.

Artikel Lainnya: 6 Bahan Makanan Ini Tingkatkan Kadar Testosteron Anda

Pada jurnal tersebut dilaporkan bahwa olahraga angkat beban merupakan salah satu pilihan olahraga yang dapat meningkatkan hormon testosteron. 

  1. Konsumsi Protein, Lemak, dan Karbohidrat

Makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada pembentukan hormon di dalam tubuh, termasuk hormon testosteron. Oleh karena itu, pola makan dan asupan kalori penting untuk diperhatikan.

Menurut studi yang dilansir dari International Journal of Sports Physiology and Performance, makan berlebihan atau melakukan diet ekstrem dapat memengaruhi kadar hormon testosteron.

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan pembentukan hormon testosteron adalah dengan mengonsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat secara seimbang.

  1. Hindari Stres

Cara meningkatkan testosteron secara alami selanjutnya adalah menghindari stres. Penelitian di jurnal Psychiatry Investigation di tahun 2016 melaporkan bahwa stres yang kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Stres bisa meningkatkan kadar hormon kortisol dan menurunkan kadar hormon testosteron.

Artikel Lainnya: Ini Akibatnya Jika Kadar Testosteron Pria Terlalu Tinggi

Studi yang dilakukan pada 58 pria dan wanita mahasiswa kedokteran tersebut, meneliti dampak stres terhadap kadar hormon testosteron. Hasilnya, mahasiswa yang sedang stres mengalami penurunan kadar hormon testosteron. 

  1. Konsumsi Vitamin 

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Hormone and Metabolic Research, menyebutkan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dapat memperbaiki kekurangan vitamin D di dalam tubuh dan meningkatkan kadar hormon testosteron.

Anda juga dapat memperoleh vitamin D secara alami dari paparan sinar matahari selama 15 menit setiap harinya. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan berlemak (salmon dan makerel), susu, dan produk sereal yang telah difortifikasi juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D Anda. 

Artikel Lainnya: Onani atau Masturbasi pada Pria Pengaruhi Kadar Testosteron?

  1. Jaga Berat Badan Ideal

Pria yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang lebih rendah. Penelitian dalam jurnal Clinical Endocrinology melaporkan, pria obesitas antara usia 14-20 tahun memiliki kadar hormon testosteron 50% lebih rendah dibandingkan pria yang memiliki berat badan normal. 

Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal dapat menjadi salah satu cara meningkatkan testosteron secara alami yang patut untuk Anda coba.

  1. Istirahat yang Cukup

Kurang beristirahat dapat memengaruhi kadar hormon di dalam tubuh, termasuk hormon testosteron. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago di Amerika Serikat melaporkan, pria yang kurang tidur mengalami penurunan kadar hormon testosteron.

Penelitian ini dilakukan pada 10 pria sehat berusia 24 tahun yang menghabiskan tidur 8 jam setiap malam selama 1 minggu. Kemudian, partisipan tidur selama 5 jam setiap harinya selama 11 hari.

Hasilnya, saat partisipan diperiksa, kadar testosteron mereka mengalami penurunan yang drastis setelah tidur selama 5 jam dalam 11 hari. Untuk itu, usahakan tidur cukup paling tidak 7-8 jam setiap harinya. 

Seiring dengan bertambahnya usia, penurunan kadar hormon testosteron dapat terjadi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa cara meningkatkan hormon testosteron secara alami di atas.

Apabila memiliki pertanyaan seputar cara meningkatkan hormon testosteron dan kesehatan organ reproduksi pria lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar