Sukses

Manfaat Konsumsi Makanan Fermentasi untuk Kesehatan

Makanan yang dibuat dengan proses fermentasi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Fermentasi merupakan sebuah proses yang melibatkan penguraian gula oleh bakteri dan ragi. Selain dapat membantu meningkatkan pengawetan makanan, proses tersebut juga memperbanyak jumlah bakteri baik di usus.

Barangkali fermentasi bukanlah istilah yang begitu asing untuk kita dengar. Banyak produk yang diolah dengan metode fermentasi yang dapat kita temukan setiap hari. Namun, mungkin belum kita konsumsi secara rutin karena kurangnya kesadaran akan pentingnya hal tersebut.

Lalu, apa sajakah manfaat makanan fermentasi untuk kesehatan tubuh? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 2 halaman

Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan

Beberapa jenis makanan dan minuman hasil fermentasi yang banyak digemari adalah tempe, yoghurt hingga kimchi. Berikut beberapa manfaat makanan fermentasi yang bisa Anda dapatkan: 

1. Merangsang Pertumbuhan Bakteri Baik

Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah melalui proses fermentasi akan menguntungkan sistem pencernaan Anda. Probiotik telah terbukti menjaga kesehatan usus, membantu proses pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Pasalnya, ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat menyebabkan intoleransi laktosa, intoleransi gluten, infeksi jamur, alergi, bahkan asma.

Artikel Lainnya: 6 Makanan Probiotik Selain Yoghurt yang Baik untuk Pencernaan

2. Menyerap Nutrisi Makanan Lebih Baik

Manfaat makanan fermentasi berikutnya adalah mampu membantu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Makanan berfermentasi dapat menjaga keseimbangan bakteri di usus dengan tepat, serta membuat enzim pencernaan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. 

Memadukan hal tersebut dengan diet makanan sehat akan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

3. Membuang Racun dalam Tubuh

Makanan dan minuman fermentasi adalah sumber nutrisi yang baik untuk membantu proses detoksifikasi. 

Kandungan asam dan bakteri dalam pangan fermentasi ampuh untuk meluluhkan berbagai jenis racun dan logam berat dalam tubuh seperti merkuri dan aluminium.

4. Mendukung Kekebalan Tubuh

Beberapa ahli menganggap usus sebagai organ yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan di seluruh tubuh. 

Peradangan kronis yang terkait dengan penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes dapat dimulai dari bakteri pada usus. Jadi, jangan sepelekan manfaat makanan fermentasi untuk tubuh Anda. 

Artikel Lainnya: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Probiotik?

5. Melawan Kanker Prostat

Manfaat makanan fermentasi lainnya adalah dapat melawan kanker. Itu karena makanan fermentasi kaya akan vitamin K2. Sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin K2 dapat mengurangi risiko kanker prostat.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion on Lipidology pada tahun 2006 mengungkap susu yang telah melalui tahap fermentasi bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi

7. Meningkatkan Mood

Manfaat makanan fermentasi terakhir yang tak disangka adalah dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Saluran pencernaan dengan otak dapat saling berhubungan karena adanya hypothalamic-pituitary-adrenal axis (HPA axis). 

Apa yang terjadi pada saluran pencernaan dapat mengirimkan sinyal yang disampaikan oleh sel saraf sehingga dapat memengaruhi emosi dan perasaan seseorang. Salah satu hormon yang memiliki peranan adalah serotonin.

Mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang sudah melewati proses fermentasi ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Kendati demikian, tetap perhatian jumlah atau takarannya, ya. Selamat mencoba!

Apabila Anda masih punya pertanyaan mengenai manfaat makanan fermentasi, silakan konsultasikan langsung pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar