Sukses

Minyak Kelapa Lancarkan Persalinan, Mitos atau Fakta?

Mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama hamil dipercaya dapat melancarkan persalinan. Benarkah ini?

Masyarakat Indonesia erat dengan tradisi dan kepercayaan seputar berbagai masalah kesehatan, termasuk kehamilan dan persalinan. Salah satu yang mungkin akrab di telinga para ibu hamil adalah untuk mengonsumsi minyak kelapa. 

Minyak kelapa digadang-gadang mampu membantu kelancaran persalinan. Jangan heran bila saran ini akan Anda terima bila Anda sedang hamil, terutama saat memasuki trimester ketiga menjelang persalinan. 

Minyak kelapa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi, sejauh mana manfaat minyak kelapa untuk melancarkan persalinan? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.  

1 dari 3 halaman

Bagaimana Tanggapan Medis Mengenai Hal Ini?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Anda perlu tahu faktor-faktor yang memengaruhi proses persalinan itu sendiri. Terdapat setidaknya tiga faktor utama yang memengaruhi proses persalinan, yakni:

  1. Kekuatan untuk mengejan serta kekuatan kontraksi rahim 
  2. Ukuran serta bentuk panggul ibu  
  3. Besar bayi 

Artikel Lainnya: Penting! Cara Tepat Mengejan Saat Melahirkan

Bersama-sama, seluruh faktor ini kerap dikenal dengan 3P dalam persalinan. Seorang ibu hamil harus memenuhi ketiga faktor di atas untuk dapat melahirkan secara spontan atau normal. 

Ibu harus cukup energi saat mengejan dan kontraksi rahimnya pun harus efektif dan cukup kuat untuk mendorong janin serta memicu pembukaan leher rahim (serviks). 

Selain itu, ukuran dan bentuk panggul ibu pun harus cukup untuk dilalui oleh bayi. Demikian pula dengan berat janin. Janin tidak boleh terlampau besar agar dapat melewati panggul ibu dengan mulus. 

Apabila satu dari tiga faktor tersebut ada yang tidak memenuhi syarat, misalnya ibu yang kelelahan, panggul ibu sempit, atau bayi terlampau besar, maka persalinan akan berlangsung lebih lama dan cenderung lebih sulit. 

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Lantas, apakah mengonsumsi minyak kelapa dapat menolong proses persalinan ini? Nyatanya, hingga saat ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat melancarkan persalinan.

Hal ini karena minyak kelapa yang diminum akan masuk ke dalam saluran pencernaan, sementara proses persalinan berlangsung di saluran reproduksi wanita (vagina). Keduanya merupakan saluran yang berbeda dan tidak berhubungan, sehingga minyak kelapa tak dapat serta merta melancarkan proses persalinan.

Apabila satu atau lebih faktor dari 3P di atas tidak terpenuhi, maka sekalipun Anda minyak kelapa dengan rutin, persalinan akan tetap relatif lebih sulit. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

Sekalipun minyak kepala tidak terbukti dapat melancarkan persalinan, bukan berarti ibu hamil tak boleh mengonsumsi minyak kelapa. Faktanya, minyak kelapa mengandung banyak manfaat bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah

  1. Sumber Lemak 

Minyak kelapa merupakan salah satu sumber lemak yang baik. Lemak diperlukan untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Artikel Lainnya: Agar Sukses Persalinan Normal, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Tahu

  1. Sumber Energi 

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil adalah sebagai sumber energi. Energi ini diperlukan oleh ibu hamil dalam beraktivitas dan juga saat persalinan agar ibu mendapat kekuatan untuk mengejan.

  1. Membantu Mengurangi Stretch Marks

Ibu hamil acap kali mengkhawatirkan stretch marks yang muncul akibat peregangan kulit karena kehamilan. Menggunakan minyak kelapa di kulit sekitar perut dapat mencegah terjadinya stretch marks di kemudian hari. 

Meski demikian, Anda tetap tidak boleh minum minyak kelapa sembarangan. American Heart Association menyebutkan batas aman konsumsi minyak kelapa dalam sehari adalah 13 gram atau setara dengan satu sendok makan. 

Meski tidak dapat membantu melancarkan persalinan secara langsung, ada beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil sehingga minyak kelapa tetap boleh dikonsumsi oleh para ibu hamil. 

Jangan lupa untuk kontrol kehamilan Anda secara rutin, untuk memantau perkembangan janin dan kehamilan Anda. Baca informasi dan artikel lainnya mengenai kehamilan di aplikasi KlikDokter

[FY]

1 Komentar