Sukses

Kiat Memberikan Finger Food untuk Si Kecil

Saat Anda memberikan finger food pada si Kecil, pastikan bahwa makanan tersebut kaya nutrisi dan aman bagi pencernaannya.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah diberikan Air Susu Ibu (ASI) selama enam bulan – yang diteruskan hingga dua tahun, si Kecil pun siap diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Sebagai orang tua, Anda tentu bersemangat menghadapi masa ini. Namun banyak pula orang tua yang bingung, terutama dalam memilih metode pemberian MPASI. Beberapa juga bertanya-tanya, kapan anak boleh makan finger food?

Pada masa awal MPASI, Anda dapat memberikan makanan kepada bayi dengan cara menyuapi. Biasanya, MPASI dimulai dengan memberikan makanan cair yaitu bubur yang dihancurkan menggunakan blender atau disaring.

Namun saat memasuki usia delapan bulan, anak biasanya sudah mulai menggapai sendok di tangan Anda. Pada saat itu, sistem pencernaan anak juga sudah mulai semakin kuat, sehingga ia sudah mampu mengonsumsi makanan yang lebih padat. Beberapa giginya pun sudah mulai tumbuh.

Nah, semua hal itu dapat menjadi pertanda bahwa anak sudah siap makan dengan metode finger food. Memberikan finger food dapat melatih kemandirian dan mengasah kemampuan motorik halus si Kecil. Berikut ini beberapa contoh makanan yang dapat dijadikan finger food:

1. Telur

Makanan sumber protein ini baik sebagai finger food. Anda dapat menyajikannya dengan merebus dan membelah telur menjadi dua. Atau, Anda dapat membuat telur orak-arik.

2. Buah

Anak biasanya menyukai buah karena rasanya manis. Anda dapat memberikan buah seperti pisang, alpukat, mangga, pir, dan semangka. Pastikan buahnya matang dan cukup lunak.

3. Sayur

Sayur merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Salah satu sayur yang kaya nutrisi dan cocok dijadikan finger food adalah brokoli. Brokoli adalah sayuran dengan tekstur yang tepat untuk si Kecil. Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, Anda dapat mengukus brokoli. Selain itu, Anda dapat memberikan wortel, kentang, ubi manis, kembang kol, dan buah bit

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Pasta

Ada berbagai macam bentuk pasta, sehingga anak-anak biasanya menyukai pasta. Anda hanya perlu merebus sumber karbohidrat ini.

5. Keju

Keju juga baik untuk anak. Anda dapat memberikan keju yang sudah Anda potong kecil-kecil, atau memberikan keju lembaran kepada anak.

6. Daging

Makanan sumber protein bisa didapatkan dari ayam ataupun daging sapi. Anda sebaiknya merebus daging sampai empuk, kemudian potong kecil-kecil.

Anda perlu memperhatikan cara menyiapkan finger food seperti penjabaran di atas. Finger food sebaiknya cukup lunak sehingga mudah dikunyah, namun cukup keras agar dapat dipegang oleh si Kecil. Makanan-makanan yang diberikan kepada anak juga harus memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar