Sukses

Cek Kondisi Kesehatan Anda dari Warna Lidah

Warna lidah dapat menggambarkan kondisi kesehatan yang Anda alami lho.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya berperan penting dalam menentukan rasa, lidah ternyata juga bisa menggambarkan perubahan kondisi kesehatan Anda. Cara mengenali kesehatan tubuh dapat terlihat dari warna lidah itu sendiri.

Menurut drg. Arni Maharani, perubahan warna pada lidah biasanya juga disertai dengan gejala dan gangguan kesehatan lainnya. Jika tubuh Anda sehat, warna lidah biasanya merah muda dengan papilla, atau tonjolan-tonjolan pada lidah, yang berukuran kecil.

Nah, jika lidah menunjukkan warna lain, Anda patut waspada. Bisa jadi, kesehatan Anda sedang terganggu. Warna-warna tersebut di antaranya adalah.

1. Merah terang

Kondisi ini menunjukkan bahwa tubuh kekurangan vitamin B dan zat besi. Kedua vitamin ini bertanggung jawab atas energi, pertumbuhan sel, dan berfungsinya sistem saraf dengan tepat. Zat besi bisa Anda temukan pada daging merah, ikan dan kacang-kacangan.

2. Pucat

Kondisi ini menandai bahwa darah Anda kekurangan hemoglobin. Hemoglobin bertanggung jawab untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika hemoglobin tidak cukup, hal ini akan menyebabkan kelelahan bahkan kelesuan.

Selain itu, lidah pucat juga bisa menunjukkan sariawan oral, yang merupakan jenis infeksi jamur. Untuk mengatasi hal ini, yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi (banyak terdapat pada daging dan hati).

3. Ungu atau kebiruan

Lidah yang berwarna ungu atau kebiruan bisa berarti peredaran darah tidak berjalan dengan baik. Kurangnya sirkulasi ini bisa dengan cepat berubah menjadi kelesuan dan mengganggu kesehatan emosional, bahkan pada beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan depresi.

Selain itu, lidah ungu juga terlihat pada seseorang dengan kolesterol tinggi dan masalah jantung. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi lemon, melon atau mentimun. Tak ada salahnya Anda menambahkan bahan hangat ke dalam makanan seperti bawang putih, jahe dan ketumbar.

4. Hitam

Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, memiliki tampilan fisik lidah yang hitam adalah sesuatu yang tak sedap dipandang. Warna hitam ini bisa disebabkan dari penggunaan tembakau, antibiotik atau obat pencernaan yang berlebihan.

Untuk memperbaiki hal ini, Anda hanya perlu menyikat gigi dan berkumur lebih sering untuk menghilangkan bakteri. Konsultasikan dengan dokter apabila warna hitam pada lidah bertahan lebih dari 10 hari.

5. Kuning

Warna kuning ini disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di lidah. Warna ini juga menandakan panas tubuh berlebih yang bisa disebabkan oleh konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau stres.

6. Putih

Lidah putih bisa menjadi tanda bahwa Anda dehidrasi, sariawan oral, atau leukoplakia, yang merupakan pertumbuhan sel yang berlebihan akibat merokok atau iritasi lidah lainnya. Warna putih biasanya dikarenakan adanya bakteri dan sel-sel mati yang terdapat pada lidah.

7. Cokelat

Seseorang yang mempunyai lidah berwarna cokelat atau coklat gelap, kemungkinan orang tersebut mengidap kanker (melanoma). Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat.

Selain itu, orang tersebut akan mengalami rasa seperti terbakar, bengkak, ketidakmampuan dalam mencicipi sesuatu, gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah.

Dengan mengecek warna lidah, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda. Jika terdapat ciri-ciri atau gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar