Sukses

Cek Kondisi Kesehatan Anda dari Warna Lidah

Perubahan warna lidah dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Cek kondisi kesehatan Anda lewat beberapa warna lidah berikut.

Tak hanya berperan penting dalam menentukan rasa, ternyata lidah juga bisa menggambarkan perubahan kondisi kesehatan seseorang. Anda dapat mengenalinya dengan melihat warna lidah itu sendiri.

Perubahan warna pada lidah dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya. Adanya perubahan tersebut biasanya juga disertai dengan gejala dan gangguan kesehatan lainnya.

1 dari 2 halaman

Warna Lidah Gambarkan Kondisi Kesehatan

Warna lidah yang normal adalah merah muda. Ciri lain dari lidah yang sehat adalah adanya papila atau tonjolan-tonjolan yang berukuran kecil. Ini merupakan nodul kecil yang membantu Anda dalam mencicipi suatu rasa.

Jika lidah menunjukkan terjadinya perubahan warna, sebaiknya Anda perlu waspada. Bisa jadi, kesehatan Anda sedang terganggu. Oleh karena itu, kenali warna-warna lidah di bawah ini:

Artikel Lainnya: 7 Kelainan Lidah yang Perlu Anda Waspadai

1. Hitam

Memiliki lidah yang berwarna hitam memang sesuatu yang tak sedap dipandang mata. Penumpukan keratin dapat menyebabkan warna lidah menjadi hitam. Keratin adalah protein yang terdapat pada kulit, rambut, dan kuku.

Penumpukkan ini berasal dari kebersihan mulut yang kurang baik, konsumsi obat-obatan tertentu, penggunaan tembakau, atau terapi radiasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah yang berwarna hitam bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan yang serius, seperti diabetes atau HIV.

2. Putih

Lidah berwarna putih atau pucat dengan bercak putih yang timbul bisa disebabkan oleh infeksi jamur, seperti sariawan oral. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan bercak tebal, putih, atau merah di lidah.

Penyebab lain lidah berwarna putih adalah leukoplakia yang menyebabkan bercak putih atau plak terbentuk di lidah. Warna putih biasanya dikarenakan adanya bakteri dan sel-sel mati yang terdapat pada lidah. Hal ini sering terjadi akibat kebiasaan merokok.

3. Ungu

Warna lidah berwarna ungu bisa terjadi karena sirkulasi darah yang tidak berjalan dengan baik. Kurangnya sirkulasi ini bisa dengan cepat berubah menjadi kelesuan dan mengganggu kesehatan emosional, bahkan pada beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan depresi.

Artikel Lainnya: 5 Penyakit Serius Penyebab Lidah Berwarna Putih

Selain itu, kondisi ini juga sering terlihat pada seseorang dengan kolesterol yang tinggi dan masalah jantung.

4. Merah

Lidah juga bisa menjadi merah dan bergelombang. Kondisi ini dapat mengindikasikan bahwa seseorang kekurangan vitamin B atau zat besi. Kedua vitamin ini bertanggung jawab atas energi, pertumbuhan sel, dan berfungsinya sistem saraf.

Tak hanya itu, warna lidah yang merah dan bergelombang juga bisa mengindikasikan adanya suatu peradangan pada lidah atau glossitis. Dalam kasus yang jarang terjadi, ciri-ciri lidah tersebut juga dapat menjadi tanda penyakit Kawasaki. Kondisi ini dikenal dengan istilah lidah stroberi atau strawberry tongue.

5. Kuning

Warna lidah yang kuning umumnya disebabkan oleh hasil dari pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di lidah. Warna ini juga menandakan panas tubuh berlebih yang bisa disebabkan oleh konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau stres.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Radang Permukaan Lidah yang Tak Boleh Anda Abaikan

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah kuning dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang serius. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa lidah kuning bisa menjadi tanda diabetes. Penyebab lain lidah berwarna kuning adalah penyakit kuning.

6. Biru

Perubahan warna lidah menjadi biru dapat mengindikasikan kurangnya oksigen dalam darah. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya oksigen di paru-paru, kelainan darah, penyakit pembuluh darah, atau penyakit ginjal.

Oleh karena itu, tingkat oksigen yang rendah dalam darah membutuhkan perhatian medis segera.

7. Cokelat

Warna lidah berwarna cokelat atau cokelat gelap disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selain itu, perubahan warna lidah ini bisa menunjukkan kemungkinan orang tersebut mengidap penyakit kanker.

Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat. Misalnya rasa seperti terbakar, bengkak, ketidakmampuan dalam mencicipi sesuatu, gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah.

8. Oranye

Ketika lidah berubah warna menjadi oranye, kebersihan mulut yang kurang baik dan mulut yang kering bisa menjadi faktornya. Penggunaan antibiotik dan makanan tertentu yang mengandung beta-karoten tinggi, seperti wortel, juga bisa mengubah warna lidah menjadi oranye.

9. Hijau

Penumpukan bakteri dapat mengubah warna lidah menjadi hijau. Kondisi ini bisa menunjukkan adanya suatu infeksi jamur pada mulut.

Itulah beberapa warna lidah yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Jika Anda memiliki salah satu perubahan warna, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Anda juga dapat menggunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

[WA/ RS]

1 Komentar