Sukses

Tanda Anda dan Pasangan Sebaiknya Mengakhiri Hubungan Kalian

Hubungan cinta memang tak selalu berjalan mulus. Ketahui tanda-tanda hubungan tidak sehat dan kapan sebaiknya harus diakhiri.

Setiap pasangan tentu ingin memiliki hubungan yang berjalan dengan baik, serius dan berakhir bahagia. Kenyataannya, dalam menjalani hubungan, khususnya berpacaran, sering kali tidak semulus dan seindah yang dibayangkan. Ada kalanya hubungan tidak sehat terjadi, sehingga lebih banyak mendatangkan masalah.

Lalu, bagaimana mengetahui apakah sebuah hubungan masih layak dipertahankan atau sebenarnya sudah harus diakhiri? Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi pertimbangan Anda.

Tidak Ada Rasa Saling Percaya

Saling percaya merupakan fondasi dalam sebuah hubungan. Sekali saja ada kebohongan, maka akan sulit untuk merasa percaya pada pasangan. Dan bila tidak ada lagi rasa saling percaya, suatu hubungan akan sulit untuk terus berjalan.

1 dari 6 halaman

Bertengkar untuk Hal-Hal Kecil

Dalam hubungan pasti ada perselisihan. Hal itu wajar saja. Bahkan ada pasangan yang lebih sering berselisih paham dibandingkan pasangan lain. Namun, bila Anda dan pasangan bertengkar untuk hal-hal kecil, yang tampak tidak signifikan, mungkin ada sesuatu yang salah dalam hubungan Anda.

Artikel lainnya: Perhatikan, Ini 8 Ciri-ciri Hubungan Cinta Akan Kandas!

Tidak Ada Keterbukaan

Keterbukaan adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Bila Anda lebih senang menyimpan suatu perasaan sendiri dan enggan untuk berbagi atau bercerita pada pasangan, Anda perlu mempertanyakan hubungan yang sedang Anda jalani.

2 dari 6 halaman

Sulit Diskusi Bersama

Berbagai masalah yang timbul dalam hubungan sebenarnya dapat diatasi bila Anda memiliki pola komunikasi yang baik dengan pasangan.

Saat Anda duduk bersama dan berdiskusi, jalan keluar untuk permasalahan pun dapat ditemukan. Anda perlu berpikir untuk melanjutkan hubungan, bila setiap kali berdiskusi selalu berakhir dengan perselisihan tajam.

Perbedaan Nilai dan Prinsip Hidup

Nilai-nilai dan prinsip hidup seseorang dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, adat dan budaya, serta keyakinan. Anda dan pasangan tentu memiliki nilai dan prinsip hidup yang berbeda.

Masa pacaran adalah waktu untuk menyesuaikan nilai-nilai tersebut. Namun, bila nilai-nilai tersebut sangat berbeda jauh sehingga Anda tidak dapat berjalan beriring dengan pasangan, mungkin dia bukan orang yang tepat bagi Anda.

Artikel lainnya: Cara Menjaga dan Menjalani Hubungan LDR dengan Pasangan Anda

3 dari 6 halaman

Tidak Bisa Membayangkan Masa Depan bersama Dia

Setiap pasangan yang sedang berpacaran tentu menginginkan hubungannya berujung bahagia dalam pernikahan. Bila Anda saja sulit atau bahkan enggan untuk membayangkan masa depan bersama dengan pasangan, mungkin hubungan Anda perlu dipertimbangkan kembali.

Anda Cenderung Mengalami Depresi

Ini adalah salah satu ciri hubungan yang tidak pantas dipertahankan. Apakah Anda bahagia selama menjalani hubungan? Bila Anda cenderung selalu merasa sedih, bahkan hingga depresi, pikirkan lagi untuk melanjutkan hubungan itu.

4 dari 6 halaman

Terlalu Posesif

Jika Anda atau pasangan terlalu posesif terhadap satu sama lain, artinya kemungkinan hubungan Anda tidak sehat. Walaupun berpacaran, setiap orang tetap memiliki kewajiban untuk bersosialisasi dengan orang lain, termasuk teman-teman dekat, keluarga, ataupun teman kantor.

Saat posesif melanda, biasanya pasangan cenderung mencurigai setiap gerak-gerik Anda serta melarang Anda untuk mengobrol dengan mereka yang dicemburui.

Artikel lainnya: Mau Coba Open Relationship, Coba Cek Kisi-kisi Hubungan Asmara Ini!

Melarang Anda Bertemu Teman-Teman

Toxic relationship atau hubungan beracun biasanya menuntut Anda untuk menjauhi teman-teman, tidak ikut berkumpul lagi, dan seolah menjelekkan teman-teman Anda. Ia seolah membuat dunia Anda hanya dia, dan Anda sepenuhnya milik dia. Jika ini yang terjadi, berarti hubungan Anda dan pasangan sudah tidak sehat.

5 dari 6 halaman

Melarang Anda Melakukan Hobi atau Hal-Hal Baru

Pasangan yang baik akan mendukung penuh hobi positif Anda. Jika pasangan melarang Anda mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, berarti ia sudah tidak pantas untuk dipertahankan.

Mengakhiri sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah dan pasti akan menyakiti hati kedua pihak. Namun, bila hubungan yang dijalani sudah mengganggu emosi bahkan mengancam kesehatan mental, mungkin ini saat yang tepat untuk mengatakan selamat tinggal kepada pasangan Anda.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar