Sukses

Benarkah Olahraga 30 Menit Lebih Efektif Ketimbang Satu Jam?

Berbeda durasi olahraga ternyata berbeda pula efektivitasnya. Lalu manakah yang lebih baik, olahraga 30 menit sehari atau olahraga selama satu jam?

Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga merupakan bagian dari usaha untuk tetap prima dan terhindar dari berbagai penyakit.

Akan tetapi, masih banyak yang beranggapan bahwa semakin panjang durasi olahraga, semakin efektif hasilnya. Anggapan inilah yang membuat sebagian besar orang berolahraga secara berlebih, bahkan hingga satu sampai dua jam.

Lalu, apakah durasi olahraga selama satu hingga dua jam efektif untuk memperoleh hasil yang maksimal? Ataukah justru olahraga selama 30 menit sehari saja sudah cukup? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Olahraga 30 Menit atau 1 Jam, Mana Lebih Baik?

Sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Physiology menyebutkan bahwa rutin olahraga 30 menit sehari sama efektifnya dengan olahraga selama 60 menit alias satu jam dalam hal menurunkan berat badan.

Dalam penelitian tersebut, enam puluh laki-laki Denmark yang memiliki berat badan berlebih (overweight) diikutsertakan dalam program selama tiga belas minggu.

Seluruh peserta tersebut dibagi menjadi dua kelompok: satu kelompok menjalani latihan selama satu jam setiap hari, sedangkan grup kedua menjalani latihan selama 30 menit. Latihan tersebut dipantau menggunakan monitor detak jantung dan penghitung kalori.

Secara umum, peserta yang melakukan aktivitas fisik setengah jam sehari mengalami penurunan berat badan sebanyak 3,6 kilogram dalam tiga bulan, sedangkan mereka yang berolahraga satu jam setiap hari turun 2,7 kilogram.

Artikel Lainnya: Tak Semua Olahraga Cocok untuk Anda, Ini Tandanya!

Berdasarkan hasil tersebut ditemukan bahwa manfaat olahraga selama 30 menit sehari rupanya efektif untuk membakar kalori lebih banyak.

Peneliti mengutarakan kemungkinan penyebabnya adalah para peserta yang menjalani latihan selama 30 menit umumnya akan lebih semangat karena merasa waktu yang dimiliki lebih sedikit. Akhirnya, mereka akan lebih efektif saat berolahraga sehingga pembakaran kalori menjadi lebih besar.

Selain itu, ada pula teori yang menyebutkan bahwa pada 30 menit pertama, efek penurunan berat badan dan penambahan otot terjadi secara maksimal. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan testosteron dalam 30 menit pertama.

2 dari 3 halaman

Tips Olahraga 30 Menit yang Efektif

Lantas, bagaimana caranya agar olahraga 30 menit sehari yang Anda lakukan menjadi efektif? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Lakukan dengan Frekuensi yang Tepat

Agar efektif, pastikan Anda berolahraga dengan frekuensi yang tepat. Para pakar menyarankan olahraga dilakukan selama 30 menit sehari, lima kali dalam seminggu. Hal ini berarti total waktu Anda olahraga dalam seminggu adalah 150 menit.

  • Pilih Olahraga yang Cocok

Agar manfaat olahraga 30 menit sehari terasa, pilihlah olahraga yang memang tepat agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Olahraga yang disarankan adalah olahraga aerobik dengan intensitas sedang seperti berlari, berenang, atau joging di pagi hari. 

Artikel Lainnya: Olahraga Pagi dan Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

  • Kombinasikan dengan Nutrisi yang Seimbang

Tak hanya olahraga 30 menit sehari yang dilakukan secara teratur, pola makan sehat juga amat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, serta kurangi makanan yang digoreng dan juga terlalu asin. 

  • Dengarkan Tubuh Anda

Meski Anda sangat ingin membakar kalori sebanyak-banyaknya, ingatlah bahwa tubuh Anda memiliki batas. Dengarkanlah tubuh Anda. Saat sudah terasa sangat lelah dan pusing, berhentilah sejenak.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan asupan air putih selalu cukup, sehingga manfaat olahraga 30 menit sehari diperoleh secara maksimal.

Nah, kini Anda sudah tahu bahwa yang terpenting dalam olahraga bukanlah semata-mata durasinya, tetapi efektivitas selama olahraga tersebut. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga 30 menit sehari sebanyak lima kali seminggu dengan intensitas sedang.

Selain itu, jangan lupa untuk mengombinasikan dengan pola makan sehat, asupan cairan yang cukup, dan istirahat yang cukup pula. Dengan demikian, tubuh yang sehat dan bugar pun akan Anda gapai. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar