Sukses

Sering Pingsan Pertanda Sakit Jantung?

Seseorang kerap menduga sering pingsan merupakan pertanda sakit jantung. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Pingsan (syncope) secara umum dapat didefinisikan sebagai hilangnya kesadaran sementara. Seringkali seseorang mengira pingsan merupakan pertanda menderita sakit jantung, padahal pingsan bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai jenis penyakit.

Pingsan pada umumnya terjadi karena otak tidak menerima asupan oksigen (kelelahan, cuaca terlalu panas), dehidrasi, kadar gula darah rendah, tekanan darah rendah, atau tekanan darah tinggi (berhubungan dengan stroke).

Penyebab pingsan yang tergolong sangat serius adalah serangan jantung, gangguan irama jantung, dan stroke. Penggunaan jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan pingsan mendadak.

Berbagai jenis penyakit jantung dapat memberikan gambaran gejala yang serupa. Seperti pada serangan jantung, penyakit jantung koroner, maupun gagal jantung. Umumnya gejala berlangsung sekitar 10 menit, dapat timbul secara mendadak atau memburuk secara cepat.

Untuk mengetahui pingsan yang berkaitan dengan penyakit jantung, kenali gejala dan tanda lainnya berikut ini:

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada yang dikenal dengan angina pectoris.

Terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Karakteristik tidak nyaman atau nyeri dapat seperti ditindih beban berat, ditekan, atau ditusuk. Keluhan ini dapat juga dirasakan pada bagian tubuh atas lainnya.

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh

Perasaan nyeri dan tidak nyaman dapat dirasakan di bagian lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat timbul perasaan tercekat, pada lengan dapat berupa lengan terasa amat berat dan tidak dapat digunakan.

  • Sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.

Gejala ini bisa timbul bersamaan atau secara terpisah.

Namun, gejala atau pertanda di atas tidaklah mutlak pada setiap individu, terutama bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Segera hentikan aktivitas fisik apabila Anda atau kerabat mengalami salah satu gejala atau tanda sakit jantung, terutama jika Anda merasa akan pingsan. Mintalah bantuan orang terdekat untuk membawa Anda ke rumah sakit terdekat, agar segera mendapat penanganan yang cepat dan tepat dari dokter.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar