Sehat dan Bugar

Alasan Mengapa Senyum Itu Sehat

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 08 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan cuma bikin Anda terlihat lebih ramah dan hangat, senyum juga bisa bikin Anda lebih sehat. Tak percaya? Ini penjelasan lengkapnya.

Alasan Mengapa Senyum Itu Sehat

Ucapan senyum adalah ibadah memang benar adanya. Pasalnya, manfaat senyum tak cuma dirasakan oleh diri sendiri, tetapi juga bisa membuat orang lain turut bahagia setelah melihat sikap ramah tersebut.

Banyak penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi bahwa senyum yang tulus dapat meningkatkan suasana hati. Tak cuma berpengaruh terhadap kondisi psikis, manfaat senyum rupanya juga berlaku buat kesehatan fisik kita.

Agar Anda semakin yakin untuk lebih sering tersenyum, di bawah ini akan dijelaskan soal manfaat senyum bagi kesehatan.

 

Melanggengkan Hubungan

Salah satu manfaat senyum menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dacher Keltner, PhD, dan LeeAnne Harker, PhD di University of California, Berkeley, adalah melanggengkan hubungan percintaan.

Keduanya membandingkan foto-foto para siswa dari buku tahunan yang telah lulus dua dekade sebelumnya. Hasilnya, mereka yang tersenyum tulus dengan emosi positif memiliki hubungan pernikahan yang lebih sehat di usia mereka saat ini!

Artikel Lainnya: Rasa Bahagia Bikin Tubuh dan Otak Lebih Sehat

Mampu Meredakan Stres

Manfaat senyum selanjutnya, yaitu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.

Mereka yang secara alami sering tersenyum diketahui lebih cepat pulih dari depresi. Senyum juga memiliki kemampuan layaknya morfin dalam membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

Memperbaiki Mood

Jika Anda merasa sedih, cobalah tersenyum. Hal ini akan membuka kesempatan agar suasana hati berubah menjadi lebih baik. Tersenyum dapat ‘menipu’ tubuh untuk meningkatkan suasana hati, karena tindakan tersebut sebenarnya mengaktifkan pesan saraf di otak.

Senyum memicu pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter. Sehingga, hal tersebut meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif.

Diperkirakan, ketika tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat akibat adanya perasaan rileks berkat pelepasan neurotransmiter tertentu.

Artikel Lainnya: Pola Makan Ini Bisa Bikin Anda Lebih Bahagia dan Bebas Stres

Meredakan Rasa Sakit

Manfaat senyum selanjutnya adalah dapat membantu meredakan rasa sakit. Tak sedikit orang yang meyakini hal ini. Pasalnya, dengan tersenyum, hormon endorfin akan bekerja untuk mengurangi rasa nyeri yang ada.

Menurunkan Tekanan Darah

Nah, buat Anda yang punya masalah tekanan darah tinggi alias hipertensi, mulailah untuk mengganti kebiasaan cemberut dengan lebih banyak tersenyum.

Tersenyum dan tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Tentunya itu merupakan kabar baik buat kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, bukan?

Manfaat senyum yang satu ini telah diteliti di tahun 2009. Menurut peneliti, tertawa memicu periode relaksasi otot dan penurunan denyut jantung serta tekanan darah. Sehingga, Anda akan terhindar dari penyakit kronis.

Membuat Anda Terlihat Awet Muda

Tidak hanya membuat penampilan Anda lebih manis dan menarik, senyum juga dapat membuat Anda terlihat lebih muda.

Ketika Anda sering marah, keriput di kening akan muncul lebih awal. Sedangkan, bibir yang sering dimanyunkan karena kesal akan meninggalkan bekas keriput di garis bibir, pipi, dan dagu.

Sebagai info tambahan, saat Anda cemberut, ada 43 otot yang bekerja. Sementara itu tersenyum hanya membutuhkan kerja 17 otot.

Alih-alih memilih face lift, cobalah sering tersenyum. Pasti Anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

Artikel Lainnya: Benarkah Orang yang Rajin Bangun Pagi Lebih Bahagia?

Menyehatkan Paru-paru

Saat Anda tersenyum dan tertawa, organ paru-paru bisa mengembang dan terisi lebih banyak oleh oksigen. Alhasil, kondisi ini membuat paru-paru Anda lebih kaya akan oksigen, lebih bersih, dan juga sehat.

Meningkatkan Kreativitas dan Kesabaran

Sebuah studi melaporkan, seseorang yang sering tersenyum akan lebih mampu mengatasi masalah dan berpikir lebih kreatif. Manfaat senyum yang satu ini dapat terasa karena dopamin aktif bekerja.

Memelihara Kesehatan Mental

Orang yang mudah tersenyum cenderung dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul dalam hidupnya. Alhasil, orang tersebut lebih bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik serta terhindar dari kesepian.

Ternyata ada sangat banyak manfaat senyum bagi tubuh, baik fisik maupun mental. Mengingat hal tersebut, pasti Anda akan mikir-mikir ulang jika mau terus-menerus cemberut?

Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat senyum ataupun hal-hal lain yang berbau kesehatan fisik dan mental, langsung saja berkonsultasi dengan kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(AM/ RH)

TertawasenyumManfaat Senyum

Konsultasi Dokter Terkait