Sukses

Kiat Tetap Nyaman Olahraga Saat Haid

Meski sedang haid, olahraga tetap penting untuk dilakukan. Ini tips olahraga saat menstruasi agar tetap nyaman.

Sering kali menstruasi membuat wanita enggan untuk berolahraga. Memang menstruasi dapat membuat wanita merasa lelah dan kurang energik. Namun sebenarnya, menghindari olahraga tidak akan menghemat energi atau membuat Anda merasa lebih baik.

Berolahraga saat menstruasi justru dapat mengurangi nyeri haid dan meningkatkan mood Anda. Untuk memulai olahraga mungkin pertamanya akan terasa sulit. Oleh karena itu, ketahui dulu tips olahraga saat menstruasi serta jenis olahraga yang nyaman saat haid agar makin semangat!

Manfaat Olahraga Saat Menstruasi

Memasuki masa awal haid memang penuh tantangan. Pasalnya, mood untuk beraktivitas apalagi berolahraga biasanya akan menurun. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa berolahraga justru dapat membuat fase ini menjadi lebih mudah. 

Sebenarnya, apa saja manfaat berolahraga saat haid?

  • Mengurangi Gejala Haid

Berolahraga dapat membantu mengurangi gejala haid, seperti nyeri haid (dismenore), sakit kepala, atau rasa lelah yang berlebihan. Hal tersebut berkaitan erat dengan pengeluaran hormon endorfin saat Anda berolahraga. Hormon ini dapat mengurangi kadar prostaglandin yang menjadi penyebab kontraksi otot yang menimbulkan kram perut. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Olahraga saat Haid? 

  • Membuat Mood Lebih Baik

Ternyata, hormon endorfin juga bisa membantu memunculkan perasaan positif dan nyaman pada tubuh. Sehingga rutin berolahraga saat haid justru dapat memberikan keuntungan lebih bagi kesehatan fisik sekaligus psikis.

1 dari 2 halaman

Tips Olahraga Saat Menstruasi

Setelah mengetahui manfaat olahraga saat menstruasi, Anda perlu juga tahu mengenai tips olahraga saat menstruasi dan jenis olahraga yang nyaman saat haid. Karena jika salah langkah, bisa-bisa Anda jadi makin enggan untuk berolahraga.

Berikut beberapa tips nyaman olahraga saat menstruasi yang bisa Anda lakukan, baik di pusat kebugaran maupun di rumah:

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dengan ukuran yang tidak terlalu ketat, sehingga Anda dapat mudah bergerak.

  1. Pilih Pembalut yang Tepat

Pastikan Anda memakai pembalut yang terasa nyaman. Pilihlah pembalut dengan ukuran panjang untuk menghindari kebocoran saat bergerak.

Artikel Lainnya: Olahraga Saat Haid, Amankah bagi Kesehatan?

  1. Lakukan Peregangan Otot Sebelum Berolahraga

Aturan olahraga saat menstruasi yang satu ini tak boleh dilupakan. Sebelum berolahraga, jangan lupa melakukan peregangan otot (stretching) untuk mengurangi kram perut yang sering terjadi saat haid.

  1. Mulai dengan Olahraga yang Ringan

Jika Anda merasa sangat berat untuk berolahraga, Anda bisa memulainya dengan olahraga intensitas ringan. Misalnya, yoga, jalan kaki, berenang, atau pilates. Mereka tergolong olahraga yang nyaman saat haid. 

  1. Coba High-Intensity Interval Training (HIIT)

Anda diperbolehkan melakukan olahraga HIIT saat haid. Justru saat haid, olahraga intensitas tinggi lebih efisien karena tubuh lebih mudah menggunakan karbohidrat dan menyimpan lemak. Alhasil, membakar lemak pun jadi lebih cepat (tapi ini tetap tergantung kondisi tubuh masing-masing wanita). 

Contoh olahraga HIIT adalah gerakan jumping jack, plank, squat, ataupun sit-up yang dilakukan berulang-ulang.

Artikel Lainnya: Olahraga yang Baik saat Haid

  1. Minum Air yang Cukup

Jangan lupa untuk minum air yang cukup sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Asupan cairan yang memadai dapat mencegah dehidrasi serta ketidakseimbangan elektrolit yang dapat memperparah gejala haid Anda.

  1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Rasa nyeri saat haid bisa membuat Anda makin enggan untuk berolahraga. Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, sebelum berolahraga untuk mengurangi kram. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih ‘enteng’ untuk memulai olahraga. 

  1. Berhenti Sejenak Jika Sudah Lelah

Olahraga saat haid memang menguntungkan bagi kesehatan. Tapi jangan sampai Anda melakukannya terlalu berlebihan. Jika sudah merasa lelah, sebaiknya berhenti sejenak atau kurang intensitasnya. Atau bila Anda merasa sangat nyeri, jangan terlalu memaksakan diri untuk tetap berolahraga.

Jika Anda sering mengalami kram perut atau sakit kepala saat haid, olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak hanya olahraga saat haid namun melakukannya secara rutin, setiap hari minimal 30 menit.

Itulah beberapa tips nyaman olahraga saat menstruasi yang bisa Anda praktikkan. Olahraga secara teratur bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental Anda. Luangkan juga waktu untuk rehat serta kenali batas kemampuan fisik Anda. 

Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika mengalami keluhan seputar haid. Klik fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar