Sukses

Kiat Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

Ingin mulai berlari namun bingung bagaimana memilih sepatu yang tepat? Baca ulasan berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Anda telah memutuskan untuk memulai berolahraga lari? Keputusan yang Anda buat sangatlah tepat. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memastikan Anda memiliki sepatu lari. Apabila Anda tidak memiliki sepatu lari, sudah saatnya Anda membeli sepasang sepatu lari.

Terdapat begitu banyak sepatu lari dengan berbagai tipe dan merek. Jika Anda tidak tahu bagaimana harus memilih sepatu yang tepat, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Kenyamanan

Ketika memilih sepatu lari yang ideal, kenyamanan merupakan hal nomor satu yang harus diperhatikan. Menurut studi yang dimuat di British Journal of Sports Medicine, faktor terpenting untuk menentukan sepatu yang tepat adalah kenyamanan saat memakainya.

Kenyamanan memang merupakan hal yang sangat subjektif dan tidak dapat diukur. Namun, ketika Anda merasa nyaman dalam mengenakan suatu sepatu, bisa disimpulkan bahwa sepatu tersebut sesuai dengan bentuk  dan mendukung biomekanik kaki Anda.

2. Jenis Sepatu

Secara umum, terdapat tiga jenis sepatu lari, yaitu:

  • Road-running shoes: sepatu yang didesain untuk berlari di permukaan keras, seperti aspal atau jalanan. Sepatu ini dibuat untuk memiliki fleksibilitas dan kestabilan yang tinggi.
  • Trail-running shoes: sepatu jenis ini didesain untuk berlari pada medan yang berbatu, berlumpur, penuh dengan ranting-ranting atau memiliki rintangan-rintangan. Sepatu jenis ini memiliki karakter yang lebih keras untuk menyokong kestabilan dan melindungi kaki.
  • Cross-training shoes: sepatu yang didesain untuk berolahraga di gym, seperti crossfit atau mengangkat beban. Sepatu ini memiliki fungsi yang seimbang.

 3. Waktu

Sebelum benar-benar membeli sepatu lari, jangan sungkan-sungkan untuk mencoba dan menggonta-ganti model yang akan Anda gunakan hingga mendapatkan sepatu lari yang pas. Jangan terburu-buru untuk membelinya, melainkan cobalah menggunakannya untuk berjalan, berlari, dan melompat.

Ikuti ketiga kiat tersebut untuk mendapatkan sepatu lari yang terbaik dan cocok untuk Anda. Sepatu yang tepat dapat meningkatkan performa serta meminimalkan kemungkinan cedera yang bisa terjadi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar