Sukses

Kiat Tetap Sehat Meski Sering Kehujanan

Musim hujan telah tiba. Inilah kiat menjaga kesehatan meski sering kehujanan.

Klikdokter.com, Jakarta Musim penghujan telah tiba. Bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas di luar rumah, tentu kehujanan adalah makanan sehari-hari. Meski faktanya air hujan tidak akan membuat Anda sakit, namun perubahan suhu yang dialami saat kehujanan dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun, dan akhirnya rentan terhadap penyakit.

Karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap fit agar tak kalah dengan virus penyebab penyakit. Ada banyak yang dapat dilakukan seperti menjaga pola makan sehat, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Namun itu semua tak cukup, berikut ini beberapa hal yang sering terlupakan yang malah bisa membuat Anda sakit saat musim hujan.

1. Ganti baju

Segera ganti baju Anda yang basah karena air hujan. Membiarkan baju yang basah menempel, bahkan hingga kering di badan, dapat mengacaukan suhu tubuh Anda.

Selain itu, pakaian basah Anda akan menjadi tempat paling nyaman untuk bakteri dan tungau berkembang. Hasilnya, tubuh Anda mungkin akan dipenuhi dengan virus penyebab penyakit. Kalau sudah demikian, risiko sakit setelah kehujanan akan meningkat.

2. Cuci tangan

Ada banyak barang dan tempat di sekitar Anda yang menyimpan bakteri dan virus penyebab penyakit. Dan saat Anda beraktivitas, sedikit banyak Anda pasti telah memindahkan bakteri tersebut ke telapak tangan Anda. Misalnya saat Anda memegang jembatan penyebrangan, mendorong pintu, bahkan membenarkan tali sepatu. Untuk itu, cucilah tangan Anda sesering mungkin. Terlebih sebelum melakukan aktivitas yang berpotensi memindahkan virus dari tangan ke tubuh, seperti makan, mengikat rambut, dan mengusap wajah.

3. Jangan sentuh wajah

Jika Anda tak yakin dengan kebersihan tangan, usahakan untuk tidak menyentuh wajah Anda. Virus penyebab penyakit dapat sangat mudah berpindah dari tangan melalui mata, hidung bahkan mulut.

Sebagai gantinya, jika Anda benar-benar perlu memegang wajah, gunakanlah tisu atau kain yang bersih. Seperti untuk mengelap keringat atau sekadar menggaruk mata yang gatal.

4. Pakaian yang sesuai

Setelah kehujanan untuk waktu yang lama, segera pakailah baju hangat Anda. Hal ini akan berguna untuk menghindari tubuh dari kedinginan dan mengembalikan suhu tubuh seperti semula.

Saat musim hujan, hindari mengenakan pakaian yang terlalu tipis dan minim. Bahkan, untuk melengkapi perlindungan diri, gunakanlah topi dan syal agar kehangatan tubuh Anda benar-benar terjaga.

5. Jauhkan diri dari nyamuk

Sebisa mungkin hindari kehadiran nyamuk di dalam rumah Anda. Saat musim hujan, nyamuk malaria akan berkembang biak lebih cepat dan semakin agresif dalam menyerang.

Untuk itu, selalu bersihkan rumah Anda bahkan sampai ke tempat-tempat tersembunyi dan gelap. Hindari juga genangan atau tampungan air, karena bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

6. Minum teh hangat

Segelas teh jahe adalah minuman yang paling pas untuk dinikmati setelah kehujanan. Jahe akan memberi efek hangat pada tubuh yang sebelumnya kehujanan.

Selain minum teh, konsumsilah hanya makanan yang dibuat di rumah. Meski semangkuk bakso sangat menggoda, sebaiknya Anda menghindarinya saat musim penghujan. Sebab Anda tidak akan mengetahui virus apa saja yang telah mengontaminasi makanan yang dijual di ruangan terbuka atau pinggir jalan tersebut.

Demikian kiat-kiat agar Anda tetap sehat meski sering kehujanan. Jangan sampai musim hujan ini menurunkan energi dan produktivitas Anda!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar