Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi17 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga
Diet dan Nutrisi

17 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga

dr. Valda Garcia, 27 Jul 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak hanya untuk masakan, ternyata ada banyak manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan. Apa saja itu? Simak daftarnya di sini.

17 Manfaat Minyak Kelapa yang Tak Pernah Anda Duga

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang sangat besar, yaitu sekitar 80-90 persen. 

Asam lemak jenuh yang paling banyak di dalam minyak kelapa adalah asam laurat, yaitu sebanyak 47 persen. Lalu, ada pula asam miristat dan palmitat dalam jumlah yang lebih kecil.

Meski mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan!

Di bawah ini 17 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Mengurangi Risiko Perburukan Organ dan Jaringan Tubuh

Konsumen asam lemak jenuh terbanyak di dunia adalah masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik (bagian dari Selandia Baru) dan Kitava (bagian dari Papua Nugini).

Meski 60 persen kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, masyarakat Tokelau dan Kitava dalam kondisi sehat. Mereka juga jarang terkena penyakit degeneratif, yaitu kondisi medis yang menyebabkan memburuknya organ dan jaringan tubuh secara bertahap.

Artikel Lainnya: Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Vagina Kering?

2. Membakar Lemak

Kendati termasuk lemak jenuh, minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak tubuh. 

Menurut penelitian, mengonsumsi 15-30 gram asam lemak jenuh rantai sedang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar lima persen, artinya ada 120 kalori yang dibuang. 

Namun, perlu diingat minyak kelapa tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah banyak justru bisa meningkatkan berat badan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Minyak kelapa diduga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebuah studi menunjukkan, orang yang menyertakan minyak kelapa dalam menu diet hariannya memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Meski begitu, jenis minyak kelapa yang dikonsumsi adalah minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa.

Selain itu, mereka juga mengimbanginya dengan makanan tinggi serat dan rendah gula.

4. Membunuh Bakteri

Asam laurat dalam minyak kelapa sanggup membunuh bakteri, virus, dan jamur. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi minyak kelapa diduga bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat infeksi mikroba.

Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai obat kumur. Cara yang disebut sebagai oil pulling ini ternyata baik untuk kesehatan mulut.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Mengonsumsi minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar. Kandungan lemak murni pada minyak kelapa dapat memenuhi kebutuhan lemak kamu.

Bahkan, rasa lapar bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak kelapa, tanpa harus menambahkan karbohidrat ke dalam menu makanan. 

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun? 

6. Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat lain yang tidak kalah hebat dari minyak kelapa adalah kemampuannya dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Peningkatan HDL berkaitan erat dengan menurunnya risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Khasiat minyak kelapa ini diperoleh dari kandungan asam lemak di dalamnya. 

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain dapat meningkatkan kolesterol baik, kegunaan minyak kelapa juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Seiring dengan peningkatan HDL, maka LDL pun dapat ditekan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada empat puluh wanita menemukan bahwa minyak kelapa mampu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Hal ini bila dibandingkan dengan minyak kedelai.

8. Melembapkan Kulit

Manfaat minyak kelapa juga bisa digunakan untuk obat kulit kering. Sebuah riset mengungkapkan bahwa kandungan lemak dalam minyak kelapa mampu menutrisi dan melembapkan kulit kering. Kulit pun jadi lebih terawat dan sehat.

Studi juga menunjukkan khasiat minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim (gangguan pembengkakan kulit).

9. Mencegah Stretch Mark

Peregangan permukaan kulit karena kehamilan yang semakin besar merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Biasanya, kondisi ini memicu rasa gatal dan stretch mark.

Penggunaan minyak kelapa secara rutin pada masa kehamilan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko timbulnya stretch mark.

10. Menyehatkan Kulit Kepala

Jika kamu memiliki kulit kepala yang cenderung kering, penggunaan minyak kelapa dapat menjadi salah satu solusinya. 

Minyak kelapa dapat membantu melembapkan serta memberikan nutrisi untuk kulit kepala.

11. Mengatasi Ketombe

Minyak kelapa yang digunakan secara rutin dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketombe akibat kulit kepala kering.

Meski begitu, jika ketombe terjadi pada kulit kepala yang cenderung berminyak, hindari penggunaan minyak kelapa secara berlebih.

12. Membantu Meredakan Gejala Alergi

Alergi bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Bagi kamu yang suka menggaruk kulit, kondisi ini bisa membuat kulit kamu cenderung bersisik atau kering.

Penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Namun, sebelum menggunakan minyak kelapa, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kandungan di dalamnya.

13. Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menyebabkan rasa nyeri disertai rasa gatal. Penggunaan minyak kelapa pada permukaan kulit yang digigit serangga diyakini dapat membantu meredakan keluhan yang dirasakan.

Karena itu, jika kamu merasakan gatal akibat gigitan serangga, coba oleskan minyak kelapa, ya!

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Anda

14. Menyehatkan Rambut

Rambut kamu kering, rusak, dan bercabang akibat terlalu sering dicat atau terkena panas? 

Minyak kelapa bisa membantu memperbaiki kondisi rambut dan mengembalikan rambut kamu menjadi sehat dan berkilau.

15. Menjaga Kesehatan Kuku

Kuku yang kering cenderung lebih mudah patah. Penggunaan minyak kelapa secara rutin dapat membantu menjaga kelembapan pada permukaan kuku.

Kuku kamu pun menjadi lebih sehat. Kuku juga menjadi lebih kuat dan tak mudah patah. 

16. Membersihkan Riasan Wajah

Riasan makeup, khususnya yang berbahan waterproof lebih sulit dibersihkan menggunakan cairan pembersih biasa yang biasanya berbahan water-based.

Nah, manfaat minyak kelapa dapat membantu membersihkan riasan wajah tersebut dan menjaga kelembapan kulit.

17. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Khasiat minyak kelapa juga bisa dirasakan oleh kulit untuk membantu menangkal pengaruh buruk sinar matahari. Walaupun terbilang lemah atau kurang poten, sekitar 20 persen sinar UV bisa ditangkal oleh minyak kelapa.

Untuk memperoleh manfaat ini, coba oleskan minyak kelapa ke kulit kamu, ya!

Wah, ternyata manfaat minyak kelapa untuk kesehatan sangat banyak, ya! Agar lebih aman, coba konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan minyak kelapa untuk kesehatan. Kamu juga bisa berkonsultasi menggunakan fitur tanya dokter online di KlikDokter.  

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar manfaat minyak herba lainnya.

(ADT/JKT)

Minyak Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter